Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Rontgen Thorax di Prodia

Biaya Rontgen Thorax di Prodia

Biaya Rontgen Thorax di Prodia – Rontgen dada atau biasa disebut dengan nama rontgen thorax merupakan salah satu jenis pemeriksaan kondisi tubuh seseorang di dalam dunia medis. Pemeriksaan tersebut kerap dilakukan kepada seseorang dengan permasalahan kondisi dalam dada.

Melalui rontgen thorax, kelainan atau penyakit pada saluran pernapasan, pembuluh darah, tulang belakang, jantung hingga paru-paru bisa terindikasi sehingga dokter dapat segera melakukan tindakan medis lanjutan. Oleh sebab itu, rontgen thorax sangat dianjurkan bagi seseorang yang mengalami masalah pernapasan.

Di Indonesia sendiri saat ini rontgen thorax sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Prodia. Tentunya setiap cabang Klinik Laboratorium Prodia memiliki ketentuan terkait tarif atau harga jasa pelayanan rontgen thorax kepada para pasiennya.

Maka dari itu, sebelum mengunjungi klinik Prodia terdekat untuk menjalani rontgen thorax, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya rontgen thorax di Prodia untuk semua cabang.

Apa Itu Rontgen Thorax?

Apa Itu Rontgen Thorax

Seperti dijelaskan sebelumnya, rontgen dada atau rontgen thorax merupakan sebuah pemeriksaan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik guna menampilkan gambaran bagian dalam dada. Melalui rontgen thorax, dokter bisa melihat kondisi jantung, paru-paru, saluran pernapasan, pembuluh darah hingga nodus limfa.

Selain itu, rontgen thorax atau rontgen dada juga dapat digunakan untuk menunjukkan tulang belakang dan dada, termasuk tulang rusuk, tulang selangka serta bagian atas tulang belakang. Jadi, dapat dikatakan bahwa rontgen thorax merupakan tes pencitraan paling umum dilakukan untuk menemukan masalah dalam dada.

Tujuan Rontgen Thorax

Tujuan Rontgen Thorax

Seperti halnya kegiatan RONTGEN GIGI DI PRODIA, rangkaian pemeriksaan rontgen thorax juga memiliki beberapa tujuan tertentu, khususnya untuk mendeteksi masalah pada bagian dada pasien. Adapun beberapa tujuan rontgen thorax diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mendiagnosis masalah paru-paru.
  • Mendeteksi masalah jantung yang berhubungan dengan paru.
  • Melihat ukuran serta bentuk jantung.
  • Memantau kondisi pembuluh darah.
  • Mendeteksi adanya kalsium dalam jantung ataupun pembuluh darah.
  • Melihat letak patah tulang.
  • Memantau proses penyembuhan setelah melakukan operasi dada.
  • Memantau status alat pacu jantung, defribator maupun kateter.

Alasan Melakukan Rontgen Thorax

Alasan Melakukan Rontgen

Sebagaimana diketahui, pemeriksaan thorax umumnya dianjurkan oleh dokter kepada pasien diduga menderita penyakit jantung ataupun paru-paru. Berikut adalah beberapa gejala kesehatan yang biasanya memerlukan kegiatan rontgen thorax.

  • Batuk membandel.
  • Batuk berdarah.
  • Nyeri pada daerah sekitar dada karena cedera atau disebabkan oleh masalah jantung.
  • Kesulitan bernapas.
  • Demam.

Prosedur Rontgen Thorax di Prodia

Prosedur Rontgen Thorax di Prodia

Selain membayar biaya rontgen thorax di Prodia, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap terkait prosedur rontgen thorax atau rontgen dada di Klinik Prodia.

Tahap Awal

Langkah pertama biasanya pasien diminta menanggalkan pakaiannya sebagian ataupun seluruhnya dan mengenakan pakaian khusus. Pasien juga mungkin akan diminta untuk melepaskan seluruh perhiasan, peralatan gigi, kacamata serta benda logam lainnya.

Proses Rontgen

Selanjutnya pasien diminta berdiri menghadap plat rontgen untuk proses pengambilan gambar. Jika perlu duduk atau berbaring, maka seseorang akan membantu pasien ke posisi semestinya. Selama proses rontgen berlangsung, pasien diminta untuk diam dan tidak bergerak agar gambar tidak terlihat kabur.

Tahap Akhir

Setelah proses pengambilan gambar terkait kondisi dada pasien berakhir, maka umumnya hasil rontgen akan keluar satu haru setelahnya. Jika memang terdapat masalah serius, maka dokter akan segera memberitahukan langkah atau tindakan medis lanjutan kepada pasien.

Biaya Rontgen Thorax di Prodia

Rincian Biaya Rontgen Thorax di Prodia

Jika dibandingkan dengan BIAYA MEDICAL CHECK UP, maka besaran tarif rontgen thorax di Klinik Laboratorium Prodia pastinya lebih murah. Pasalnya medical check up merupakan pemeriksaan kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, sedangkan thorax hanya dikhususkan pada bagian dada saja.

Perlu diketahui, besaran biaya rontgen thorax di beberapa cabang Klinik Prodia bisa berbeda-beda. Meskipun demikian selisih perbedaan tarif tersebut sebenarnya tidak akan terlalu jauh, yaitu kurang lebih sekitar Rp 250.000 hingga Rp 400.0000.

Besaran biaya di atas sudah termasuk biaya pendaftaran atau registrasi pasien serta biaya pemeriksaan rontgen dada. Jika memang memerlukan tindakan medis lanjutan, dokter akan menjelaskan alasan yang tepat mengapa pemeriksaan lain perlu dilakukan oleh pasien.

Efek Samping Rontgen Thorax di Prodia

Efek Samping Thorax

Secara garis besar, rontgen thorax di Klinik Prodia tidak mengakibatkan efek samping. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya radiasi rontgen thorax atau rontgen dada tersebut juga tergolong cukup kecil sehingga pemeriksaan tersebut aman untuk dilakukan.

Akan tetapi, jika sebelum melakukan rontgen thorax pasien diberikan zat kontras terlebih dahulu, maka akan timbul beberapa efek samping. Beberapa efek samping tersebut diantara yaitu seperti munculnya nyeri, bengkak hingga kemerahan pada area yang disuntik.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif atau harga rontgen di Klinik Laboratorium Prodia cukup berbeda di masing-masing cabang. Namun, selisih perbedaan biayanya sebenarnya tidak akan terlalu jauh sehingga estimasi di atas bisa dijadikan acuan.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya rontgen thorax di Prodia untuk semua cabang beserta prosedur pelaksanaannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani rontgen thorax di Klinik Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *