Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

5 Biaya Masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi 2022 : Putra & Putri

Biaya Masuk Pesantren Al Matuq Sukabumi

Biaya Masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi – Bagi kalian yang tinggal di wilayah Sukabumi dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Pondok Pesantren Al Ma’tuq. Dimana ponpes yang berada di bawah naungan Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta tersebut menyelenggarakan program pendidikan berbasis agama Islam bagi santri putra dan putri.

Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi menyelenggarakan sistem pendidikan Islam secara optimal dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi guna melahirkan generasi yang unggul dalam berbagai macam bidang. Oleh sebab itu, tak heran apabila Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi menjadi salah satu lembaga pendidikan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia.

Seperti halnya pondok pesantren pada umumnya, pastinya setiap tahun ajaran Ponpes Al Ma’tuq Sukabumi membuka kesempatan bagi para calon peserta didik yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya. Akan tetapi, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon santri ketika ingin menempuh pendidikan di Pesantren Al Ma’tuq, salah satunya yaitu tentang biaya.

Nah, apabila kalian berencana untuk mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi syarat dan cara pendaftarannya.

Jenjang Pendidikan di Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi

Jenjang Pendidikan Pesantren Al Matuq Sukabumi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya masuk Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenjang pendidikannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi menyediakan program pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Kesehatan
  • TKIT Al Ma’tuq
    • Program pendidikan kanak-kanak di bawah naungan Kemendikbud (tidak berasrama).
  • SD Muhammad Al ‘Unaizy
    • Pendidikan Sekolah Dasar 6 Tahun di bawah naungan Kemendikbud menggunakan sistem full day school (tidak berasrama).
  • MTS & MA – Markaz Al Ma’tuq
    • Pesantren khusus putra dengan program pendidikan 6 tahun + 1 tahun masa pengabdian, terdiri dari jenjang MTs dan MA (di bawah naungan Kementrian Agama).
  • MTS & MA – Markaz Al Zamil
    • Pesantren khusus putridengan program pendidikan 6 tahun + 1 tahun masa pengabdian, terdiri dari jenjang MTs dan MA (di bawah naungan Kementrian Agama).
  • MTS & MA – Markaz Al Bassam
    • Pesantren khusus putra Tahfizh Qur’an dengan program pendidikan 6 tahun + 1 tahun masa pengabdian, terdiri dari jenjang MTs dan MA (di bawah naungan Kementrian Agama).
  • MTS & MA – Markaz Al ‘Afaf
    • Pesantren khusus putri Tahfizh Qur’an dengan program pendidikan 6 tahun + 1 tahun masa pengabdian, terdiri dari jenjang MTs dan MA (di bawah naungan Kementrian Agama).

Syarat Masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi

Selain harus membayar biaya masuk Pesantren Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi, calon peserta didik juga diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan lainnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa syarat dan ketentuan masuk Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi di bawah ini.

  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Membayar biaya pendaftaran santri baru di Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi.
  • Mengisi formulir kuesioner orang tua/wali dan santri setelah melakukan konfirmasi pembayaran.
  • Mengirim surat pernyataan santri dan orang tua/wali.
  • Mengirim surat pernyataan yatim (khusus yatim).
  • Mengirim surat pengiriman berkas.
  • Melampirkan surat keterangan status aktif di kelas 6.
  • Melampirkan NISN.
  • Melampirkan NPSN.
  • Melampirkan Nomor Statistik Madrasah (NSM) khusus untuk calon santri berasal dari Madrasah Ibtidaiyah.
  • Menyertakan surat keterangan sehat dan hasil medical check up dari dokter.

Cara Daftar Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi

Seperti halnya pendaftaran Pondok Pesantren Sulaimaniyah, saat ini proses pendaftaran santri baru di Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resminya di psb.almatuq.sch.id. Pada halaman tersebut, nantinya calon santri diminta untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan data diri masing-masing.

Perlu diingat, pastikan kalian memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya supaya proses pendaftaran calon santri di Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi dapat diterima, mereka harus melengkapi semua dokumen persyaratannya.

Biaya Masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi

Setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi untuk semua jenjang pendidikannya, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Secara garis besarnya, sebenarnya besaran biaya masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi sama untuk setiap jenjang pendidikannya.

Akan tetapi, pihak pengelola Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi sendiri memiliki beberapa kebijakan tentang biaya pendidikannya, yaitu untuk santri yatim dan non yatim. Adapun beberapa komponen yang termasuk di dalam biaya masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini, entah itu bagi santri yatim maupun non yatim.

KeteranganBiaya Non YatimBiaya Yatim
PendaftaranRp 550.000Rp 550.000
Pembangunan (3 opsi)Rp 12.000.000
Rp 16.000.000
Rp 20.000.000
Gratis
PerlengkapanRp 6.400.000Gratis
TahunanRp 3.500.000Gratis
Infaq BulananRp 1.500.000Gratis

Catatan : Biaya masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak yayasan yang mengelolanya.

Call Center Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi dengan syarat hingga tata cara pendaftarannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi melalui beberapa contact center di bawah ini.

  • Telepon : (0266) 229949
  • Email : pesantrenalmatuq@gmail.com / sekretariat@almatuq.sch.id
  • Facebook : @ponpesalmatuq
  • Twitter : @ponpesalmatuq
  • Instagram : @ponpesalmatuq

Kesimpulan

Demikianlah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya masuk Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi dengan syarat masuk hingga tata cara pendaftarannya, entah itu untuk santri putra maupun putri. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi.

Sumber gambar : beritalangitan.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.