Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Masuk SMA Taruna Nusantara 2022 : Syarat & Cara Daftar

Biaya Masuk SMA Taruna Nusantara

Biaya Masuk SMA Taruna Nusantara – Bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama SMA Taruna Nusantara. Lembaga pendidikan yang juga bisa disebut dengan Tarnus atau TN ini sudah dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai perjuangan, kebangsaan dan kebudayaan yang diejawantahkan ke dalam terpadunya aspek prestasi akademik, kesamaptaan jasmani serta kemandirian.

Pada awal berdirinya, sebenarnya SMA Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai peserta didiknya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 1996, SMA Taruna membuat kebijakan baru dengan menerima calon siswa angkatan putri dan bahkan menyediakan asrama untuk semua peserta didiknya.

Setiap tahun ajaran baru, pastinya SMA Taruna Nusantara membuka kesempatan kepada para calon peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikannya. Akan tetapi, terdapat sejumlah syarat dan ketentuan harus dipenuhi oleh calon siswa ketika ingin melanjutkan pendidikan di SMA Taruna Nusantara, salah satunya yaitu tentang biaya administrasi.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk mendaftarkan diri di SMA Taruna Nusantara, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biaya pendidikannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya masuk SMA Taruna Nusantara untuk semua jalur dilengkapi syarat beserta tata cara pendaftarannya.

Program Pendidikan SMA Taruna Nusantara

Program Pendidikan SMA Taruna Nusantara

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya masuk SMA Taruna Nusantara lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas program pendidikannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kini SMA Taruna Nusantara setiap tahun ajaran baru membuka kesempatan bagi siswa putra dan putri yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke sekolah menengah atas.

Kesehatan

Dimana SMA Taruna sendiri mempunyai kebijakan mengenai jurusan atau kurikulum khusus yang nantinya akan diajarkan kepada seluruh peserta didiknya. Dimana kurikulum khusus tersebut pastinya bertujuan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan siswa dengan sasaran aspek-aspek mental spiritual, mental ideologi, mental kejuangan serta kepemimpinan.

Adapun materi kurikulum khusus di dalam SMA Taruna Nusantara sendiri terbagi menjadi beberapa mata pelajaran serta mata kegiatan. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai materi kurikulum khusus di SMA Taruna Nusantara.

Mata Pelajaran

  • Mata Pelajaran Kenusantaraan
    • Mempunyai tujuan supaya siswa bisa memahami dan menghayati nilai-nilai moral keagamaan, kenegaraan, kejuangan kesusilaan, kemasyarakatan sebagai nilai-nilai luhur budaya bangsa.
  • Mata Pelajaran Pendidikan Bela Negara
    • Mempunyai tujuan kurikulum supaya siswa bisa memiliki pengertian, pengetahuan dan pengetahuan dasar bela negara serta berkembang kesadaran bela negara yang diharapkan dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari dalam sikap yang berdisiplin tinggi berwawasan kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan.
  • Mata Pelajaran Kepemimpinan
    • Mempunyai tujuan kurikuler supaya siswa bisa memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait dasar-dasar ilmu kepemimpinan sehingga dapat mengembangkan potensi kepemimpinannya secara optimal.

Mata Kegiatan

  • Mata Kegiatan Rutin Terjadwal
    • Mata kegiatan telah dijadwalkan setiap harinya.
  • Mata Kegiatan Terprogram
    • Sejumlah kegiatan yang diprogramkan sekolah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan komplementer dalam berbagai macam bidang yang bisa mewadahi bakat, minat serta kebutuhan pedadogis lainnya.
  • Mata Kegiatan Terproyek
    • Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam proyek pada waktu-waktu serta momentum yang ditentukan.
  • Mata Kegiatan Kreatif Mandiri
    • Kegiatan yang dilakukan secara mandiri oleh para siswa diluar mata kegiatan di atas.

Syarat Masuk SMA Taruna Nusantara

Selain harus membayar biaya masuk SMA Taruna Nusantara, para calon peserta didik juga diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan lainnya. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa syarat fisik dan ketentuan masuk SMA Taruna Nusantara, entah itu bagi siswa putra maupun putri.

  • Pas foto ukuran 3×4 berseragam sekolah dan background warna biru.
  • Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah/militer/puskesmas.
  • Foto kartu pelajar SMP ataupun MTs.
  • Foto akte kelahiran.
  • Foto nilai rapor semester 1 sampai 5 (dibuat fotokopi rapor yang telah dilegalisir per semester, semester 1 sampai 3 untuk kelas akselerasi).
  • Foto seluruh badan menggunakan seragam lengkap dan sepatu dari ujung kepala sampai ujung kaki.
  • Foto data penghasilan orang tua/wali (khusus bagi calon siswa jalur beasiswa, untuk wiraswasta rekening koran 3 bulan terakhir).
  • Foto Kartu Keluarga.
  • Foto KTP orang tua/wali (salah satu, ayah/ibu/wali).
  • Surat keterangan dan pernyataan dari kepala SMP.
  • Surat pernyataan dari orang tua/wali.
  • Surat pernyataan dari calon siswa.
  • Fotokopi surat bukti prestasi (jika tidak ada sertifikat, bisa dengan foto medali maupun piala).
  • Dokumen sertifikat atau kartu vaksinasi.

Cara Daftar SMA Taruna Nusantara

Seperti halnya pendaftaran SMA Al Azhar Jakarta, saat ini proses pendaftaran calon siswa baru di SMA Taruna Nusantara sudah bisa dilakukan secara online melalui website resminya di pensisru.tarunanusantara.id. Nantinya calon siswa diminta untuk mengisi formulir data diri secara online sesuai dengan identitas diri masing-masing.

Seleksi administrasi SMA Taruna Nusantara terdiri dari verifikasi dan validasi data casis serta seleksi nilai akademik hingga prestasi. Pada seleksi tahap 1 terdiri atas tes akademik online. Sementara tahap 2 terdiri dari tes akademik, psikologi, kesehatan dan samapta di PANDA (Panitia Daerah) beserta Sub PANDA.

Namun, perlu diingat bahwa jadwal kegiatan bisa saja berubah sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, pemberitahuan dan pengumuman pendaftaran siswa baru di SMA Taruna Nusantara akan diberikan secara langsung kepada masing-masing calon peserta didik yang sudah mendaftar melalui situs resminya.

Biaya Masuk SMA Taruna Nusantara

Setelah mengetahui sekilas tentang program pendidikan, syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftaran siswa baru di SMA Taruna Nusantara, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya atau uang pendidikannya. Untuk saat ini, sebenarnya besaran biaya masuk SMA Taruna Nusantara dibedakan berdasarkan jalur pendaftarannya.

Dimana SMA Taruna Nusantara sendiri membagi jalur pendaftaran siswa baru menjadi 3 kategori, yaitu jalur beasiswa (BS), jalur iuran sekolah (IS) serta jalur kontribusi khusus (KK). Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik besaran biaya masuk SMA Taruna Nusantara untuk semua jalur pendaftarannya berikut ini, entah itu bagi siswa putra maupun putri.

Jalur Beasiswa

Khusus bagi calon peserta didik jalur beasiswa (BS), tidak ada biaya yang dikenakan, mulai dari pendaftaran masuk hingga selesai pendidikan di SMA Taruna Nusantara. Namun, perlu diingat bahwa beasiswa akan diberikan kepada peserta didik selama menjalankan pendidikan di SMA Taruna Nusantara serta sudah memenuhi standar evaluasi akademik ataupun non-akademik yang ditetapkan oleh Lembaga dan sekolah.

Jalur Iuran Sekolah

Berbeda dengan jalur beasiswa, pendaftaran siswa baru di SMA Taruna Nusantara melalui jalur iuran sekolah (IS) akan dikenakan sejumlah biaya masuk. Adapun beberapa jenis biaya yang dibebankan kepada para calon peserta didik jalur iuran sekolah tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

KeteranganBiaya
Uang pangkalRp 50.000.000
Uang komiteRp 1.000.000
Iuran sekolahRp 5.000.000/bulan
Sumbangan sukarelaSesuai kesanggupan (bersifat sukarela)

Jalur Kontribusi Khusus

Selain kedua jalur di atas, pihak pengelola SMA Taruna Nusantara juga membuka pendaftaran bagi siswa baru melalui jalur kontribusi khusus (KK). Sebenarnya besaran biaya masuk SMA Taruna Nusantara melalui jalur ini tidak jauh berbeda dengan jalur iuran sekolah, hanya saja terdapat beberapa komponen tambahan.

KeteranganBiaya
Uang pangkalRp 50.000.000
Uang komiteRp 1.000.000
Iuran sekolahRp 5.000.000/bulan
Uang kontribusi khususMinimal Rp 125.000.000
Sumbangan sukarelaSesuai kesanggupan (bersifat sukarela)

Catatan : Besaran biaya masuk SMA Taruna Nusantara di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola ataupun yayasannya.

Call Center SMA Taruna Nusantara

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya masuk SMA Taruna Nusantara untuk semua jalur dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftarannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak SMA Taruna Nusantara melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Hotline: 0293 364195
  • Fax : 0293 364047
  • Email : admin@tarunanusantara.sch.id / humas@tarunanusantara.sch.id / kesiswaan@tarunanusantara.sch.id
  • Facebook : @SMA.Taruna.Nusantara
  • Twitter : @SMATN
  • Instagram : @sma.tarunanusantara

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya masuk SMA Taruna Nusantara untuk semua jalur dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mendaftarkan diri di SMA Taruna Nusantara.

Sumber gambar : facebook.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.