Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya CT Scan

Biaya CT Scan

Biaya CT Scan – CT scan atau Computerized Tomography ialah sebuah teknologi di dalam dunia kedokteran yang sudah dikenal sejak awal tahun 1970. Sejak saat kemunculannya itulah CT scan menjadi suatu alat pemindaian penting di dunia medis.

Teknologi CT scan bekerja dengan cara menggabungkan serangkaian pemindai X-ray dengan pengambilan dari beberapa sudut berbeda. Setelah itu, hasil pemindaian tersebut akan diproses oleh komputer agar mendapatkan hasil gambar tulang serta jaringan lunak di dalam tubuh.

Saat ini hampir seluruh rumah sakit di Indonesia menawarkan teknologi CT scan kepada para pasiennya, salah satunya yaitu RSUD MARGONO PURWOKERTO. Tentunya setiap rumah sakit juga menentukan biaya atau tarif untuk fasilitas pemindaian CT.

Oleh sebab itu, ketika kalian hendak berobat menggunakan fasilitas CT scan, penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai besaran biaya layanannya. Nah, kali ini kami akan memberikan kisaran biaya CT scan secara lengkap di beberapa rumah sakit dalam negeri.

Apa Itu CT Scan

Apa Itu CT Scan

CT scan merupakan sebuah teknologi pemeriksaan kondisi tubuh secara mendalam menggunakan komputer dan mesin dengan pancaran sinar X. Alat ini bisa digunakan untuk melihat kondisi bagian tubuh paling rinci sepert kepala, bahu, tulang belakang, jantung, perut, lutut hingga dada pasien.

Alat pemindaian CT memiliki bentuk berupa mesin dengan lubang seperti terowongan serta mempunyai tempat berbaring untuk pasien di dalamnya. Orang yang mengoperasikan dan bertanggung jawab terhadap alat tersebut bisanya sering disebut dengan CT radiographer.

Kegunaan CT Scan

Kegunaan CT Scan

Sebelum membahas biaya CT scan lebih lanjut, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu mengenai tujuan atau kegunaan dari peralatan medis ini. Selain digunakan untuk pasien orang dewasa, alat pemindaian CT tersebut juga dapat digunakan untuk pasien anak-anak. Berikut adalah beberapa kegunaan CT scan di rumah sakit.

  • Mendiagnosis gangguan tulang dan otot.
  • Menentukan lokasi tumor.
  • Sebagai bagian dari prosedur lain seperti saat melakukan operasi bedah, biopsi atau terapi radiasi.
  • Mendeteksi serta memantau penyakit tertentu.
  • Memantau efektivitas pengobatan tertentu.
  • Mendeteksi cedera ataupun pendarahan di bagian dalam tubuh.

Biaya CT Scan

Biaya CT Scan Terbaru

Setelah mengetahui apa itu CT scan serta apa saja kegunaannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa kisaran biaya yang dibutuhkan ketika hendak menggunakan layanan tersebut. Biasanya beberapa rumah sakit swasta di Indonesia mematok biaya CT scan mulai dari Rp 800.000 sampai dengan Rp 3.500.000.

Tentunya besaran biaya tersebut tergantung dari rumah sakit, kelas perawatan serta bagian tubuh mana yang akan diperiksa. Khusus bagi pasien BPJS, mereka tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, asalkan sesuai dengan ketentuan dan indikasi medis bersangkutan.

Cara Kerja CT Scan

Cara Kerja CT Scan

Kurang lengkap rasanya apabila kalian mengerti kisaran biaya CT scan di rumah sakit dalam negeri, namun tidak tahu bagaimana prosedur penggunaannya. Sebenarnya alat tersebut bekerja dengan cara penyinaran sinar X di berbagai sudut sehingga membentuk gambar tiga dimensi dari bagian tubuh.

Lalu, komputer akan mengolah gambar dari sinar X tersebut agar menghasilkan citraan tiga dimensi untuk menunjukkan kondisi organ tubuh yang dipindai. Sehingga dengan alat ini dokter bisa memeriksa secara detail organ dalam rubuh seperti otak, paru-paru hingga pembuluh darah.

Hasil CT Scan

Hasil

Biasanya hasil CT scan akan disimpan sebagai data elektronik dan bisa dilihat di layar komputer. Kemudian dokter spesialis radiologi akan menganalisis gambar pemindaian lalu mengirimkan laporannya kepada pihak rumah sakit serta pasien.

Jika tidak ditemukannya tumor, gumpalan darah, patah tulang atau kelainan lainnya, maka hasil pemindaian tersebut terbilang normal. Namun, jika ditemukan kelainan tertentu pada hasil CT scan, maka pasien mungkin memerlukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut.

Efek Samping CT Scan

Efek Samping

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai pengertian serta kisaran biaya CT scan di berbagai macam rumah sakit. Meskipun secara umum pemindaian CT merupakan prosedur yang relatif aman, namun tidak menutup kemungkinan jika akan terjadi resiko dan efek samping kepada para pasien. Nah, di bawah ini adalah beberapa efek samping dari penggunaan CT scan pada tubuh.

1. Paparan Radiasi

Selama proses CT scan berlangsung, pasien akan terpapar radiasi dalam waktu singkat. Jika dibandingkan dengan rontgen, kadar radiasi pada pemindaian ini jauh lebih besar karena hasil gambar juga lebih detail. Meskipun demikian, kadar radiasi tersebut cenderung rendah serta tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh pasien.

2. Gangguan Pada Bayi Dalam Kandungan

Untuk pasien wanita yang sedang hamil, sebaiknya informasikan kehamilan terlebih dahulu kepada dokter. Memang benar jika radiasi pemindaian CT tidak berbahaya terhadap janin, namun alangkah baiknya gunakan pemeriksaan lain seperti USG ataupun MRI guna meminimalisir paparan radiasi pada calon bayi.

3. Reaksi Terhadap Cairan Kontras

Mungkin efek samping ini sangat jarang dirasakan oleh para pasien. Masuknya cairan kontras ke dalam tubuh sebelum dilakukan pemindaian CT dapat menimbulkan masalah medis maupun reaksi alergi seperti ruam hingga kulit terasa gatal. Sementara kebocoran cairan kontras bisa menyebabkan rasa nyeri, bengkak sampai kulit merah.

FAQ

Berapa Lama Proses CT Scan Berlangsung?

Umumnya proses pemindaian CT berlangsung selama 30 menit hingga 60 menit.

Berapa Lama Hasil CT Scan Keluar?

Hasil CT scan biasanya akan keluar 1 hari sampai 2 hari setelah proses pemeriksaan.

Itulah sekiranya penjelasan seputar biaya CT scan beserta pengertian, kegunaan, cara kerja hingga efek sampingnya versi Biayatarif. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak mempersiapkan biaya untuk melakukan CT scan di rumah sakit.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *