Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay 2022

Biaya Masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay

Biaya Masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay – Pesantren Baitul Arqom ialah salah satu pondok pesantren yang terletak di Jalan Raya Pacet, Lembur Awi KM 09, Ciparay, Bandung, Jawa Barat. Pondok pesantren yang berbasis Islam ini menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai dari TK/PAUD, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah hingga perguruan tinggi agama Islam.

Dimana Ponpes Baitul Arqom Ciparay sendiri bertujuan untuk membentuk generasi muslim yang sesuai dengan mottonya, yaitu berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas serta berkhidmat kepada masyarakat. Oleh sebab itu, Pesantren Baitul Arqom seringkali dijadikan sebagai pilihan favorit untuk sebagian besar masyarakat di wilayah tersebut.

Setiap tahun ajaran baru, pastinya Pondok Pesantren Baitul Arqom Ciparay membuka kesempatan bagi para santri dan santriwati yang ingin melanjutkan pendidikan di ponpes tersebut. Akan tetapi, pastinya mereka diharuskan memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan ketika ingin menempuh jenjang pendidikan di Ponpes Baitul Arqom, salah satunya yaitu tentang biaya atau uang pendidikannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Baitul Arqom Ciparay, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay dilengkapi dengan syarat hingga tata cara pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan Pesantren Baitul Arqom Ciparay

Jenjang Pendidikan Pesantren Baitul Arqom Ciparay

Sebelum pembahasan poin utama mengenai besaran biaya masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenjang pendidikannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini Pondok Pesantren Baitul Arqom Ciparay menyediakan jenjang pendidikan mulai dari TK/PAUD hingga perguruan tinggi.

Kesehatan

Dimana ponpes tersebut menyediakan jenjang pendidikan mulai dari TK/PAUD, Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP), Madrasah Aliyah (setingkat SMA) sampai perguruan tinggi agama Islam. Pastinya jenjang pendidikan tersebut dapat diikuti oleh semua masyarakat Indonesia asalkan memenuhi beberapa syarat dan ketentuannya.

Syarat Masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay

Selain harus membayar biaya masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay, pastinya calon santri dan santriwati juga diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa syarat dan ketentuan masuk Pondok Pesantren Baitul Arqom Ciparay berikut ini.

  • Lulusan SD/MI untuk kelas reguler (masa belajar 6 tahun).
  • Lulusan SMP/MTs untuk kelas intensif (masa belajar 4 tahun).
  • Menyertakan fotokopi ijazah dan SKHUN yang sudah dilegalisir masing-masing sebanyak 2 lembar.
  • Menyertakan NISN.
  • Menyerahkan fotokopi KTP dan akta kelahiran sebanyak 2 lembar.
  • Menyertakan surat keterangan sehat dari dokter.
  • Menyertakan pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 6 lembar.
  • Mengisi formulir pendaftaran serta surat permohonan.
  • Membawa materai.
  • Sanggup untuk bertempat tinggal di asrama.
  • Menyerahkan fotokopi kartu KIP/PKH/KKS (bagi yang memiliki).
  • Semua persyaratan di atas dimasukkan ke dalam map berwarna merah untuk putra dan warna kuning untuk putri.

Cara Daftar Pesantren Baitul Arqom Ciparay

Seperti halnya Pondok Pesantren Darul Hikam Bandung, saat ini proses pendaftaran santri baru di Pesantren Baitul Arqom Ciparay sudah bisa dilakukan secara online. Dimana pendaftaran secara online tersebut nantinya akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak pesantren melalui layanan pesan WhatsApp.

Selain itu, saat ini para santri dan santriwati juga sebenarnya bisa melakukan pendaftaran secara offline dengan cara mendatangi Pesantren Baitul Arqom Ciparay. Untungnya, Pondok Pesantren Baitul Arqom Ciparay sendiri membuka pendaftaran setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Biaya Masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay

Setelah mengetahui beberapa jenjang pendidikan, syarat hingga cara daftar santri baru di Pesantren Baitul Arqom Ciparay, maka selanjutnya kalian juga harus mengetahui besaran biaya ataupun uang pendidikannya. Dimana biasanya besaran biaya pendidikan di Ponpes Baitul Arqom sendiri biasanya ditentukan berdasarkan jenis santrinya.

Untuk saat ini, besaran uang masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay terdiri dari beberapa kategori, mulai dari biaya pendaftaran, biaya kitab penunjang hingga biaya perlengkapan santri. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik besaran baya masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay untuk semua jenjang pendidikan di bawah ini, entah itu bagi santri putra maupun putri.

Biaya Pendaftaran

Pada saat pertama kali mendaftarkan diri, calon santri diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran, baik itu santri putra maupun putri. Adapun besaran biaya pendaftaran tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

KeteranganBiaya
Uang PangkalRp 150.000
Uang Pemeliharaan GedungRp 200.000
Infaq Pendidikan dan PengajaranRp 555.000
Uang Makan 1 BulanRp 280.000
Uang Map RapotRp 25.000
Uang KalenderRp 25.000
Infaq QurbanRp 50.000
TotalRp 1.285.000

Perlu diketahui, biaya di atas hanya berlaku untuk bulan pertama pada saat santri baru masuk ke Pesantren Baitul Arqom Ciparay. Kemudian untuk biaya selanjutnya setiap bulan yaitu sebesar Rp 440.000 yang terdiri dari uang makan hingga infaq pendidikan dan pengajaran.

Biaya Kitab Penunjang

Berikutnya pihak Pesantren Baitul Arqom Ciparay juga mempunyai ketentuan mengenai biaya kitab penunjang. Dimana untuk besaran biaya kitab penunjang bagi santri putra dan putri sendiri sebenarnya sama saja.

KeteranganBiaya
Bahasa Arab (Durusul Lughah 1)Rp 30.000
Bahasa Arab (Durusul Lughah 2)Rp 30.000
Pelajaran Fiqih 1Rp 18.000
Pelajaran Fiqih 2Rp 18.000
Pelajaran TajwidRp 10.000
Pelajaran Tajwid 2Rp 15.000
UshuluddinRp 18.000
Muthalaah ArabiyyahRp 25.000
English LessonRp 30.000
Tarikh IslamRp 35.000
Kamus Durusul Lughoh Rp 155.000
Kamus Durusul Lughoh IIRp 15.000
TotalRp 259.000

Biaya Perlengkapan

Di dalam biaya masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay juga terdapat biaya perlengkapan yang harus dibayarkan selama santri tinggal di asrama. Adapun besaran biaya perlengkapan santri putra dan putri ketika masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Putra

KeteranganBiaya
Sewa Almari 1 TahunRp 175.000
KasurRp 300.000
Seragam (3 pasang)Rp 480.000
Seragam OlahragaRp 115.000
Seragam PerpulanganRp 90.000
Bed SeragamRp 10.000
Uang Kegiatan OSBA/KOOR 1 TahunRp 75.000
Buku MuhadhorohRp 15.000
Buku Kosa Kata BahasaRp 15.000
Buku ConversationRp 15.000
Buku PramukaRp 15.000
Perlengkapan PramukaRp 55.000
Buku Kegiatan CeramahRp 15.000
TotalRp 1.375.000

Putri

KeteranganBiaya
Sewa Almari 1 TahunRp 175.000
KasurRp 300.000
Seragam + Kerudung (3 pasang)Rp 630.000
Seragam Olahraga + KerudungRp 170.000
Seragam PerpulanganRp 90.000
Papan Nama 2 buahRp 30.000
Bros Almamater 2 buahRp 30.000
Uang Kegiatan OSBA/KOOR 1 TahunRp 75.000
Buku MuhadhorohRp 15.000
Buku Kosa Kata BahasaRp 15.000
Buku ConversationRp 15.000
Buku PramukaRp 15.000
Buku Kegiatan Ceramah AgamaRp 15.000
Perlengkapan PramukaRp 55.000
Buku Kegiatan CeramahRp 15.000
TotalRp 1.604.000

Call Center Baitul Arqom Ciparay

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay untuk santri putra dan putri dilengkapi syarat hingga tata cara pendaftarannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung ke pihak Ponpes Baitul Arqom Ciparay melalui beberapa contact center berikut ini.

  • WhatsApp : 081 363534 1
  • Email : admin@baitularqom.id / ponpes.batar@gmail.com
  • Facebook : @pondokpesantrenbaitularqom
  • Instagram : @baitularqom

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya masuk Pesantren Baitul Arqom Ciparay dilengkapi dengan syarat hingga tata cara pendaftarannya, entah itu bagi santri putra maupun putri. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mendaftarkan diri di Ponpes Baitul Arqom Ciparay.

Sumber gambar : edisi.co.id

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.