Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol JORR

Tarif Toll JORR

Tarif Tol JORR – Jalan tol ialah jalan alternatif yang dapat digunakan oleh kendaraan bersumbu dua atau lebih yang secara resmi diterbitkan oleh pemerintah. Dengan adanya jalan bebas hambatan ini, jarak serta waktu yang harus ditempuh oleh pengendara menjadi lebih mudah dan singkat.

Bagi kalian yang berdomisili di wilayah Ibukota Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama jalan tol JORR. Ruas tol JORR atau Jakarta Outer Ring Road (Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta) ialah rangkaian jalan tol yang melingkari bagian luar Kota Jakarta yang terbagi menjadi 4 bagian besar.

Untuk dapat menikmati jalan tol JORR tersebut, tentunya kalian harus mempersiapkan biaya guna membayar tarif pintu masuknya. Perlu kalian ketahui, sejak awal peresmiannya sampai dengan saat ini, jalan bebas hambatan tersebut sudah mengalami beberapa kali penyesuaian tarif gerbang tol.

Oleh sebab itu, penting untuk kalian cari tahu terlebih dahulu mengenai informasi tarif terbarunya sebelum menggunakannya. Nah, kali ini kami akan memberikan tarif tol JORR untuk semua rute perjalanan beserta jenis golongan kendaraan apa saja yang diperbolehkan melintasinya.

Gerbang Tol JORR

Gerbang Tol JORR

Sebelum pembahasan berlanjut, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu mengenai beberapa titik pintu masuk atau gerbang tol yang ada pada ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. Jalan tol JORR ini bisa kalian gunakan untuk menuju Bekasi, Bogor serta kota-kota lainnya di Pantura dan Jalur Selatan.

  1. Ruas Penjaringan – Kembangan (JORR W1)
  2. Kembangan – Ulujami (JORR W2N)
  3. Ulujami – Pondok Pinang (JORR W2S)
  4. Ciputat – TMII (JORR S)
  5. Ruas TMII – Cikunir (JORR E3)
  6. Ruas Cikunir – Cilincing (JORR E1 & E2)
  7. Ruas Cilincing – Tanjung Priok (JORR N)

Rute Perjalanan Tol JORR

Proses pembangunan jalan tol JORR ini terbagi menjadi beberapa ruas dan seksi. Nah, di bawah ini adalah beberapa ruas dan rute perjalanan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta yang masih beroperasi.

RuasRute PerjalananPanjang (km)
JORR W1Penjaringan – Kembangan8.65
JORR W2 Seksi 1Kembangan – Joglo5.61
JORR W2 Seksi 2Joglo – Ulujami2.04
JORR W2 Seksi 3Ulujami – Veteran1.30
JORR W2 Seksi 4Veteran – Pondok Pinang2.26
JORR SPondok Pinang – TMII (Jalan Tol Tahi Bonar Simatupang)12.90
JORR E1 Seksi 1TMII – Ceger1
JORR E1 Seksi 2Ceger – Hankam3.10
JORR E1 Seksi 3Hankam – Jatiasih4.40
JORR E1 Seksi 4Jatiasih – Cikunir3.90
JORR E2Cikunir – Cakung9.07
JORR E3Cakung – Cilincing4.80
JORR N (Akses Tanjung Priok)Cilincing – Tanjung Priok5

Tarif Tol JORR Semua Golongan

Tarif Tol JORR Semua Golongan

Sebagai bagian dari TOL TRANS JAWA, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta juga mewajibkan pengendara untuk membayar tarif gerbang tol. Tentunya besaran tarif yang dibebankan ini tergantung dengan golongan kendaraan apa yang digunakan.

Untuk lebih jelasnya dapat kalian simak tarif tol JORR dengan rute perjalanan W1, W2 Utara, W2 Selatan, S, E1, E2 dan E3 (Penjaringan – Rorotan) atau sebaliknya untuk semua golongan kendaraan yang boleh melintasinya.

1. Tarif Golongan I

Golongan I ini terdiri atas kendaraan dengan jenis sedan, jip, truk kecil atau pick up serta bus. Kendaraan yang termasuk ke dalam golongan I ini memiliki tarif tol yang paling rendah, yaitu sebesar Rp 16.000.

2. Tarif Golongan II

Golongan 2 ini diisi oleh kendaraan seperti truk dengan dua sumbu roda atau gandar. Tarif yang dibebankan untuk pengemudi kendaraan golongan ini lebih tinggi dibandingkan dengan golongan I, yaitu sebesar Rp 23.500.

3. Tarif Golongan III

Sedangkan untuk kendaraan golongan III ini terdiri atas truk dengan 3 sumbu roda atau gandar. Tarif tol JORR yang dikenakan juga sama dengan kendaraan golongan II yaitu Rp 23.500.

4. Tarif Golongan IV

Kendaraan yang masuk ke dalam golongan IV ini memiliki tarif yang lebih tinggi dibandingkan dengan golongan 1,2 dan golongan 3. Golongan IV sendiri terdiri atas truk dengan 4 gandar atau sumbu roda dengan besaran tarif yang dibebankan yaitu Rp 31.500.

5. Tarif Golongan V

Sama halnya dengan kendaraan golongan IV, tarif yang ditetapkan pemerintah untuk golongan V yang menggunakan ruas tol Lingkar Luar Jakarta juga sebesar Rp 31.500. Golongan kendaraan yang satu ini diisi oleh truk dengan 5 gandar atau sumbu roda.

Pembayaran Tol JORR

Pembayaran Tol JORR

Setelah mengetahui besaran tarif tol JORR untuk masing-masing golongan kendaraan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana sistem pembayaran gerbang tol atau pintu masuknya. Kini pemerintah semakin memudahkan masyarakat yang hendak membayar gerbang tol JORR dengan kartu uang elektronik atau e-toll.

Yang mana e-toll tersebut sudah bisa kalian dapatkan di beberapa merchant dan minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Selain itu, pemerintah juga sudah bekerja sama dengan beberapa pihak bank seperti Bank Mandiri, BCA, BNI hingga BTN dalam menyediakan fasilitas kartu e-toll tersebut.

Peta Jalan Tol JORR

Sebelum berkendara, pastikan kondisi kendaraan kalian dalam keadaan baik dan siap digunakan. Selain itu, selalu taati semua rambu-rambu lalu lintas yang ada. Hal tersebut perlu kalian lakukan demi kenyamanan dan keamanan pada saat berkendara.

Itulah sekiranya yang dapat Biayatarif sampaikan kali ini mengenai tarif tol JORR untuk semua rute perjalanan beserta golongan kendaraan apa saja yang diperbolehkan untuk melintasinya. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk memperkirakan berapa biaya yang harus dipersiapkan ketika hendak menggunakan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tarif Tol Surabaya Solo

Sofyan
3 min read

Tarif Tol Jakarta Semarang

Sofyan
3 min read

Tarif Tol Surabaya Madiun

Sofyan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *