Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya USG Kepala di Prodia 2021 (Pasien Bayi & Dewasa)

Biaya USG Kepala di Prodia

Biaya USG Kepala di Prodia – Sebagaimana diketahui, USG merupakan sebuah prosedur di dalam dunia medis guna mendeteksi sejumlah penyakit di dalam tubuh seseorang. Dimana prosedur tersebut dapat dilakukan untuk mendapat gambaran di dalam organ tubuh manusia, salah satunya yaitu kepala.

Umumnya USG kepala dilakukan untuk mendiagnosis adanya kelainan otak pada bayi, cedera atau pendarahan, kelainan lahir, infeksi, tumor hingga gangguan saraf otak. USG kepala juga kerap dilakukan oleh orang dewasa untuk mendeteksi lokasi tumor ketika hendak menjalani prosedur operasi bedah.

Saat ini USG kepala juga sudah dapat dilakukan oleh seseorang di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Prodia. Biasanya prosedur USG kepala di Klinik Laboratorium Prodia tersebut juga termasuk ke dalam layanan MEDICAL CHECK UP.

Namun, sebelum kalian mengunjungi cabang Klinik Lab Prodia terdekat untuk menjalani USG kepala, ada baiknya ketahui terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, kali ini kami akan memberikan estimasi biaya USG kepala di Prodia semua cabang dilengkapi prosedur beserta efek sampingnya.

Tujuan USG Kepala

Tujuan USG Kepala

Seperti dijelaskan sebelumnya, tujuan utama dari USG kepala yaitu untuk melihat gambaran organ di dalam kepala seseorang. Selain itu, terdapat juga beberapa fungsi lainnya dalam prosedur USG kepala. Adapun beberapa tujuan USG kepala baik itu untuk bayi atau orang dewasa tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Memeriksa kondisi bayi yang terlahir secara prematur.
  • Menemukan adanya pendarahan otak.
  • Memeriksa potensi leukomalacia pariventricular (PVL).
  • Mendiagnosis adanya permasalahan otak bawaan lahir.
  • Mendeteksi penyebab kepala anak tumbuh terlalu besar.
  • Mendiagnosis infeksi atau pertumbuhan abnormal di sekitar otak.
  • Memeriksa stenosis (penyempitan pada pembuluh darah akibat aterosklerosis).
  • Memeriksa vasospasme (penyempitan sementara pembuluh darah).

Indikasi USG Kepala

Indikasi USG

Dokter biasanya akan menganjurkan pasiennya untuk menjalani USG kepala karena beberapa faktor. Sebelum pembahasan biaya USG kepala di Prodia berlanjut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu sejumlah kondisi ataupun gejala yang membutuhkan USG kepala di bawah ini.

  • Mengalami peningkatan ukuran kepala pada bayi yang tidak normal.
  • Bayi terlahir prematur.
  • Adanya fontanel menonjol.
  • Pasien dewasa membutuhkan operasi otak.
  • Gejala permasalahan otak serta saraf lainnya.

Prosedur USG Kepala di Prodia

Prosedur USG Kepala di Prodia

Perlu diketahui, selain wajib membayar biaya USG kepala di Prodia, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh arahan petugas medis di dalam pelaksanaan prosedur pemeriksaannya. Secara garis besar, USG kepala di Klinik Laboratorium Prodia tidak membutuhkan persiapan khusus dari pasien.

Prosedur USG kepala di Klinik Laboratorium Prodia tentunya akan berbeda dengan prosedur CT scan kepala di rumah sakit. Daripada penasaran, berikut adalah prosedur USG kepala di Klinik Laboratorium Prodia, entah itu untuk pasien bayi ataupun dewasa.

Pasien Bayi

  1. Pertama-tama, bayi diminta dibaringkan di tempat pemeriksaan maupun di lengan orang tua.
  2. Nantinya ruangan akan diredupkan sedikit supaya gambar bisa terlihat lebih jelas.
  3. Kemudian petugas medis mulai memberikan gel hangat pada kepala bayi.
  4. Selanjutnya petugas medis menggerak-gerakkan transduser secara perlahan pada bagian kepala bayi.
  5. Gelombang suara dari alat transduser tersebut nantinya akan menghasilkan gambaran isi kepala di layar monitor.

Pasien Dewasa

  1. Pasien diminta berbaring di meja pemeriksaan atau duduk secara tegak di kursi pemeriksaan.
  2. Lalu petugas medis mulai memberikan gel pada bagian leher belakang, atas lateral tulang pipi, di depan telinga ataupun di atas kelopak mata.
  3. Kemudian transduser mulai di tekan secara lembut di area yang sudah diberi gel.
  4. Selama proses USG kepala berlangsung, pasien diminta untuk tidak membuat gerakan.

Biaya USG Kepala di Prodia

Biaya USG Kepala di Prodia Semua Cabang

Seperti dijelaskan sebelumnya, prosedur USG kepala tentu memiliki perbedaan dengan kegiatan CT scan kepala. Oleh sebab itu, tentunya biaya USG kepala di Klinik Laboratorium Prodia akan jauh lebih murah dibandingkan dengan BIAYA CT SCAN KEPALA di rumah sakit ataupun klinik umum lainnya.

Umumnya, setiap cabang Klinik Lab Prodia mematok tarif atau harga jasa pelayanan USG kepala serupa, yaitu di mulai dari Rp 877.000 per pemeriksaan. Dimana di dalam besaran biaya tersebut biasanya sudah termasuk biaya registrasi pasien, biaya pemeriksaan hingga pencetakan hasil USG kepala.

Jika pihak petugas medis tidak menemukan adanya gejala tidak normal pada kepala pasien, maka mereka biasanya langsung diperbolehkan untuk pulang. Sementara jika terdapat gejala abnormal pada kepala pasien, dokter umumnya akan memberikan arahan mengenai tindakan medis lanjutan untuk menanganinya.

Efek Samping USG Kepala

Efek Samping USG

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai estimasi biaya USG kepala di semua cabang Klinik Laboratorium Prodia. Pasien tidak perlu khawatir karena secara garis besar USG kepala tidak akan menimbulkan efek samping atau risiko serius.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab USG kepala di Prodia tidak menggunakan radiasi sinar X sehingga tidak ada efek samping yang fatal, khususnya pada bayi. Hanya saja mungkin pasien akan merasa tidak nyaman saat gel dioleskan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa prosedur USG kepala di Prodia tentu berbeda dengan prosedur CT scan. Sementara dari segi biaya atau tarif jasa pemeriksaannya sebenarnya tidak akan jauh berbeda di semua cabang Klinik Prodia.

Demikian sekiranya informasi dari Biayatarif seputar estimasi biaya USG kepala di Prodia semua cabang dilengkapi prosedur beserta efek sampingnya. Semoga ulasan di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin kondisi kepala di Klinik Laboratorium Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *