Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Golongan Darah di Cito 2022 : Prosedur & Efek Samping

Biaya Cek Golongan Darah di Cito

Biaya Cek Golongan Darah di Cito – Seperti diketahui, mengetahui golongan darah tentu saja penting untuk dilakukan, terlebih lagi jika berhubungan dengan kebutuhan medis. Dimana golongan darah sangat penting untuk diketahui seperti pada saat ingin melakukan transfusi darah, akan mendonorkan darah ataupun saat hendak menikah serta berencana memiliki anak.

Untuk saat ini, sebenarnya melakukan kegiatan pengecekan golongan darah seseorang sudah bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan mengambil sedikit sampel darah pasien. Nantinya sampel darah tersebut akan dicampurkan dengan antigen darah guna memastikan golongan darah seseorang.

Pemeriksaan golongan darah oleh seseorang sendiri kini sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Cito. Akan tetapi, pastinya setiap cabang Klinik Laboratorium Cito mempunyai kebijakan ataupun ketentuan terkait harga jasa jenis pelayanan medis tersebut.

Maka dari itu, apabila kalian berencana melakukan pengecekan golongan darah di Klinik Laboratorium Cito terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya cek golongan darah di Cito dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Fungsi Tes Golongan Darah

Seperti dijelaskan sebelumnya, pemeriksaan golongan darah pada tubuh seseorang dilakukan dengan tujuan kegiatan medis, khususnya ketika pasien hendak melakukan transfusi darah. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab tidak semua golongan darah bisa cocok antara pasien satu dengan pasien lainnya.

Terlebih lagi apabila penerimaan darah tidak sesuai dengan golongan darah pasien, maka kemungkinan besar akan muncul penggumpalan darah dan bahkan memicu komplikasi fatal terkait kondisi kesehatan tubuhnya. Di sisi lain, pemeriksaan golongan darah juga perlu dilakukan oleh ibu hamil.

Pada ibu hamil tersebut, pemeriksaan golongan darah dilakukan untuk memastikan apakah rhesus ibu dan janin cocok atau tidak. Jika rhesus antara ibu dan calon bayi tidak cocok, maka dapat berpotensi membahayakan janin di dalam kandungan. Akibatnya janin bisa terlahir dengan gangguan kesehatan dan lebih parahnya lagi dapat mengalami kematian.

Indikasi Cek Golongan Darah

Memang benar jika pemeriksaan golongan darah dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Akan tetapi, ada sejumlah kondisi yang mengharuskan seseorang menjalani cek golongan darah. Sebelum pembahasan utama mengenai biaya cek golongan darah di Klinik Cito berlanjut, sebaiknya pahami beberapa indikasinya di bawah ini.

  • Seseorang sedang dalam masa kehamilan atau mengandung.
  • Seseorang hendak mendonorkan darahnya.
  • Seseorang membutuhkan transfusi darah.
  • Seseorang hendak menjalani operasi bedah.
  • Seseorang ingin mendonorkan suatu organ terkait kebutuhan transplantasi.
  • Membantu proses hukum dalam memeriksa identitas seseorang.
  • Sebagai sebuah tanda atau indikasi hubungan darah dalam keluarga.

Prosedur Tes Golongan Darah di Cito

Prosedur Cek Golongan Darah di Cito

Perlu diketahui, selain harus mengetahui besaran biaya cek golongan darah di Klinik Laboratorium Cito, sebenarnya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Di atas juga sudah kami singgung bahwa saat ini prosedur cek golongan darah di Klinik Cito dilakukan dengan cara mengambil sedikit sampel darah di dalam tubuh pasien.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya prosedur tes golongan darah di Klinik Cito hampir sama seperti saat menjalani cek golongan darah di Prodia. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik prosedur cek golongan darah di Klinik Laboratorium Cito semua cabang berikut ini.

  1. Langkah pertama, petugas medis membersihkan lengan pasien sebagai tempat pengambilan sampel darah memakai cairan antiseptik supaya semua kuman dan bakteri terbunuh.
  2. Setelah itu, lengan pasien diikat memakai sebuah perban elastis agar aliran darah bisa terkumpul.
  3. Jika pembuluh vena di lengan pasien ditemukan, maka petugas mulai menyuntikkan jarum suntikan untuk mengambil sampel darah pasien.
  4. Kemudian jika sampel darah di tabung dirasa sudah cukup, maka petugas medis akan mencabut jarum suntik dari lengan pasien.
  5. Nantinya luka bekas suntikan di lengan pasien akan ditutup memakai perban ataupun kapas steril.

Secara garis besar, prosedur pelaksanaan cek golongan darah di Klinik Cito hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit saja. Pasien biasanya diminta untuk menunggu informasi lanjutan dari pihak Klinik Cito hasil pemeriksaan laboratorium atas jenis golongan darahnya.

Biaya Cek Golongan Darah di Cito

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja manfaat, indikasi hingga prosedur cek golongan darah di Klinik Cito. Untuk saat ini, biasanya hampir semua cabang Klinik Laboratorium Cito di seluruh Indonesia mematok tarif atau harga jasa cek golongan darah yang serupa.

Bahkan besaran biaya cek golongan darah di Klinik Laboratorium Cito tidak akan jauh berbeda dengan biaya cek golongan darah di Kimia Farma. Dimana besaran biaya cek golongan darah pasien di semua cabang Klinik Laboratorium Cito seluruh Indonesia sendiri di banderol mulai dari Rp 70.000.

Biasanya di dalam kisaran biaya cek golongan darah di Klinik Cito tersebut sudah mencakup biaya registrasi atau pendaftaran pasien hingga biaya konsultasi jika memang terdapat sebuah gangguan medis. Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya administrasi di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari Klinik Cito.

Efek Samping Cek Golongan Darah di Cito

Meskipun biaya cek golongan darah di Klinik Laboratorium Cito terbilang murah serta termasuk ke dalam prosedur aman untuk dilakukan, namun bukan berarti kegiatan tersebut tidak mempunyai efek samping sama sekali kepada pasien. Meskipun efek samping atau risiko pemeriksaan golongan darah jarang ditemui, tetapi kalian juga harus tetap memperhatikannya.

Hal ini juga sebenarnya tidak hanya terjadi di Klinik Cito saja, namun juga akan terjadi di tempat lainnya, misalkan cek golongan darah di puskesmas ataupun tempat layanan kesehatan lainnya. Adapun sejumlah efek samping atau risiko cek golongan darah di Klinik Laboratorium Cito tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Merasa sakit kepala atau pusing.
  • Mengalami pendarahan hebat.
  • Mengalami infeksi akibat suntikan maupun tusukan jarum.
  • Mengalami pendarahan di bawah lapisan kulit pasien (hematoma).

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini hampir semua cabang Klinik Laboratorium Cito di Indonesia sudah menyediakan fasilitas atau layanan pemeriksaan golongan darah kepada pasiennya. Bahkan jika dilihat dari segi harga atau tarif jasa pelayanannya, Klinik Cito memberikan nominal yang terbilang sangat terjangkau sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar biaya cek golongan darah di Cito semua cabang dilengkapi manfaat, prosedur pemeriksaan hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani cek golongan darah di Klinik Laboratorium Cito terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *