Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Kejar Paket C 2022 : Jurusan, Syarat & Cara Daftar

Biaya Kejar Paket C

Biaya Kejar Paket C – Dunia pendidikan kini sudah semakin maju, banyak orang berbondong-bondong untuk mengejar ketertinggalannya dalam dunia pendidikan demi mendapatkan sebuah pekerjaan yang lebih layak. Selain harus memiliki ijazah SD dan SMP, saat ini kebanyakan perusahaan sudah menaikkan tarafnya bagi karyawan untuk memiliki ijazah minimal SMA/SMK/sederajat.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak kalangan masyarakat Indonesia yang belum mengantongi ijazah SMA. Meskipun demikian, jangan khawatir karena sebenarnya saat ini ada sebuah cara yang bisa mereka manfaatkan agar bisa mengejar ketertinggalan di dunia pendidikan tersebut, yaitu dengan mengikuti program kejar paket C.

Dimana kejar paket C sendiri merupakan sebuah istilah yang seringkali digunakan untuk mengikuti ujian paket C atau mendapatkan ijazah setara SMA maupun SMK. Untuk proses penyelenggaraannya sendiri tergantung dari lembaga yang melaksanakan program tersebut. Selain itu, pastinya setiap lembaga penyelenggara kejar paket C juga mempunyai ketentuan mengenai uang pendidikannya.

Oleh karena itu, apabila kalian berencana mengikuti program pendidikan kejar paket C, ada baiknya pahami terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya kejar paket C di seluruh wilayah Indonesia dilengkapi syarat dan ketentuannya.

Seputar Kejar Paket C

Seputar Kejar Paket C

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya kejar paket C lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, paket C merupakan sebuah program pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga serta diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin mendapatkan ijazah SMA tanpa harus sekolah formal terlebih dahulu.

Namun, perlu diingat bahwa program kejar paket C tersebut diselenggarakan oleh lembaga yang berada di dalam naungan pemerintah atau lebih dikenal dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Dimana hadirnya lembaga tersebut berguna untuk membantu masyarakat yang ingin mendapatkan ijazah SMA akan tetapi terkendala mengenai biaya atau pun sudah berusia tidak produktif lagi dalam melanjutkan sekolah formal.

Pada umumnya, sistem belajar kejar paket C berlangsung selama 3 hari dalam seminggu dan dapat dilakukan di rumah atau biasa disebut dengan istilah home schooling. Menariknya lagi, orang yang memiliki umur tidak produktif lagi biasanya mereka menjalankan program kejar paket C lebih cepat dari lembaga formal lainnya, yaitu hanya sampai 4 semester atau dua tahun saja untuk mendapat ijazah.

Sementara bagi orang yang masih muda, mereka akan menjalankan program kejar paket C hampir sama dengan program pendidikan sekolah pada umumnya. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan mengenai jam belajarnya. Pasalnya, jam belajar program kejar paket C disesuaikan dengan orang yang mengikutinya, biasanya hanya tiga kali dalam seminggu.

Syarat Kejar Paket C

Selain biaya administrasi atau uang pendidikannya, pihak lembaga penyedia PKBM juga menentukan beberapa persyaratan lainnya untuk program kejar paket C. Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah syarat dan ketentuan hingga cara pendaftaran kejar paket C di lembaga PKBM.

  • Langkah pertama yaitu mencari lembaga PKBM yang menyelenggarakan program kejar paket C.
    • PKBM masih berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. PKBM sendiri saat ini sudah tersebar di beberapa kota atau daerah di Indonesia dan umumnya didirikan oleh pihak swasta.
  • Mempersiapkan dokumen pendaftaran kejar paket C.
    • Meskipun setiap PKBM mempunyai kebijakan yang berbeda-beda, namun biasanya mereka hanya akan membutuhkan beberapa berkas seperti fotokopi ijazah SMP yang sudah dilegalisir, pas foto ukuran 3×4, serta formulir pendaftaran sesuai lembaga PKBM yang bersangkutan.
  • Kirimkan dokumen persyaratan ke penyelenggara program paket C.
    • Pengiriman berkas persyaratan pendaftaran kejar paket C bisa dilakukan melalui email dengan melakukan scan dokumen-dokumen terlebih dahulu, melalui jalur pos ataupun diserahkan secara langsung ke alamat pendaftaran.
  • Memperhatikan periode pendaftaran kejar paket C.
    • Umumnya program kejar paket C dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun.
  • Peserta kejar paket C tidak terbatas untuk WNI.
    • Artinya program pendidikan kejar paket C tidak hanya berlaku untuk WNI saja, namun juga bisa dimanfaatkan oleh WNA.

Biaya Kejar Paket C

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga syarat dan ketentuan pendaftaran program kejar paket C, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besaran biaya administrasi atau uang pendidikannya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya besaran uang pendidikan kejar paket C sendiri ditentukan sesuai kebijakan pihak PKBM sebagai penyelenggara.

Sama seperti halnya biaya kejar paket B, besaran biaya kejar paket C akan jauh lebih murah ketimbang biaya untuk menempuh pendidikan SMA secara formal. Biasanya, rata-rata pihak PKMB penyelenggara program pendidikan paket C mematok biaya pendaftaran mulai dari Rp 200.000 per siswa.

Selain itu, untuk mengikuti bimbingan sebelum ujian paket C, kalian juga diharuskan membayar sejumlah biaya. Dimana untuk program kejar paket C jurusan IPS, kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 3.000.000, sementara jurusan IPA kurang lebih sekitar Rp 4.000.000.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa besaran biaya kejar paket C di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung pada peraturan serta kebijakan dari pihak penyelenggaranya. Setelah mendapatkan ijazah kejar paket C, maka siswa juga bisa memanfaatkannya untuk menempuh jenjang ke perguruan tinggi, salah satunya yaitu di Bina Sarana Informatika.

Tips Kejar Paket C

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya kejar paket C untuk semua jurusan dilengkapi dengan syarat hingga tata cara pendaftarannya. Nah, sebelum kalian resmi mengikuti program kejar paket C di lembaga penyelenggara, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan supaya proses belajar yang dijalani lancar, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mencari PKBM sesuai dengan domisili atau tempat tinggal.
  • Persiapkan semua dokumen atau berkas persyaratannya.
  • Kirimkan dokumen persyaratan tersebut ke pihak PKBM pilihan.
  • Selalu memperhatikan jadwal atau periode pendaftaran kejar paket C, biasanya pada bulan Juni dan Oktober.
  • Persiapkan semua kebutuhan mengenai biaya atau uang pendidikannya.

Kesimpulan

Demikian sekiranya pembahasan seputar biaya kejar paket C di semua PKBM seluruh wilayah Indonesia dilengkapi dengan syarat hingga tata cara pendaftarannya versi Biayatarif. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengikuti program kejar paket C.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *