Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

√ Tarif Foto Studio Semua Paket 2022 : Jenis & Fasilitas

Tarif Foto Studio

Tarif Foto Studio – Seperti diketahui, meskipun saat ini sudah banyak bermunculan ponsel pintar dengan kamera canggih, namun hal tersebut tidak lantas menggerus pasar bisnis studio fotografi. Dimana bisnis studio foto hingga kini masih bertahan, bahkan semakin menjamur seiring dengan populernya media sosial seperti Instagram.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini sosial media seringkali dijadikan sebagai ajang dalam menunjukkan eksistensi seseorang, salah satunya dengan foto. Maka dari itu, hasil foto yang bagus dan berkualitas tentunya menjadi syarat apabila seseorang ingin pamer kegiatan melalui akun media sosial miliknya.

Adapun jenis layanan atau palet yang ditawarkan oleh studio foto sendiri cukup beragam mulai dari foto wisuda, foto pernikahan dan lain sebagainya. Namun, pastinya setiap tempat studio foto di seluruh Indonesia mempunyai ketentuan mengenai harga atau biaya yang perlu dibayarkan oleh pelanggan ketika menggunakan jasanya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana melakukan pengambilan foto di studio foto terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran tarifnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tarif foto studio semua paket sesuai dengan jenis dan fasilitasnya.

Alasan Memilih Foto Studio

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, belakangan ini banyak orang mengklaim bahwa studio foto masih menjadi lokasi terbaik guna mengabadikan momen berharga bersama pasangan, keluarga hingga kerabat dekat. Dimana studio foto sendiri merupakan sebuah tempat yang digunakan oleh seorang fotografer dalam mengambil gambar atau foto menggunakan kamera digital maupun non-digital.

Memang benar bahwa saat ini sudah banyak bermunculan merk smartphone yang menawarkan resolusi kamera tinggi, tetapi persentasenya masih kalah tajam ketimbang pengambilan gambar menggunakan kamera digital maupun non-digital. Selain itu, kebanyakan orang lebih tertarik datang ke studio foto karena mereka hanya perlu mengatur gaya atau pose sesuai keinginan atau selera masing-masing.

Fasilitas Foto Studio

Fasilitas Foto Studio

Guna mendapatkan hasil gambar atau foto yang bagus, umumnya studio foto menyediakan berbagai macam item atau fasilitas sebagai penunjang pengambilan gambar. Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai tarif foto studio terdekat lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa fasilitasnya berikut ini.

  • Kursi : Meskipun tidak mutlak adanya, namun kursi bisa membantu fotografer dalam mendapatkan sudut pengambilan gambar yang baik apabila objek diharuskan duduk.
  • Payung : Payung berguna untuk membantu fotografer dalam mendapatkan efek cahaya yang sesuai dengan keinginannya sehingga efek pencahayaan bisa lebih terfokus atau efek cahaya dapat terpenuhi.
  • Lampu gantung atau lampu sorot : Alat tersebut berguna untuk menghilangkan bayangan di belakang objek foto karena efek lampu blitz dari kamera.
  • Background screen (layar latar belakang) : Bisa diganti-ganti sesuai tema atau permintaan pelanggan.

Tarif Foto Studio Semua Paket

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, dulunya studio foto laris manis untuk tujuan foto wisuda ataupun foto KTP. Namun, saat ini studio foto juga seringkali digunakan oleh para pelanggan ataupun konsumen untuk kepentingan foto pre-wedding, wedding maupun kegiatan kebutuhan tertentu.

Maka dari itu, tidak mengherankan apabila omset studi foto saat ini bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya. Untuk tarif foto studio sendiri sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada kepentingan pengambilan gambar tersebut ataupun berdasarkan jenis paketnya.

Selain itu, besaran tarif atau harga foto studio juga biasanya akan berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa hal. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami sajikan informasi mengenai tarif paket foto di studio berdasarkan jenis pengambilan gambarnya.

1. Pembuatan Pas Foto

Untuk saat ini, biasanya studio foto mematok tarif mulai dari Rp 20.000 dalam kegiatan pengambilan atau pembuatan foto KTP, Visa, Paspor baru dan lain sebagainya. Dimana harga foto tersebut merupakan hasil pengambilan gambar dengan kualitas standar. Nah, jika ingin foto berkualitas tinggi, maka siapkan anggaran biaya sekitar Rp 75.000 per paketnya.

2. Foto Wisuda

Apabila berencana membuat foto wisuda di studio, saran kami sebaiknya siapkan anggaran dana sekitar Rp 150.000. Biasanya dengan tarif foto studio tersebut pelanggan akan mendapatkan 1 CD, 5 kali pose foto dengan kuota mulai dari 1 sampai 3 orang.

3. Foto Keluarga

Memang benar bahwa foto keluarga akan lebih baik jika dibuat di studio foto karena hasilnya lebih terjamin. Daftar harga foto keluarga di studio sendiri saat ini berkisar antara Rp 300.000 sampai Rp 500.000. Biasanya paket foto keluarga di studio tersebut sudah dilengkapi beberapa hal seperti CD, kostum untuk foto, 5 pose foto serta foto print sebanyak 5 lembar berukuran 8RS.

4. Foto Anak

Kemudian foto anak juga sebenarnya sangat cocok untuk diabadikan di studio foto. Saat ini tarif foto anak-anak di studio foto sendiri yaitu mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 400.000. Hampir sama sepert foto keluarga, foto anak-anak di studio foto juga akan mendapatkan 1 CD, 3 pose pilihan serta mendapatkan foto print sebanyak 5 lembar ukuran 8RS.

5. Foto Personal

Perlu diketahui, foto cover atau foto pribadi tentunya jelas berbeda dengan pas foto. Dimana pada foto personal atau foto potrait sendiri pelanggan bebas berpose sesuai keinginan. Untuk daftar harga foto personal di studio sendiri bisa berada di kisaran Rp 150.000 sampai Rp 300.000.

6. Foto Wedding

Sementara jenis paket foto studio terakhir yaitu untuk kebutuhan pre-wedding, wedding maupun post wedding. Rata-rata studio foto mematok tarif untuk kepentingan tersebut mulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 7.500.000. Dengan harga tersebut, pelanggan akan mendapatkan 1 CD, fasilitas koreografer serta jumlah foto yang bebas mereka pilih.

Tips Menghemat Biaya Foto Studio

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga atau tarif foto studio untuk masing-masing paketnya. Bagi sebagian orang, mungkin daftar harga foto studio tersebut masih tergolong mahal. Namun, sebenarnya tarif tersebut sebanding dengan apa yang akan pelanggan dapatkan.

Akan tetapi, sebenarnya kalian masih bisa menghemat budget foto studio dengan cara mengajak orang terdekat guna mengabadikan momen bersama. Pasalnya, biasanya semakin banyak jumlah orang dalam satu frame, maka jasa fotografer akan menawarkan harga menarik untuk setiap orangnya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar tarif foto studio untuk semua paket dilengkapi dengan jenis hingga fasilitasnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengunjungi studio foto terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.