Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Treadmill Jantung di Prodia 2022: Manfaat & Prosedur

Biaya Treadmill Jantung di Prodia

Biaya Treadmill Jantung di Prodia – Tes treadmill jantung atau disebut juga sebagai exercise stress test merupakan jenis pemeriksaan yang bertujuan untuk mengukur fungsi kerja jantung ketika menjalankan aktivitas fisik. Pemeriksaan tersebut dilakukan menggunakan bantuan alat treadmill yang dihubungkan ke mesin elektrokardiografi (EKG).

Dimana alat tersebut nantinya akan memantau pernapasan, tekanan darah, detak jantung dan irama jantung pasien. Pada pemeriksaan tersebut, pasien kan diberikan beberapa aktivitas yang dilakukan secara bertahap mulai dari berjalan di atas treadmill sampai berlari dengan kecepatan tertentu sesuai batas kemampuannya.

Di Indonesia sendiri, saat ini treadmill jantung sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Prodia. Akan tetapi, pastinya Klinik Laboratorium Prodia mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga untuk setiap jasa pelayanan yang ditawarkannya, termasuk treadmill jantung.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk melakukan treadmill jantung di Klinik Lab Prodia terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai biaya treadmill jantung di Prodia semua cabang dilengkapi manfaat hingga prosedur pelaksanaannya.

Manfaat Treadmill Jantung

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya treadmill jantung di Klinik Laboratorium Prodia lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa tujuan ataupun manfaatnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ketika berolahraga jantung akan memompa lebih keras dan cepat.

Dimana beberapa jenis gangguan jantung lebih mudah untuk ditemukan pada saat jantung sedang bekerja keras. Apabila pasien menyelesaikan tes treadmill jantung tersebut dalam jangka waktu tertentu, terdapat kemungkinan telah terjadi penurunan aliran darah ke jantung yang disebabkan oleh gangguan jantung.

Oleh sebab itu, tes treadmill jantung pada umumnya dianjurkan pada pasien dengan riwayat jantung di keluarganya, perokok aktif serta sering mengalami gejala-gejala yang berhubungan dengan fungsi jantung. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa manfaat tes treadmill jantung.

  • Mengidentifikasi penyebab nyeri dada.
  • Mendiagnosis penyakit arteri koroner.
  • Mendiagnosis masalah irama jantung (aritmia).
  • Panduan pengobatan gangguan jantung.
  • Pemeriksaan jantung sebelum operasi.
  • Merencanakan program olahraga yang aman.

Prosedur Treadmill Jantung di Prodia

Prosedur Treadmill Jantung di Prodia

Selain harus mengetahui besaran biaya tes treadmill jantung di Klinik Lab Prodia, tentunya kalian juga harus memahami bagaimana prosedur pemeriksaannya. Pada umumnya, tes treadmill jantung dilakukan di ruang pemeriksaan khusus menggunakan alat-alat yang modern.

Dimana tes tersebut bisanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45 sampai 60 menit sampai selesai dengan berbagai macam langkah. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan mengenai prosedur treadmill jantung di Klinik Laboratorium Prodia di bawah ini.

  1. Pertama-tama, petugas kesehatan akan menempatkan sejumlah elektroda (sensor kecil yang menempel pada kulit) di lengan, kaki dan dada pasien. Petugas juga mungkin akan mencukur rambut terlebih dahulu di area tersebut sebelum memasang elektroda.
  2. Nantinya elektroda tersebut akan disambungkan menggunakan kabel ke mesin EKG.
  3. Biasanya pasien akan diminta berjalan pelan di atas treadmill.
  4. Setiap 3 menit, kecepatan, kemiringan serta hambatan treadmill akan ditingkatkan ke tingkat maksimal hingga mencapai waktu 15 menit.
  5. Pasien diminta untuk terus berjalan hingga detak jantungnya mencapai target yang ditetapkan, yaitu 85% detak jantung maksimum yang diprediksi sesuai usia pasien.
  6. Tes mungkin akan dihentikan lebih cepat apabila pasien mengalami gejala seperti nyeri dada, sesak napas, pusing maupun kelelahan.
  7. Tes juga bisa dihentikan apabila EKG menunjukkan irama jantung tidak normal, otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen, pasien terlalu lelah atau nyeri kaki.
  8. Setelah mesin treadmill jantung dihentikan, pasien mungkin diminta untuk berdiri diam selama beberapa detik lalu berbaring selama beberapa saat dengan monitor terpasang.
  9. Setelah semua tes selesai dilakukan, pasien akan dipantau selama 10 – 15 menit atau sampai detak jantungnya kembali normal.

Biaya Treadmill Jantung di Prodia

Setelah mengetahui beberapa manfaat hingga prosedur tes treadmill jantung di Klinik Laboratorium Prodia, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besar biaya atau tarifnya. Seperti halnya pemeriksaan jantung lengkap, tes treadmill jantung saat ini belum tersedia di semua cabang Klinik Laboratorium Prodia.

Dengan kata lain, hanya beberapa cabang Klinik Laboratorium Prodia tertentu saja yang sudah menyediakan pemeriksaan tersebut. Sementara untuk besaran biaya treadmill jantung di Klinik Lab Prodia sendiri berada di kisaran Rp 798.000 per pemeriksaannya, sudah mencakup biaya pendaftaran hingga penjelasan hasil pemeriksaan.

Efek Samping Treadmill Jantung

Di atas sudah dijelaskan mengenai kisaran biaya treadmill jantung di Klinik Lab Prodia dilengkapi dengan manfaat hingga prosedur pelaksanaannya. Secara garis besarnya, pemeriksaan treadmill jantung di Klinik Prodia merupakan jenis tas yang umumnya aman untuk dilakukan.

Meskipun demikian, dalam kasus yang jarang terjadi, pemeriksaan tersebut bisa memicu efek samping maupun risiko. Adapun beberapa efek samping tersebut diantaranya yaitu seperti nyeri dada, pingsan, serangan jantung atau perubahan irama jantung yang tidak hilang setelah tes selesai.

Akan tetapi, dokter biasanya bisa menilai kondisi pasien yang berisiko mengalami komplikasi dan efek samping tersebut. Dengan kata lain, dari awal biasanya pasien tidak akan diizinkan untuk menjalani tes treadmill jantung apabila tidak memenuhi kriteria.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya treadmill jantung di Prodia dilengkapi dengan manfaat dan prosedur pemeriksaan hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani treadmill jantung di Klinik Laboratorium Prodia terdekat.

Sumber gambar : hellosehat.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *