Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Golongan Darah di Kimia Farma

Biaya Cek Golongan Darah di Kimia Farma

Biaya Cek Golongan Darah di Kimia Farma – Seperti diketahui, cek golongan darah merupakan sebuah prosedur untuk mengetahui jenis darah di dalam tubuh seseorang. Biasanya golongan darah seseorang ditentukan oleh gen keturunan dari orang tua, entah itu ibu ataupun ayah.

Pemeriksaan golongan darah sendiri penting untuk dilakukan apabila suatu saat seseorang membutuhkan transfusi darah ataupun berencana mendonorkan darahnya. Sebab, jika golongan darah tidak sesuai, maka bisa terjadi respons kekebalan tubuh yang membahayakan bagi seseorang.

Untungnya saat ini pengecekan golongan darah dapat dilakukan di berbagai macam tempat layanan kesehatan masyarakat, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Kimia Farma. Tentunya setiap cabang Klinik Kimia Farma juga memiliki ketentuan mengenai harga atau tarif pelayanan cek golongan darah.

Oleh sebab itu, sebelum mengunjungi Lab Kimia Farma terdekat untuk melakukan pemeriksaan golongan darah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait rincian biaya cek golongan darah di Kimia Farma dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Tujuan Cek Golongan Darah

Tujuan Cek Golongan Darah

Seperti dijelaskan di atas, salah satu tujuan pengecekan golongan darah yaitu menjadi syarat utama ketika hendak mendonorkan darah ataupun menerima transfusi darah. Selain itu, terdapat juga beberapa tujuan ataupun manfaat lainnya dari pemeriksaan golongan darah.

Dimana manfaat lainnya tersebut yaitu akan sangat terasa bagi ibu hamil. Sebab, Rhesus tidak cocok bisa berpotensi membahayakan bayi atau janin di dalam kandungan. Akibatnya tubuh ibu hamil akan menganggap darah janin di dalamnya sebagai benda asing dan akhirnya membentuk antibodi melawan antigen dari janin.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan kematian di dalam kandungan maupun bayi terlahir dengan gangguan kesehatan (cacat). Oleh sebab itu, cek golongan darah penting dilakukan sejak awal, bahkan lebih baik jika dilakukan sebelum menikah.

Kondisi Membutuhkan Cek Golongan Darah

Kondisi Membutuhkan Cek Golongan Darah

Sebagaimana diketahui, proses pengecekan golongan darah memang perlu dilakukan oleh seseorang sejak dini. Di sisi lain, tes golongan darah juga perlu dilakukan oleh pasien dengan beberapa kondisi. Sebelum pembahasan utama mengenai biaya cek golongan darah di Kimia Farma berlanjut, berikut adalah beberapa kondisi yang membutuhkan pengecekan.

  • Sedang dalam mengandung atau hamil.
  • Hendak mendonorkan darah.
  • Membutuhkan transfusi darah.
  • Hendak menjalani operasi.
  • Hendak mendonorkan organ untuk transplantasi.
  • Membantu proses hukum dengan tujuan memeriksa identitas seseorang dalam melakukan tindak pidana.
  • Sebagai indikasi hubungan keluarga.

Prosedur Cek Golongan Darah di Kimia Farma

Prosedur Tes Golongan Darah

Selain membayar biaya cek golongan darah di Klinik Laboratorium Kimia Farma, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Secara garis besar, proses pemeriksaan golongan darah di Kimia Farma tidak membutuhkan persiapan khusus. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan prosedur cek golongan darah di Kimia Farma.

  1. Petugas medis membersihkan area pengambilan darah menggunakan cairan antiseptik supaya kuman terbunuh.
  2. Selanjutnya lengan atas pasien diikat menggunakan perban elastis agar aliran darah di lengan bisa terkumpul.
  3. Setelah pembuluh vena ditemukan, kemudian darah diambil dengan cara menyuntikkan jarum steril ke pembuluh darah.
  4. Apabila jumlah darah dirasa sudah mencukupi, petugas medis mencabut jarum suntik tersebut.
  5. Terakhir, bagian bekas suntikan ditutup menggunakan perban.

Setelah pengambilan sampel darah berhasil dilakukan, selanjutnya sampel darah tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan penelitian. Biasanya pasien hanya perlu menunggu sampai hasil laboratorium Kimia Farma terkait pengecekan golongan darah keluar.

Biaya Cek Golongan Darah di Kimia Farma

Biaya Cek Golongan Darah di Kimia Farma Semua Cabang

Perlu diketahui, besaran biaya cek golongan darah di Kimia Farma sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan PENGECEKAN GOLONGAN DARAH DI PUSKESMAS. Sebab, pihak Klinik Laboratorium Kimia Farma juga akan menentukan faktor Rhesus di sekitar permukaan sel darah merah pasien.

Umumnya, hampir semua cabang Lab Kimia Farma di Indonesia mematok tarif atau harga jasa pelayanan serupa, yaitu mulai dari Rp 75.000 per pemeriksaan. Menariknya lagi, Klinik Kimia Farma kerap mengadakan promo berupa diskon atau potongan biaya cek golongan darah bagi pada pelanggannya.

Potongan harga pemeriksaan golongan darah tersebut bisa didapatkan oleh pelanggan hampir setengahnya atau 50%. Namun dengan syarat pelanggan Kimia Farma harus memenuhi semua syarat beserta ketentuan yang berlaku terkait pelayanan pengecekan golongan darah.

Risiko Cek Golongan Darah di Kimia Farma

Risiko Tes Golongan Darah

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya cek golongan darah di Kimia Farma semua cabang dilengkapi prosedur pelaksanaannya. Memang benar jika pengecekan golongan darah pasien di Lab Kimia Farma merupakan prosedur aman untuk dilakukan.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan akan ada sejumlah efek samping atau risiko yang dialami oleh para pasiennya. Nah, di bawah ini adalah beberapa risiko saat menjalani pengetesan golongan darah di Klinik Laboratorium Kimia Farma.

  • Merasa sedikit pusing atau bahkan sampai pingsan.
  • Mengalami pendarahan berlebihan pada bagian bekas suntikan jarum.
  • Mengalami infeksi karena luka tusukan jarum suntik.
  • Pasien mengalami hematoma atau pendarahan di bawah lapisan kulit.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa prosedur pengecekan golongan darah di Kimia Farma memiliki tarif hampir sama di setiap cabang. Selain itu, risiko atau efek samping dari pengambilan sampel darah pasien juga sangat kecil sehingga aman untuk dilakukan.

Itulah sekiranya pembahasan seputar rincian biaya cek golongan darah di Kimia Farma semua cabang disertai prosedur pelaksanaannya versi Biayatarif. Semoga penjelasan di atas dapat dijadikan acuan ketika hendak menjalani pemeriksaan golongan darah di Klinik Laboratorium Kimia Farma terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *