Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol Dalam Kota Jakarta

Tarif Tol Dalam Kota Jakarta

Tarif Tol Dalam Kota Jakarta – Dengan hadirnya jalan tol di DKI Jakarta membuat pengendara dapat merasakan mobilitas perjalanan yang efisien. Hal tersebut tentunya tidak akan terjadi tanpa adanya dukungan dari banyaknya ruas jalan tol yang tersedia di dalam Ibukota Jakarta.

Tol Dalam Kota Jakarta atau Jakarta Inner Ring Road (JIRR) menjadi salah satu jalan bebas hambatan yang dapat warga DKI Jakarta gunakan. Sesuai dengan namanya, ruas tol yang satu ini merupakan jalur alternatif atau jalan tol yang mengelilingi atau mengitari bagian dalam Kota Jakarta.

Bagian dari TOL TRANS JAWA tersebut tentunya dapat digunakan untuk mempersingkat jarak dan waktu serta bisa membantu pengemudi untuk menghindari kemacetan Ibukota. Namun, untuk dapat menggunakan jalan tol JIRR kalian harus mempersiapkan biaya guna membayar tarif pintu masuk atau gerbang tol.

Maka dari itu, sebelum kalian melaluinya penting untuk mengetahui informasi mengenai besaran tarif yang ditetapkan. Nah, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tarif Tol Dalam Kota Jakarta untuk semua rute perjalanan serta golongan kendaraan apa saja yang boleh melintasinya.

Ruas Tol Dalam Kota Jakarta

Ruas Tol Dalam Kota Jakarta

Perlu kalian ketahui, jalan tol yang mengelilingi bagian dalam Kota Jakarta ini terbagi menjadi 3 bagian atau ruas. Beberapa bagian-bagian yang ada pada tol JIRR tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Ruas Cawang Pluit

Ruas yang satu ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Dalam Kota Jakarta yang menghubungkan antara Cawang di Jakarta Timur dengan Pluit di Jakarta Utara. Ruas Cawang – Pluit memiliki panjang sekitar 21 kilometer atau 13 mil.

2. Ruas Cawang Tanjung Priok

Sebagian besar Jalan Tol Lingkar Dalam Kota Jakarta ini dibuat dengan teknik Sosrobahu dan menjadi jalan layang (elevated highway). Ruas yang Cawang – Tanjung Priok ini dihubungkan oleh Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono dengan panjang 15 kilometer atau 9 mil.

3. Ruas Tanjung Priok Pluit

Ruas tol yang menghubungkan Tanjung Priok dengan Pluit ini memiliki panjang sekitar 13 kilometer. Ruas tol yang berada di Jalan Tol Pelabuhan ini juga populer untuk akses ke Kelapa Gading, Pantai Ancol, Kemayoran hingga Penjaringan.

Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Semua Golongan

Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Semua Golongan

Tidak jauh berbeda dengan TOL JORR, semenjak diresmikan hingga saat ini Jalan Tol Dalam Kota Jakarta mengalami beberapa penyesuaian tarif, baik itu turun ataupun naik. Untuk lebih jelasnya dapat kalian simak daftar tarif Tol Dalam Kota Jakarta untuk semua rute perjalanan serta jenis golongan kendaraan yang diperbolehkan melintasinya.

Ruas TolGolongan IGolongan IIGolongan IIIGolongan IVGolongan V
Ruas Cawang – Tanjung Priok – Ancol Timur – PluitRp 10.000Rp 15.000Rp 15.000Rp 17.000Rp 17.000
Cawang – Tomang – Grogol – PluitRp 10.000Rp 15.000Rp 15.000Rp 17.000Rp 17.000

Keterangan :

  • Golongan I terdiri atas jip, sedan, pick up atau truk kecil dan bus.
  • Golongan II terdiri atas truk dengan 2 gandar atau sumbu roda.
  • Golongan III terdiri atas truk dengan 3 gandar atau sumbu roda.
  • Golongan IV terdiri atas truk dengan 4 gandar atau sumbu roda.
  • Golongan V terdiri atas truk dengan 5 gandar atau sumbu roda.

Pembayaran Tol Dalam Kota Jakarta

Pembayaran Tol Dalam Kota Jakarta

Setelah mengetahui besaran tarif Tol Dalam Kota Jakarta, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana sistem pembayarannya. Saat ini pemerintah semakin memudahkan masyarakatnya yang ingin membayar gerbang tol JIRR hanya dengan menggunakan kartu uang elektronik atau e-toll.

Jadi, dengan adanya fitur tersebut, pengendara tidak perlu repot-repot lagi untuk mempersiapkan uang tunai ketika hendak melintasi Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Selain itu, pembelian saldo e-toll juga sudah bisa kalian lakukan di beberapa merchant atau minimarket seperti Alfamart dan Indomeret.

Peta Jalan Tol Dalam Jakarta

Apabila kalian ingin amsuk dari arah timur atau gerbang tol Cawang, maka dapat mengakses jalan MT Haryono dan Otto Iskandardinata. Sedangkan jika masuk dari arah Tebet, kalian bisa keluar menuju Panciran di KM 4,3.

Selanjutnya untuk masuk dari Kuningan, maka kalian bisa mengakses gerbang tol Kuningan 1 atau Kuningan 2. Atau kalian juga bisa masuk dari 6 gerbang tol yang ada di ruas jalan Tanjung Piok – Pluit di KM 13 hingga 25.

Pastikan jenis kendaraan yang kalian gunakan sesuai dengan ketentuan golongan yang berlaku. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan saldo e-toll kalian lebih dari cukup ketika hendak digunakan untuk melintasi ruas tol tersebut.

Itulah sekiranya yang dapat Biayatarif sampaikan kali ini mengenai tarif Tol Dalam Kota Jakarta untuk semua rute perjalanan beserta jenis golongan kendaraan apa saja yang boleh melintasinya. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantu kalian untuk memperkirakan biaya yang diperlukan ketika hendak melintasi jalan tol JIRR.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *