Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Biaya Melahirkan di Bidan 2022 : Fasilitas & Metode Persalinan

Biaya Melahirkan di Bidan

Biaya Melahirkan di Bidan – Sebagaimana diketahui, setiap calon ibu pastinya harus sudah mempersiapkan berbagai macam hal saat memasuki trimester akhir, seperti memilih tempat untuk melahirkan. Sebab, saat ini sudah tersedia cukup banyak tempat fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan persalinan bagi ibu hamil, salah satunya yaitu di bidan.

Dimana salah satu keuntungan melahirkan di tempat pelayanan kesehatan tersebut yaitu biayanya tergolong lebih murah jika melakukan persalinan di rumah sakit. Meskipun demikian, proses melahirkan di bidan juga pastinya perlu mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari kesehatan calon ibu, metode persalinan dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri sebenarnya saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis bidan, mulai dari bidan umum maupun bidan dari puskesmas. Secara garis besar, kedua jenis bidan tersebut sebenarnya tidak mempunyai perbedaan terlalu jauh karena sama-sama sudah dibekali dengan ilmu terkait kesehatan, khususnya pada proses persalinan.

Jika kalian berencana hendak melakukan proses persalinan di bidan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap kisaran biaya melahirkan di bidan untuk semua daerah dilengkapi dengan beberapa pertimbangannya.

Alasan Melahirkan di Bidan

Sebelum pembahasan utama mengenai besaran biaya melahirkan di bidan lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa alasan melakukan proses persalinan di tempat kesehatan tersebut. Seperti dijelaskan di atas, salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih melahirkan di bidan yaitu karena biayanya cenderung lebih murah.

Hal tersebut tentunya cukup berbeda dengan proses persalinan oleh dokter di rumah sakit yang membutuhkan anggaran dana cukup besar, terlebih lagi jika persalinan harus dilakukan melalui prosedur caesar. Di sisi lain, melahirkan di bidan juga tergolong aman, pasalnya para bidan pastinya sudah terlatih dengan baik dalam menangani kondisi tersebut.

Pertimbangan Melahirkan di Bidan

Pertimbangan Melahirkan di Bidan

Selain mempertimbangkan biaya, sebenarnya terdapat beberapa hal lain ketika kalian memutuskan untuk melahirkan di bidan. Adapun beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan proses persalinan di bidan tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Kondisi Ibu dan Calon Bayi

Jika kondisi calon ibu dan janin tidak mengalami tekanan darah tinggi, epilepsi ataupun komplikasi pada janin, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melahirkan di bidan. Akan tetapi, apabila mengalami kondisi medis cukup serius, sebaiknya lakukan persalinan di dokter spesialis kandungan.

Oleh sebab itu, selama masa kehamilan sebaiknya lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin di rumah sakit ataupun dokter kandungan. Atau kalian juga bisa melakukan pemeriksaan kehamilan melalui proses USG di bidan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bidan di Indonesia sudah menyediakan fasilitas tersebut.

Metode Persalinan

Melahirkan secara normal pastinya menjadi keinginan bagi para ibu hamil. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya selain proses pemulihannya terbilang cukup cepat, persalinan normal juga sebenarnya minim risiko.

Jadi, untuk mengetahui apakah kalian bisa melahirkan di bidan atau tidak, biasanya akan terlihat dari metode persalinannya. Jika metode persalinannya adalah normal, maka bidan bisa dijadikan sebagai alternatif tempat bersalin.

Fasilitas Melahirkan

Perlu diketahui, fasilitas serta protokol kesehatan antara dokter dan bidan persalinan pastinya berbeda. Rata-rata di rumah sakit fasilitas persalinannya pasti jauh lebih lengkap, baik itu dari segi peralatan medis ataupun tenaga kesehatannya.

