Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Biaya Sekolah Parkir Pesawat 2022 : Tugas, Syarat & Gaji

Biaya Sekolah Parkir Pesawat

Biaya Sekolah Parkir Pesawat – Meskipun seringkali luput dari pengawasan, profesi marshaller atau juru parkir pesawat memegang perawanan penting dai dalam dunia penerbangan. Selain itu, profesi tersebut juga dinilai menjadi peluang pekerjaan yang menjanjikan karena gajinya tergolong cukup besar sehingga mampu menarik minat masyarakat di Indonesia.

Akan tetapi, untuk dapat menjadi seorang juru parkir pesawat, dibutuhkan adanya pengetahuan tentang dunia penerbangan sehingga kalian harus menyelesaikan jenjang pendidikannya. Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak perusahaan yang menyediakan pendidikan bagi masyarakat yang hendak mendaftarkan diri menjadi juru parkir pesawat.

Akan tetapi, tentunya setiap orang yang hendak melanjutkan jenjang pendidikan menjadi seorang juru parkir pesawat perlu memenuhi beberapa syarat beserta ketentuannya. Adapun salah satu syarat utama supaya proses pendaftaran sekolah aircraft marshaller dapat diterima dan disetujui yaitu melunasi semua biaya pendidikannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana mendaftarkan diri sekolah menjadi juru parkir pesawat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya sekolah parkir pesawat di semua lembaga dilengkapi syarat pendaftarannya.

Tugas Parkir Pesawat

Tugas Parkir Pesawat

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, juru parkir pesawat atau biasa disebut juga dengan nama marshaller merupakan seseorang yang dilatih untuk mengarahkan pesawat dengan cara visual untuk tiba di darat, masuk landasan dan keluar dari titik pendaratan hingga parkir. Pada intinya, marshaller ialah orang yang mengarahkan pesawat pada posisi tepat di landasan parkir bandara.

Kesehatan

Juru parkir pesawat melakukan tugasnya dengan menerapkan sintal marshalling. Dimana sinyal marshalling sendiri berbentuk gerakan tubuh untuk berkomunikasi dengan pilot secara visual tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa tugas juru parkir pesawat.

  • Memberi pedoman kepada para pilot melalui gerakan tangan atau lengan.
  • Menjadi pedoman sinyal bagi pesawat untuk masuk atau keluar dari apron bandara.
  • Menjadi alternatif komunikasi radio oleh pilot ketika hendak parkir atau keluar dari apron bandara.
  • Menjadi pedoman pilot pada saat pandangan terhambat oleh kondisi cuaca atau bandara.

Pada umumnya, juru parkir pesawat akan mendekat ke arah pesawat yang baru tiba di landasan menuju jalan penghubung ke tempat parkir. Sebelum membahas poin utama mengenai biaya sekolah parkir pesawat lebih lanjut, berikut adalah beberapa tugas dan kewajibannya menurut Kementrian Perhubungan.

  • Menghindari kecelakaan penerbangan dengan memastikan apron telah steril sebelum pesawat datang ke landasan pacu.
  • Memastikan supaya pesawat terparkir dengan sempurna.
  • Menjaga kerapian serta ketertiban landasan pacu.

Syarat Daftar Sekolah Parkir Pesawat

Sama halnya seperti saat hendak masuk polwan, tentunya untuk mengikuti pendidikan parkir pesawat dibutuhkan adanya beberapa syarat dan ketentuan. Dimana kebijakan tersebut juga tidak hanya berlaku untuk beberapa lembaga pendidikan parkir pesawat saja, namun juga untuk semua sekolah.

Selain biaya atau uang pendidikan, terdapat juga beberapa syarat dan ketentuan lainnya yang harus dipenuhi oleh calon juru parkir pesawat. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami bahas secara lengkap mengenai sejumlah syarat masuk sekolah parkir pesawat.

  • Syarat usia minimal 18 tahun saat mendaftar.
  • Sudah lulus SMA/SMK/sederajat.
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk dan 160 cm untuk wanita.
  • Tidak mempunyai bekas tindik.
  • Tidak pernah menggunakan tato.
  • Kondisi fisik dalam keadaan sehat.
  • Tidak buta warna.

Selain beberapa syarat dan ketentuan utama pendaftaran sekolah parkir di atas, kalian juga diwajibkan melengkapi beberapa dokumen atau berkas pendukung lainnya. Adapun berkas persyaratan masuk sekolah parkir pesawat tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.
  • Bukti ijazah pendidikan terakhir.
  • SKCK.
  • Surat keterangan sehat dari dokter.
  • Pas foto.

Biaya Sekolah Parkir Pesawat

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan pendaftaran sekolah parkir pesawat, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya pendidikannya. Meskipun disebut sebagai seorang tukang parkir, akan tetapi tugas dan tanggung jawab seorang marshaller dapat dikatakan cukup berat, karena mereka harus siap bertugas disaat panas ataupun hujan, siang maupun malam.

Sama seperti staff penerbangan, sekolah juru parkir pesawat sendiri biasanya dilaksanakan oleh LPK atau Lembaga Pelatihan Kerja yang tersedia di beberapa kota besar. Maka dari itu, biasanya masing-masing lembaga akan memiliki ketentuan mengenai biaya sekolah parkir pesawat yang berbeda-beda.

Namun, pada umumnya besaran uang pendidikan untuk menjadi seorang tukang parkir pesawat tidak akan jauh berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Berikut akan kami berikan rincian biaya sekolah parkir pesawat untuk beberapa Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di sejumlah kota-kota besar di Indonesia.

KeteranganBiaya
Biaya PendaftaranRp 100.000 – Rp 300.000
Biaya PelatihanRp 3.000.000 – Rp 5.000.000
Biaya LisensiRp 5.000.000
Biaya SertifikatRp 100.000 – Rp 500.000

Menurut tabel di atas, total biaya sekolah parkir pesawat mulai dari pendaftaran, pelatihan hingga mendapatkan lisensi berada di kisaran Rp 8.000.000 sampai Rp 12.000.000. Perlu di ingat, besaran uang pendidikan juru parkir pesawat tersebut bisa saja berbeda untuk masing-masing lembaga atau perusahaan.

Untuk lama waktu pelatihan di dalam sekolah parkir pesawat sebenarnya tidak akan terlalu lama, yaitu sekitar 1 tahun bagi mereka yang belum pernah mengikuti pendidikan apapun. Akan tetapi, apabila pendaftar sudah menguasai kemampuan berbahasa Inggris, maka mereka bisa mengikuti pelatihan selama 7 hari sampai 1 bulan saja.

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya sekolah parkir pesawat untuk semua lembaga dilengkapi dengan syarat dan ketentuannya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, menjadi seorang tukang parkir pesawat atau aircraft marshaller merupakan sebuah peluang pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Pasalnya sebagai pekerjaan yang termasuk cukup berisiko, ternyata gaji tukang parkir pesawat di Indonesia mempunyai gaji pokok sekitar Rp 5.000.000 sampai Rp 6.000.000 per bulannya. Pastinya besaran gaji marshaller tersebut belum termasuk dengan tunjangan-tunjangan lainnya pada saat mereka bertugas.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya sekolah parkir pesawat untuk semua lembaga pendidikan dilengkapi dengan syarat hingga ketentuannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mendaftarkan diri menjadi seorang juru parkir pesawat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.