Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Menjadi Staff Penerbangan 2022 : Syarat & Cara Daftar

Biaya Menjadi Staff Penerbangan
Advertisements

Biaya Menjadi Staff Penerbangan – Selain pramugari, staff penerbangan atau juga biasa dikenal dengan sebutan staff airlines dan ground staff merupakan salah satu alternatif profesi tergolong cukup bergengsi di dunia penerbangan. Maka dari itu, saat ini cukup banyak anak-anak muda tertarik untuk terjun dan berkarir di bidang tersebut.

Perlu diketahui, profesi staff penerbangan sendiri sebenarnya memiliki peran penting dalam kelancaran proses penerbangan. Namun sayangnya, minimnya informasi terkait profesi staff penerbangan membuat sebagian besar orang kebingungan dan tidak tahu bagaimana prosedur pendaftarannya.

Untuk saat ini, sebenarnya terdapat cukup banyak maskapai penerbangan yang sudah membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi staff penerbangan. Akan tetapi, setiap orang yang hendak mendaftarkan diri menjadi staff penerbangan, pastinya mereka perlu memenuhi beberapa syarat beserta ketentuannya, salah satunya yaitu mengenai biayanya.

Advertisements

Nah, jika kalian berencana mendaftarkan diri menjadi staff penerbangan di salah satu maskapai penerbangan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas besaran biaya menjadi staff penerbangan semua maskapai penerbangan, mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya pendidikannya.

Advertisements

Peran & Tugas Staff Penerbangan

Peran Tugas Staff Penerbangan
Advertisements

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya menjadi staff penerbangan berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Staff penerbangan merupakan personil yang bertugas dalam memberikan pelayanan kepada penumpang entah itu pelayanan sebelum keberangkatan (Pre Flight Service) maupun pelayanan sesudah penerbangan (After Flight Service).

Dengan begitu, staff penerbangan bisa dikatakan menjadi salah satu komponen penting dalam operasi penerbangan sebuah maskapai. Sebagai seorang staff penerbangan, tentunya mereka akan dibebankan tugas dan tanggung jawab dalam melayani penumpang. Adapun beberapa tugas serta peran staff penerbangan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Memandu penumpang dalam melakukan pemesanan tiket.
  • Mendukung operasional pesawat.
  • Melayani penumpang ketika melakukan proses check-in.
  • Melakukan penerbitan boarding pass.
  • Melayani penitipan bagasi penumpang.
  • Melakukan pengecekan visa paspor penumpang.

Cara Menjadi Staff Penerbangan

Untuk menjadi staff penerbangan, tentunya kalian perlu mengikuti serangkaian proses rekruitmen dari pihak maskapai. Tidak hanya seputar memasukkan lamaran dan diterima begitu saja, namun mereka juga nantinya perlu mengikuti sejumlah tes seleksi ujian masuk staff penerbangan.

Saran kami sebaiknya kalian berusaha lebih aktif dengan sering-sering membuka situs maskapai penerbangan lowongan kerja. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sebagian besar informasi lowongan yang terdapat di internet kurang valid jika bukan dari website resminya.

Berbeda halnya dengan informasi lowongan pekerjaan dari bursa kerja sekolah penerbangan, sebab mereka sudah bekerja sama dengan maskapai seperti PSPP Penerbangan. Perlu diingat, untuk menjadi seorang staff penerbangan, kalian perlu mempersiapkan mental dengan matang sejak awal.

Syarat Menjadi Staff Penerbangan

Seperti dijelaskan sebelumnya, menjadi staff penerbangan bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan terdapat sejumlah komponen penting perlu dipersiapkan, mulai dari syarat fisik hingga biaya administrasi menjadi staff penerbangan.

Dengan kata lain, sebelum memasuki tahap tes pelamar wajib memenuhi sejumlah kualifikasi atau syarat tertentu sesuai kebijakan masing-masing perusahaan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap apa saja syarat beserta ketentuan menjadi staff penerbangan.

  • Pria atau wanita berusia minimal 18 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat.
  • Dalam keadaan sehat jasmani serta rohani.
  • Tidak buta warna serta hepatitis.
  • Mempunyai tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 158 cm untuk wanita.
  • Belum pernah menikah.
  • Berkelakuan baik serta berkepribadian menarik.
  • Tidak pernah terlibat dalam segala macam tindakan melanggar hukum.
  • Mempunyai berat badan proporsional.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Biaya Menjadi Staff Penerbangan

Setelah mengetahui syarat beserta ketentuan hingga cara menjadi staff penerbangan, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya administrasinya. Untuk saat ini sebenarnya biaya administrasi untuk menjadi staff penerbangan terbagi menjadi dua jenis, yaitu biaya pendaftaran serta biaya pendidikan atau pelatihan.

Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya untuk melamar pekerjaan atau profesi tersebut sebenarnya tergantung pada masing-masing perusahaan maskapai penerbangannya. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya menjadi staff penerbangan untuk semua maskapai di Indonesia.

Biaya Pendaftaran

Komponen pertama ketika seseorang hendak mendaftarkan diri menjadi staff penerbangan di salah satu maskapai yaitu tentang biaya registrasinya. Nah, keuntungan melamar pekerjaan menjadi staff penerbangan yaitu kalian tidak akan dikenai biaya pendaftaran alias gratis. Hanya saja nantinya kalian mungkin membutuhkan biaya untuk modal transportasinya.

Biaya Pendidikan

Selanjutnya yaitu ada biaya pendidikan atau pelatihan staff penerbangan. Hal ini sebenarnya hampir sama seperti saat seseorang ingin menjadi pramugari Garuda Indonesia. Besaran biaya pendidikan untuk menjadi staff penerbangan juga pastinya berbeda di setiap sekolah penerbangan.

Namun, umumnya beberapa sekolah penerbangan mematok biaya pendidikan atau pelatihan staff penerbangan mulai dari Rp 20.000.000 sampai Rp 30.000.000. Dimana biaya pendidikan staff penerbangan dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti kelengkapan fasilitas, akreditasi sekolah, program pendidikan hingga lisensinya.

Di dalam besaran biaya pendidikan staff penerbangan tersebut, biasanya seseorang akan mendapatkan sejumlah fasilitas seperti di bawah ini.

  • Fasilitas pelatihan seperti seragam, atribut beserta perlengkapannya, name tag.
  • Seluruh pelajaran di dalam kelas.
  • Seluruh praktikum (visit bandara dan observasi bandara).
  • Seluruh kunjungan.

Gaji Staff Penerbangan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai syarat dan cara hingga biaya menjadi staff penerbangan di semua maskapai. Secara garis besar, setiap maskapai penerbangan memberikan gaji pokok cukup bervariasi bagi para staffnya.

Akan tetapi, menurut dari beberapa alumni PSPP Penerbangan yang telah berkarir sebagai staff penerbangan, mereka menyebutkan bahwa gaji pokoknya berada di kisaran Rp 4.000.000 sampai Rp 5.000.000 untuk kategori junior, hampir sama seperti gaji pramugari kereta api. Nah, jika di totalkan secara keseluruhan dengan tunjangan serta uang lembur, maka total gaji staff penerbangan bisa mencapai angka Rp 6.000.000 hingga Rp 7.000.000.

Tips Lolos Tes Wawancara Menjadi Staff Penerbangan

Agar bisa lolos kemudian menjadi staff penerbangan, tentunya kalian harus benar-benar bisa melewati semua tes atau ujian seleksi masuknya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan sejumlah tips supaya lolos tes interview atau wawancara menjadi staff penerbangan.

  • Berpenampilan menarik namun tidak dengan berdandan menor.
  • Datangi tempat tes interview tepat waktu.
  • Jaga kontak mata.
  • Jangan bersikap gugup.
  • Tetap sopan.
  • Tunjukan sikap baik.
  • Mengetahui informasi perusahaan serta informasi pekerjaan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini untuk menjadi staff penerbangan, seseorang perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuannya. Dimana komponen biaya menjadi salah satu hal paling penting ketika ingin melamar pekerjaan atau profesi di dalam dunia penerbangan tersebut.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya menjadi staff penerbangan untuk semua maskapai di Indonesia dilengkapi syarat hingga tata cara pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin melamar pekerjaan menjadi staff penerbangan.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.