Hal tersebut tentunya tidak seperti di klinik bidan yang umumnya hanya menyediakan fasilitas berupa kamar untuk pasien persalinan beserta keluarganya. Namun, jika dilihat dari segi protokol kesehatannya, klinik bidan sebenarnya mempunyai tingkat keamanan hampir sama seperti di rumah sakit.

Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan di Bidan

Meskipun sama-sama tenaga medis yang bertugas dalam membantu proses persalinan, tetapi terdapat beberapa perbedaan signifikan yang perlu diperhatikan antara seorang dokter kandungan dengan bidan. Dengan mengetahui perbedaan dokter kandungan dan bidan, hal tersebut tentunya akan membantu kalian dalam memilih pendamping terbaik saat proses persalinan.

Meskipun biaya melahirkan di klinik bidan terbilang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan persalinan di dokter kandungan, namun tetap saja bahwa kegiatan tersebut mempunyai beberapa kelemahan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa kelebihan serta kekurangan melahirkan di bidan.

Kelebihan

  • Bidan dapat di temukan dengan mudah, baik itu di kota-kota besar ataupun desa terpencil.
  • Bidan fokus pada kelahiran alami tanpa intervensi medis.
  • Bidan cenderung lebih dekat secara personal dengan pada pasiennya.
  • Biaya melahirkan di bidan jauh lebih murah.
  • Bidan selalu memprioritaskan keselamatan bayi.

Kekurangan

  • Peralatan medis di klinik bidan masih kurang lengkap.
  • Bidan hanya melayani ibu hamil yang sehat dengan kehamilan tidak berisiko.
  • Akses obat-obatan di bidan cukup terbatas.
  • Bidan tidak melayani persalinan prematur.
  • Bidan tidak mempunyai wewenang dalam melakukan prosedur operasi caesar.

Biaya Melahirkan di Bidan Semua Daerah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tentunya besaran biaya melahirkan di bidan jauh lebih murah dibandingkan dengan melahirkan di rumah sakit. Bahkan besaran biaya tersebut hampir sama seperti saat melahirkan di puskesmas. Sebab, di puskesmas sendiri biasanya proses persalinannya dilakukan oleh para bidan.

Umumnya, rata-rata klinik bidan di Indonesia mematok biaya atau tarif persalinan secara normal mulai dari Rp 800.000 sampai Rp 2.000.000. Namun, jika kalian melakukan proses persalinan melalui bidan yang berada di puskesmas, biasanya biayanya akan sedikit lebih murah, yaitu sekitar Rp 600.000 hingga Rp 800.000 saja.

Dimana di dalam biaya melahirkan di klinik bidan tersebut biasanya sudah meliputi biaya perawatan ibu dan bayi, obat-obatan serta pengecekan setelah melahirkan. Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya siapkan anggaran dana melebihi estimasi di atas.

Tips Melahirkan di Bidan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya melahirkan di bidan untuk semua daerah di Indonesia. Selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips yang perlu dilakukan ketika hendak melahirkan di bidan, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Rutin bergerak dan berolahraga.
  • Hindari naik berat badan berlebihan.
  • Latihan kegel.
  • Pola makan harus dijaga selama masa kehamilan.
  • Selalu mencari tahu terkait klinik bidan terbaik terdekat.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa klinik bidan bisa dijadikan sebagai alternatif apabila seseorang hendak melahirkan namun tidak memiliki anggaran biaya terlalu besar. Sebab, proses persalinan di bidan juga sebenarnya tidak akan jauh berbeda baik itu di dokter kandungan ataupun di rumah sakit.

Akan tetapi, bidan hanya melayani proses persalinan secara normal sehingga ibu dan calon bayi harus benar-benar dalam kondisi sehat serta tidak memiliki gangguan apapun. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan oleh klinik bidan juga pastinya tidak akan seperti fasilitas di rumah sakit.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar besaran biaya melahirkan di bidan untuk semua daerah dilengkapi dengan beberapa pertimbangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani proses persalinan di bidan terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *