Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Listrik Rumah Tangga 2021

Tarif Listrik Rumah Tangga 2021

Tarif Listrik Rumah Tangga 2021 – Sebagaimana diketahui, penetapan besaran tarif listrik PLN di Indonesia berbeda-beda untuk setiap golongannya. Selain itu, setiap tahun tarif listrik juga mengalami penyesuaian atau perubahan entah itu menjadi lebih mahal atau bahkan lebih murah.

Salah satu jenis golongan listrik yang dikenai tarif atau biaya pemakaian per bulannya yaitu golongan listrik rumah tangga. Dimana listrik golongan rumah tangga ini diisi oleh pelanggan perseorangan maupun badan sosial yang tenaga listriknya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Mungkin diantara kalian pernah mengalami tagihan listrik bulanan membengkak atau mengalami lonjakan tagihan. Namun, sebagian besar pengguna tidak tahu tentang penyebabnya apakah karena adanya penyesuaian tarif listrik ataupun terdapat kesalahan pada meteran listrik.

Oleh sebab itu, apabila kalian mengalami permasalahan tersebut, alangkah baiknya ketahui berapa besaran tarif yang dibebankan untuk listrik golongan rumah tangga. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian tarif listrik rumah tangga 2021.

Pemakaian Listrik Rumah Tangga 2021

Pemakaian Listrik Rumah Tangga 2021

Seperti dijelaskan di atas, listrik golongan rumah tangga ini diperuntukkan bagi pelanggan perseorangan ataupun badan sosial yang memanfaatkan tenaga listriknya untuk keperluan rumah tangga. Adapun beberapa jenis bangunan termasuk ke dalam pemakaian listrik rumah tangga diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Rumah untuk tempat tinggal.
  • Kelompok rumah kontrakan.
  • Rumah susun milik perorangan.
  • Rumah susun milik perumnas.
  • Asrama keluarga pegawai milik perusahaan swasta.
  • Asrama mahasiswa.

Golongan Listrik Rumah Tangga 2021

Golongan Listrik

Secara umum, pemanfaatan listrik rumah tangga ini paling banyak digunakan pada rumah tinggal masyarakat, entah itu di pemukiman warga maupun komplek perumahan. Sebelum membahas tarif listrik rumah tangga 2021 lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu pembagian golongan listriknya di bawah ini.

Rumah Tangga Kecil

Jenis golongan tarif pertama ini dikhususkan untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah. Biasanya golongan tersebut menggunakan daya mulai dari 450 VA, 900 VA, 900 VA-RTM, 1.300 VA hingga 2.200 VA (R-1/TR).

Rumah Tangga Menengah

Selanjutnya yaitu ada rumah tangga menengah pada tegangan rendah. Golongan rumah tangga menengah ini terdiri dari pengguna listrik dengan daya 3.500 VA sampai dengan 5.500 VA (R-2/TR).

Rumah Tangga Besar

Sementara golongan tarif listrik rumah tangga besar pada tegangan rendah diisi oleh pelanggan dengan daya 6.600 VA ke atas (R-3/TR). Pastinya golongan ini memiliki tingkatan paling tinggi diantara kedua golongan di atas.

Tarif Listrik Rumah Tangga 2021

Tarif Listrik Rumah Tangga 2021 Semua Golongan

Jika dibandingkan dengan TARIF LISTRIK SOSIAL, tarif listrik golongan rumah tangga per bulannya terbilang lebih mahal. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tegangan pada listrik golongan rumah tangga ini lebih besar dibandingkan listrik golongan pelayanan sosial.

Perlu diketahui, tarif listrik golongan tersebut juga berbeda-beda untuk setiap kelompok atau penggunaan dayanya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan daftar tarif listrik rumah tangga 2021.

Golongan TarifBatas DayaBiaya Beban (kVA/Bulan)Biaya Pemakaian/kWhPrabayar/kWh
R-1/TRs.d 450 VARp 11.000Blok I : 0 s.d 30 kWh : Rp 169
Blok II : di atas 30 s.d 60 kWh : Rp 360
Blok III : di atas 60 kWh : Rp 495
Rp 415
R-1/TR900 VARp 20.000Blok I : 0 s.d 20 kWh : Rp 275
Blok II : di atas 20 s.d 60 kWh : Rp 445
Blok III : di atas 60 kWh : Rp 495
Rp 605
R-1/TR900 VA-RTM*)Rp 1.352Rp 1.352
R-1/TR1.300 VA*)Rp 1.352Rp 1.352
R-1/TR2.200 VA*)Rp 1.352Rp 1.352
R-2/TR3.500 VA s.d 5.500 VA*)Rp 1.352Rp 1.352
R-3/TR6.600 VA ke atas*)Rp 1.352Rp 1.352

Keterangan :

  • *) Diterapkan adanya Rekening Minimum (RM).
  • Rumus RM1 yaitu 40 (jam nyala) x daya tersambung (kVA) x biaya pemakaian daya listrik rumah tangga.

Rumus Tarif Listrik Adjustment 2021

Rumus Tarif Listrik Adjustment 2021

Sebagai informasi, bagi konsumen rumah tangga kecil dengan daya 450 VA dan 900 VA tidak akan dikenai mekanisme penyesuaian tarif atau tariff adjustment. Selain itu, konsumen industri serta bisnis kecil juga tidak akan dikenakan tarriff adjustment.

Meskipun demikian, bukan berarti kalian tidak berhak mengetahui bagaimana penyesuaian tarif tenaga listrik. Perlu diingat, pelaksanaan penerapan penyesuaian tarif listrik rumah tangga tersebut berdasarkan pada rumus perhitungannya, yaitu sebagai berikut.

TB : TL x (1 + %TA)

Keterangan :

  • TB : Pemberlakuan tarif tenaga listrik setelah penyesuaian tariff adjustment.
  • TL : Pemberlakuan tarif tenaga listrik berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada tahun yang bersangkutan.
  • %TA : Persentase penyesuaian tariff adjustment.

Cara Menghitung Tarif Listrik Pemakaian 2021

Cara Menghitung Tarif Listrik Pemakaian 2021

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai tarif listrik rumah tangga 2021 untuk semua golongannya, mulai dari daya 450 VA hingga 6.600 VA. Saran kami sebaiknya lakukanlah pencatatan serta pembuatan perkiraan perhitungan tarif listrik rumah tangga per bulannya.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya kalian bisa mencocokkan angka tarifnya dengan bulan lalu, jika tidak jauh berbeda maka penggunaan listrik dalam keadaan normal. Nah, berikut akan kami berikan tata cara menghitung tarif listrik pemakaian per bulannya.

Cek Golongan Listrik

Langkah pertama yaitu periksa golongan listrik di rumah kalian, apakah menggunakan daya 900 VA, 2.200 VA, 4.400 VA atau 6.600 VA ke atas. Ketahui dengan pasti listrik yang terpasang di rumah masuk ke golongan atau jenis listrik apa.

Periksa Perabotan Elektronik

Setelah mengetahui golongan listriknya, cermati satu per satu perabotan yang memerlukan daya listrik. Catat semua alat elektronik tersebut beserta kebutuhan daya atau konsumsi listriknya.

Jumlahkan Konsumsi Tarif Listrik

Kemudian jumlahkan total konsumsi daya listrik dari masing-masing peralatan elektronik rumah tangga. Kami ingatkan sekali lagi, bahwa perhitungan tarif listrik menggunakan satuan kWh atau kilowatt per hour (jam). Oleh karena itu, bagi hasil perhitungan dengan angka 1.000 untuk mendapatkan satuan kWh.

Setelah mendapatkan semua data konsumsi listrik dalam satuan kWh, tahap selanjutnya yaitu mengalikan dengan tarif dasar listrik per golongan. Perhitungan ini untuk mengetahui pemakaian tarif listrik per harinya. Untuk mengetahui pemakaian bulanannya, kalian bisa mengalikan kembali tarif listrik per hari dengan jumlah hari pada bulan tersebut.

Call Center PLN

Call Center PLN 1

Mungkin perhitungan konsumsi tarif listrik rumah tangga 2021 di atas terlalu rumit ketika hendak dilakukan. Namun, supaya mendapatkan informasi lebih pasti, kalian bisa menanyakannya secara langsung kepada pihak PLN dengan cara menghubungi beberapa contact center di bawah ini.

  • Contact center : 123
  • Telepon : (Kode area) 123
  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : @cc123pln
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Website : layanan.pln.co.id

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa semakin besar tegangan daya listriknya, maka akan semakin tinggi pula tarif listriknya. Meskipun demikian, kalian harus tetap membayar tagihan listrik secara rutin per bulannya agar terhindar dari pemutusan sambungan arus listrik oleh PLN.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar tarif listrik rumah tangga 2021 mulai dari daya 400 VA hingga 6.600 VA ke atas. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mencari tahu besaran tarif listrik golongan rumah tangga.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *