Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Puskesmas

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Puskesmas

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Puskesmas – Masa kehamilan merupakan salah satu masa yang paling rentan dan perlu dijaga dengan baik demi kesehatan ibu dan calon janin. Kesehatan para ibu dan calon bayi bisa dijaga dengan melakukan banyak cara, salah satunya yaitu menjalani serangkaian tes pemeriksaan laboratorium.

Saat ini pemeriksaan laboratorium atau lab ibu hamil juga sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, termasuk puskesmas. Namun, tentunya pihak puskesmas di setiap daerah memiliki ketentuan terkait harga atau tarif jasa pelayanan pengecekan laboratorium.

Perlu diketahui, pengecekan lab ibu hamil di puskesmas sendiri terdiri dari beberapa jenis pemeriksaan, mulai dari CEK GOLONGAN DARAH, diabetes, HIV dan lain sebagainya. Pastinya semua pemeriksaan tersebut bertujuan untuk menjaga dan mengontrol kondisi ibu dan calon bayi pada saat masa kehamilan.

Jika kalian berencana untuk melakukan tes lab ibu hamil di puskesmas, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya cek lab ibu hamil di puskesmas baik itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS.

Manfaat Cek Lab Ibu Hamil

Manfaat Tes Lab

Seperti dijelaskan di atas, salah satu tujuan melakukan cek lab ibu hamil di puskesmas yaitu untuk menjaga kondisi kesehatan sang ibu dan calon bayi. Selain itu, terdapat juga beberapa manfaat lain ketika melakukan tes laboratorium, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mempersiapkan masa kehamilan, persalinan dan menyusui yang sehat serta aman bagi ibu hamil serta calon bayi.
  • Mencari tahu risiko genetis yang akan diturunkan kepada calon bayi sehingga bisa melakukan tindakan medis pencegahannya.
  • Mencegah risiko terjadinya pre-eklampsia.
  • Mencegah risiko gangguan obesitas.
  • Mencegah risiko hipertensi dan gangguan kehamilan lainnya.
  • Memperkecil potensi janin gugur.
  • Memperkecil potensi penyebab janin cacat sejak dalam kandungan.
  • Memperkecil potensi bayi meninggal di dalam kandungan.

Waktu Ideal Cek Lab Ibu Hamil

Waktu Ideal Cek Lab Ibu Hamil

Pada umumnya, pemeriksaan lab ibu hamil di puskesmas bisa dilakukan sebanyak tiga kali selama masa kehamilan, yaitu pada trimester pertama, trimester kedua hingga trimester ketiga. Pada trimester pertama, pasien disarankan untuk melakukan basic pregnancy test untuk mendeteksi berbagai macam risiko gangguan kehamilan.

Cek lab ibu hamil pada trimester kedua bertujuan untuk mendeteksi ada atau tidaknya risiko Diabetes Gestasional, dimana tingkat glukosa meningkat dan gejala diabetes lainnya akan muncul selama masa kehamilan. Sementara pemeriksaan trimester ketiga bertujuan untuk mengetahui kondisi tubuh calon ibu sebelum memasuki persiapan persalinan.

Jenis Pemeriksaan Lab Ibu Hamil

Jenis Pemeriksaan Lab

Sebagaimana diketahui, pasien biasanya akan ditawari serangkaian cek lab ibu hamil sebagai bagian dari perawatan antenatal. Sebelum pembahasan mengenai biaya cek lab ibu hamil di puskesmas lebih lanjut, sebaiknya ketahui beberapa jenis pemeriksaannya di bawah ini.

Tes Darah

Pengambilan sampel darah merupakan salah satu bagian dari serangkaian cek lab ibu hamil di puskesmas. Pengecekan darah ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan ibu dan mendeteksi apakah ada kelainan pada janin atau tidak.

Cek Kadar Gula Darah

Tes laboratorium ibu hamil juga bertujuan untuk mengetahui kadar gula darah yang biasa dilakukan antara 24 hingga 28 minggu usia kehamilan. Cek kadar gula darah perlu dilakukan apabila pasien berisiko tinggi mengidap penyakit diabetes akibat dari faktor keturunan.

Cek Infeksi

Dari tes darah yang dilakukan di awal, pasien juga bisa mencari tahu apabila memiliki infeksi dalam kandungan. Selain itu, pengecekan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya penyakit menular seperti HIV serta hepatitis B.

Tes Hemoglobin

Sementara tes hemoglobin bermanfaat untuk mengetahui apakah ada faktor risiko anemia pada saat masa kehamilan. Risiko anemia ini akan membuat pasien lebih cepat lelah, bahkan bisa menyebabkan pendarahan saat melahirkan akibat kekurangan zat besi.

Prosedur Cek Lab Ibu Hamil di Puskesmas

Prosedur Cek Lab Ibu Hamil di Puskesmas

Selain membayar biaya cek lab ibu hamil di puskesmas, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Adapun beberapa prosedur yang harus diikuti oleh ibu hamil pada saat tes laboratorium yaitu sebagai berikut.

  1. Pasien Mendaftar di loket pendaftaran puskesmas.
  2. Selanjutnya pasien menuju ke Poli KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).
  3. Dari unit pelayanan Poli KIA biasanya akan merujuk ke laboratorium.
  4. Kemudian pasien menyerahkan formulir rujukan ke laboratorium.
  5. Tunggu beberapa saat sampai ada panggilan dari petugas laboratorium.
  6. Setelah itu, petugas melakukan beberapa jenis pemeriksaan laboratorium sesuai rujukan.
  7. Bagi pasien umum atau tanpa BPJS, mereka diharuskan membayar biaya cek lab ibu hamil di puskesmas, lebih tepatnya di ruang laboratorium.
  8. Terakhir pasien membawa serta menyerahkan hasil pemeriksaan lab ke unit pelayanan yang merujuk untuk dijelaskan terkait hasil pemeriksaannya.

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Puskesmas

Rincian Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Puskesmas

Setelah mengetahui semua jenis pemeriksaan beserta prosedur pelaksanaannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti besaran biaya cek lab ibu hamil di puskesmas. Perlu diingat, besaran biaya atau tarif pemeriksaan tersebut bisa saja berbeda di beberapa wilayah, tergantung pada kebijakan masing-masing puskesmas.

Pertama-tama, pasien diwajibkan membayar biaya administrasi pendaftaran kurang lebih sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 serta membayar biaya tes kehamilan sebesar Rp 14.000. Selanjutnya pasien akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan laboratorium. Berikut ini adalah rincian biaya beberapa jenis pemeriksaan lab ibu hamil di puskesmas.

Darah Lengkap

Nama PemeriksaanBiaya
Darah lengkap (Hematologi Analizer)Rp 27.500
Darah lengkapRp 9.000
HbRp 4.500
Golongan darahRp 10.000

Urine Lengkap

Nama PemeriksaanBiaya
Urine lengkapRp 11.000
AlbuminRp 9.500
ReduksiRp 9.500

Kimia Klinik

Nama PemeriksaanBiaya
Gula darah puasaRp 11.000
2 JPPRp 11.000
Gula darah sewaktuRp 11.000

Fungsi Hati

Nama PemeriksaanBiaya
SGOTRp 7.000
SGPTRp 7.000
AlbuminRp 7.000

Lemak Darah

Nama PemeriksaanBiaya
Cholesterol totalRp 9.000
TrigliseridaRp 9.000

Tes Imunologi

Nama PemeriksaanBiaya
Widal Rp 11.000

Seperti halnya PERSALINAN NORMAL DI PUSKESMAS, pengecekan lab ibu hamil juga gratis bagi pasien peserta BPJS Kesehatan. Namun, pastikan bahwa kalian memenuhi semua syarat beserta ketentuan yang diberlakukan bagi pasien BPJS oleh pihak puskesmas terkait.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif jasa pengecekan lab ibu hamil di puskesmas bisa berbeda untuk beberapa wilayah. Selain itu, jika pasien termasuk ke dalam peserta BPJS, maka mereka tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis, asalkan memenuhi semua ketentuannya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya cek lab ibu hamil di puskesmas untuk semua jenis pemeriksaan baik itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan tes laboratorium di puskesmas terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *