Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Medical Check Up di Puskesmas

Biaya Medical Check Up di Puskesmas

Biaya Medical Check Up di Puskesmas – Sebagai sebuah langkah pencegahan, kita perlu melakukan medical check up atau MCU secara berkala. Dimana medical check up tersebut berguna untuk mengetahui kondisi maupun status kondisi kesehatan sekaligus mendeteksi penyakit sejak dini.

Semakin cepat suatu penyakit terindikasi, maka akan semakin cepat pula penanganan atau tindakan medis lanjutan yang dapat diberikan. Dengan kata lain, manfaat menjalani medical check up ini mampu memberikan peluang kesembuhan menjadi jauh lebih meningkat.

Di Indonesia sendiri saat ini kegiatan medical check up sudah dapat dilakukan di berbagai macam pusat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di puskesmas. Meskipun MCU dilakukan untuk tujuan kesehatan, namun kegiatan tersebut tidak akan ditanggung oleh BPJS sehingga pasien perlu membayar tarif atau biaya jasa pelayanannya.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana melakukan medical check up di puskesmas, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya medical check up di puskesmas beserta jenis-jenis pemeriksaannya.

Manfaat Medical Check Up

Manfaat Medical Check Up

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu kegunaan atau manfaat menjalani medical check up di puskesmas yaitu untuk mencari tahu kondisi kesehatan. Di samping itu, MCU juga memiliki segudang manfaat lainnya bagi seseorang. Adapun beberapa manfaat medical check up tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mengetahui kondisi ataupun status kesehatan terkini.
  • Mendeteksi penyakit tidak disertai gejala.
  • Mengetahui risiko-risiko penyakit muncul di kemudian hari.
  • Mendorong pasien untuk menjalani gaya hidup sehat.
  • Memastikan kondisi kesehatan pasien sebelum menjalani pengobatan tertentu.

Jenis Pemeriksaan Medical Check Up di Puskesmas

Jenis Pemeriksaan MCU di Puskesmas

Sebelum membahas biaya medical check up di puskesmas lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis pemeriksaannya. Biasanya, sebelum melakukan pemeriksaan MCU, dokter akan menanyakan beberapa hal kepada pasiennya.

Beberapa hal tersebut yaitu seperti keluhan medis, riwayat penyakit, riwayat pengobatan hingga kebiasaan atau gaya hidup pasiennya. Setelah itu, dokter akan segera melakukan beberapa pemeriksaan kesehatan seperti di bawah ini.

Pemeriksaan Umum

Jenis pemeriksaan pertama pada kegiatan medical check up di puskesmas yaitu pemeriksaan umum. Dimana pemeriksaan umum tersebut biasanya meliputi pemeriksaan fisik dada, perut serta bagian-bagian vital lainnya.

Tekanan Darah

Pada orang dewasa, tekanan darah normal berada di sekitar 120/80 mmHg. Melalui pemeriksaan ini, dokter bisa mengetahui apakah tekanan darah pasien normal, tinggi (hipertensi) ataupun rendah (hipotensi).

Suhu Tubuh

Sementara untuk suhu tubuh normal manusia berada kurang lebih sekitar 36,5° Celsius sampai 37,5° Celsius. Akan tetapi, ada juga yang sedikit lebih rendah maupun lebih tinggi akibat terpengaruh oleh aktivitas serta paparan suhu di lingkungan sekitar.

Detak Jantung

Di dalam medical check up juga memeriksa kondisi atau status detak jantung pasien. Rata-rata detak jantung normal manusia bernilai 60 hingga 100. Di beberapa kasus, terdapat juga detak jantung di bawah 60 dan masih dalam tahap normal.

Umumnya detak jantung rendah tersebut ditemukan pada atlit atau orang yang kerap berolahraga berat. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara memeriksa denyut nadi pasien di pergelangan tangan ataupun mendengar detak jantung secara langsung di dada menggunakan stetoskop.

Laju Pernapasan

Selanjutnya yaitu ada pemeriksaan laju pernapasan pasien. Laju pernapasan normal bagi orang dewasa sehat yaitu sekitar 16 sampai 20 napas per menit. Jadi, jika pasien mengalami laju pernapasan lebih dari 20 kali per menit, maka ada kemungkinan terdapat gangguan pada paru-paru ataupun jantung.

Pemeriksaan Lainnya

Selain jenis-jenis pemeriksaan di atas, puskesmas juga memiliki beberapa pemeriksaan lainnya dalam kegiatan medical check up. Agar lebih jelasnya, berikut adalah pemeriksaan medical check up lainnya di puskesmas.

  • Mata serta penglihatan.
  • Telinga terkait pendengaran.
  • Gigi.
  • Ginjal dan saluran kemih.
  • Anggota gerak hingga saraf.

Biaya Medical Check Up di Puskesmas

Rincian Biaya Medical Check Up di Puskesmas

Setelah mengetahui manfaat beserta jenis pemeriksaan medical check up di puskesmas, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga atau tarif jasa pelayanannya. Perlu diketahui, besaran biaya check up di puskesmas jauh lebih murah dibandingkan MEDICAL CHECK UP DI PRODIA.

Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya jenis pemeriksaan medical check up di puskesmas tidak selengkap di Klinik Laboratorium Prodia. Umumnya puskesmas di Indonesia mematok biaya medical check up mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 150.000 untuk pemeriksaan lengkap.

Selain itu, pasien juga diharuskan membayar biaya pendaftaran yang besarannya kurang lebih sekitar Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa biaya tersebut tidak akan ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta BPJS tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut.

Tips Sebelum Medical Check Up di Puskesmas

Tips Sebelum Medical Check Up di Puskesmas

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya medical check up di puskesmas. Nah, berikut juga akan kami berikan sejumlah tips sebelum medical check up di puskesmas agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar.

  • Cukupi istirahat dan tidur.
  • Rutin meminum air putih.
  • Jangan minum obat-obatan.
  • Hindari merokok.
  • Minum air kelapa muda.
  • Perbanyak konsumsi sayur serta buah-buahan.
  • Hindari mengonsumsi gorengan atau makanan mengandung kolesterol lainnya.
  • Minum jus temulawak.
  • Melakukan olahraga ringan sebelum melakukan medical check up.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga atau tarif medical check up di puskesmas sangat terjangkau dibandingkan di rumah sakit. Namun, saran kami sebaiknya siapkan dana melebihi estimasi di atas untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu biaya tersebut berubah.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya medical check up di puskesmas beserta jenis-jenis pemeriksaannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani medical check up di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes HIV di Prodia

Sofyan
2 min read

Biaya Medical Check Up

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *