Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Gula Darah di Kimia Farma

Biaya Cek Gula Darah di Kimia Farma

Biaya Cek Gula Darah di Kimia Farma – Cek gula darah ialah sebuah pemeriksaan yang dilakukan oleh seseorang untuk mengetahui kadar glukosa di dalam tubuh. Sebenarnya terdapat beberapa jenis tes dalam pemeriksaan gula darah dan masing-masing merujuk pada kadar glukosa darah berdasarkan jangka waktu tertentu.

Pada pengidap atau penderita diabetes, tes gula darah perlu dilakukan guna memantau apakah kadar gula darah sudah terkendali atau bahkan sebaliknya. Namun sebenarnya pemeriksaan kadar gula darah bisa dilakukan oleh siapa saja dalam memeriksa diabetes atau hanya sekadar mengetahui kondisi gula darahnya.

Untungnya saat ini pemeriksaan kadar gula darah di dalam tubuh seseorang sudah bisa dilakukan di berbagai macam pusat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Kimia Farma. Lab Kimia Farma sendiri menyediakan beberapa jenis pemeriksaan terkait dengan pengecekan gula darah.

Apabila kalian berencana menjalani tes kadar gula darah di Lab Kimia Farma, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar tarif atau biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya cek gula darah di Kimia Farma dilengkapi prosedur pemeriksaannya.

Fungsi Cek Gula Darah

Fungsi Cek Gula Darah

Seperti dijelaskan di atas, cek gula darah perlu dilakukan oleh seseorang guna memeriksa kadar glukosa di dalam tubuh. Dimana pemeriksaan kadar glukosa gula darah tersebut kerap dilakukan untuk memantau serta mendiagnosis penyakit diabetes.

Di lain sisi, pemeriksaan gula darah juga dibutuhkan guna membantu dokter dalam menentukan tindakan lanjutan terhadap penyakit diabetes. Secara umum, tujuan pemeriksaan gula darah di Kimia Farma diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Memonitoring efektivitas obat penyakit diabetes pada kadar gula darah.
  • Mengindikasikan kadar gula darah, entah itu tinggi ataupun rendah.
  • Memonitoring perkembangan penderita diabetes dalam mencapai target pengobatan.
  • Melihat pengaruh pola makan serta olahraga terhadap kadar gula darah.
  • Melihat adanya pengaruh faktor lain seperti penyakit tertentu maupun stres.

Waktu Ideal Cek Gula Darah

Waktu Ideal Tes Gula Darah

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya cek gula darah di Kimia Farma berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu kapan waktu ideal dalam melakukan tes tersebut. Dokter biasanya akan menyarankan pemeriksaan kadar gula darah kepada orang dengan gejala kadar gula tinggi (hiperglikemia) atau rendah (hipoglikemia).

Selain itu, cek gula darah juga perlu dilakukan oleh wanita hamil dengan usia kehamilan maksimal 24 minggu sampai 28 minggu. Pemeriksaan kadar gula darah pada wanita hamil ini bertujuan untuk mengecek kemungkinan adanya diabetes gestasional atau diabetes dimasa kehamilan.

Prosedur Cek Gula Darah di Kimia Farma

Prosedur Cek Gula Darah di Kimia Farma

Prosedur pemeriksaan kadar gula darah di Laboratorium Klinik Kimia Farma dilakukan dengan cara mengambil sampel darah melalui lengan pasien. Dimana pengambilan sampel darah tersebut dilakukan melalui pembuluh darah vena. Adapun tahapan-tahapan pengambilan sampel darah tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  1. Petugas medis pertama membersihkan area pengambilan sampel darah menggunakan cairan antiseptik.
  2. Kemudian lengan atas pasien diikat menggunakan perban elastis supaya aliran darah bisa terkumpul di lengan.
  3. Setelah pembuluh darah vena ditemukan, petugas medis akan mengambil sampel darah menggunakan jarum suntik.
  4. Jika sampel darah dirasa sudah cukup, lalu jarum suntik akan segera dilepaskan dari lengan pasien.
  5. Nantinya sampel darah pasien tersebut akan dibawa ke dalam laboratorium untuk dilakukan penelitian.

Biaya Cek Gula Darah di Kimia Farma

Biaya Cek Gula Darah di Lab Kimia Farma

Perlu diketahui, besaran biaya cek kadar gula darah di Klinik Laboratorium Kimia Farma akan sedikit lebih mahal dibandingkan PEMERIKSAAN GOLONGAN DARAH. Pasalnya, terdapat beberapa jenis pemeriksaan yang harus dilalui oleh pasien dalam pengecekan kadar gula darah di dalam tubuh.

Umumnya, hampir semua cabang Klinik Laboratorium Kimia Farma mematok tarif cek gula darah serupa, yaitu mulai dari Rp 45.000 sampai Rp 475.000. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan rincian biaya cek gula darah di Klinik Laboratorium Kimia Farma.

KeteranganBiaya
Glukosa puasaRp 45.000
Glukosa 2 jamRp 45.000
Glukosa sewaktuRp 45.000
Tes toleransi glukosa 5xRp 225.000
Tes toleransi glukosa 3xRp 135.000
Kurva harian 4xRp 180.000
HbA1cRp 195.000
InsulinRp 475.000

Risiko Cek Gula Darah di Kimia Farma

Risiko Tes Gula Darah

Setelah mengetahui besaran biaya cek gula darah di Lab Kimia Farma, selanjutnya kalian juga harus tahu apa saja risiko atau efek samping dari pemeriksaan tersebut. Sebab, terdapat beberapa efek samping yang akan dirasakan oleh pasien saat menjalani pemeriksaan kadar gula darah, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mengalami infeksi pada luka suntikan.
  • Merasa pusing atau serasa mau pingsan.
  • Mengalami pengumpulan darah di bawah kulit.
  • Mengalami pendarahan di area luka suntikan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan seputar rincian biaya cek gula darah di Kimia Farma disertai prosedur hingga efek sampingnya versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin memeriksakan kadar gula darah di Lab Kimia Farma.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *