Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Tes EKG di Puskesmas 2022 : Pasien Umum & BPJS

Biaya Tes EKG di Puskesmas

Biaya Tes EKG di Puskesmas – EKG atau elektrokardiogram merupakan prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan untuk mencari tahu penyebab jantung berdebar-debar ataupun kondisi nyeri pada tingkatan cukup parah. EKG juga disebut dengan istilah rekam jantung yang bisa diartikan sebagai pemeriksaan guna mengukur irama dan aktivitas jantung.

Seiring setiap kali jantung manusia berdetak, terdapat aliran listrik yang mengalir serta memicu kontraksi otot jantung. Dimana kontraksi otot inilah yang menyebabkan jantung mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan kata lain, pemeriksaan EKG akan mereka aliran listrik jantung sehingga bisa dianalisis oleh dokter untuk mencari tahu apakah terdapat gangguan fungsi jantung.

Di Indonesia sendiri saat ini proses pemeriksaan EKG atau rekam jantung sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di puskesmas. Akan tetapi, pastinya setiap puskesmas di seluruh wilayah Indonesia tersebut mempunyai ketentuan mengenai tarif atau biaya untuk setiap jenis pelayanannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana melakukan tes EKG di puskesmas terdekat, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya tes EKG di puskesmas di seluruh daerah, entah itu bagi pasien umum maupun BPJS.

Manfaat Tes EKG

Sebelumnya sebenarnya sudah dijelaskan bahwa tujuan atau manfaat utama tes EKG yaitu untuk mengevaluasi fungsi jantung seseorang secara menyeluruh. Selain itu, pemeriksaan elektrokardiogram juga mempunyai beberapa manfaat lainnya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sejumlah manfaat tes EKG.

Kesehatan
  • Menganalisis adanya berbagai macam jenis penyakit.
  • Melihat ukuran, ketebalan, bentuk hingga pergerakan dinding jantung seseorang.
  • Mengamati pergerakan darah yang beredar di dalam jantung manusia.
  • Melihat seberapa kuat jantung manusia dalam memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Memonitor adanya gumpalan darah di area bilik jantung ataupun pertumbuhan jaringan abnormal di dalam jantung seseorang.
  • Membantu dokter ataupun petugas medis lainnya dalam menentukan tindakan pengobatan jantung.

Waktu Ideal Tes EKG

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya tes EKG di puskesmas lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu kapan waktu ideal melakukan jenis pemeriksaan tersebut. Pada umumnya, tes rekam jantung perlu dilakukan jika seseorang terindikasi terkena penyakit jantung karena adanya riwayat dalam keluarganya.

Di sisi lain, tes EKG juga akan direkomendasikan untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, seperti halnya pada perokok aktif, orang dengan obesitas, pengidap diabetes, kadar kolesterol tinggi maupun tekanan darah tinggi. Daripada penasaran, di bawah ini adalah beberapa kondisi yang membutuhkan tes EKG.

  • Sakit dada.
  • Sesak napas.
  • Pusing.
  • Pingsan mendadak.
  • Detak jantung lebih cepat atau tidak teratur.

Prosedur Tes EKG di Puskesmas

Prosedur Tes EKG di Puskesmas

Selain harus membayar biaya tes EKG di puskesmas, seorang pasien juga pastinya harus mengikuti seluruh prosedur ataupun tahapan pemeriksaannya. Secara garis besarnya, prosedur tes elektrokardiogram di puskesmas hampir sama seperti halnya prosedur tes EKG di Klinik Laboratorium Kimia Farma.

Dimana proses pemeriksaan EKG di puskesmas sendiri biasanya dilakukan oleh dokter spesialis dalam kurun waktu kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit. Adapun sejumlah prosedur yang harus pasien lewati pada saat pemeriksaan tes EKG di puskesmas tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  1. Langkah pertama, pasien diminta mengganti semua pakaian menggunakan baju operasi, kemudian melepaskan perhiasan atau benda apapun di tubuh.
  2. Lalu pasien akan diminta untuk berbaring di tempat tidur.
  3. Tahap berikutnya dokter atau petugas medis akan menempelkan mesin elektroda yang tersambung ke mesin EKG di dada, lengan serta tungkai pasien.
  4. Nantinya mesin EKG tersebut akan merekam semua aktivitas listrik jantung pasien lalu menampilkannya dalam bentuk grafik gelombang listrik di monitor yang sudah disediakan.
  5. Pada saat dokter menganalisa layar monitor, sebaiknya hindari berbicara dan bergerak karena bisa mengurangi keakuratan hasil tes.

Biaya Tes EKG di Puskesmas

Setelah mengetahui tujuan, waktu ideal hingga prosedur tes EKG di puskesmas, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Namun, perlu diingat bahwa jenis pemeriksaan EKG atau rekam jantung ini sebenarnya belum tersedia di semua puskesmas di seluruh Indonesia. Artinya, tes EKG hanya tersedia di beberapa wilayah saja.

Untuk besaran biaya tes EKG di puskesmas bagi pasien umum sebenarnya cukup beragam, yaitu di mulai dari Rp 15.000 per pemeriksaannya. Sementara keuntungan ada pada pasien yang termasuk ke dalam peserta BPJS dari pemerintah. Pasalnya pasien BPJS ini bisa mendapatkan fasilitas tes EKG di puskesmas secara gratis tanpa biaya sepeser pun.

Akan tetapi, untuk mendapatkan fasilitas gratis tersebut tentunya pasien harus memenuhi dan melengkapi sejumlah syarat beserta ketentuannya. Selain itu, sebelum mengunjungi puskesmas terdekat untuk melakukan tes EKG, saran kami sebaiknya cari informasi terlebih dahulu apakah tempat tersebut sudah memiliki alat pemeriksaannya atau belum.

Efek Samping Tes EKG

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya tes EKG di puskesmas seluruh daerah, entah itu bagi pasien umum maupun BPJS. Pada umumnya, pemeriksaan EKG atau rekam jantung di puskesmas tidak akan menimbulkan efek samping maupun risiko terhadap para pasiennya.

Hanya saja mungkin pasien akan mengalami sedikit rasa tidak nyaman pada saat gel dioleskan maupun ketika probe digerakkan di atas dada. Meskipun demikian, biasanya risiko terjadinya efek samping tersebut dapat diminimalisir dengan pemantauan secara oleh dokter selama prosedur berlangsung.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya tes EKG di puskesmas seluruh Indonesia dilengkapi dengan manfaat, waktu ideal, prosedur pemeriksaan hingga risikonya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani tes EKG di puskesmas terdekat.

Sumber gambar : homage.sg

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.