Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya USG di Bidan Semua Daerah (Manfaat & Prosedur)

Biaya USG di Bidan

Biaya USG di Bidan – Mempersiapkan hal-hal penting sebelum kelahiran sang buah hati tentu perlu dilakukan sejak awal oleh para orang tua. Selain itu, menjaga kondisi kesehatan juga penting untuk dilakukan selama masa kehamilan, baik itu kesehatan ibu maupun calon bayi.

Salah satu upaya untuk memantau dan menjaga kondisi kesehatan janin di dalam kandungan yaitu dengan menjalani USG (Ultrasonografi). Dimana USG sendiri merupakan sebuah prosedur pemeriksaan kondisi janin menggunakan teknologi gelombang suara ultrasonik.

Di Indonesia sendiri saat ini USG sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di praktek bidan. Namun sayangnya, tidak semua bidan di Indonesia menyediakan atau menawarkan pelayanan pemeriksaan USG kepada para pasiennya.

Selain itu, pelayanan USG bidan kepada para pasien juga cukup terbatas, yaitu hanya USG jenis 2D dan 3D saja. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap berapa kisaran biaya USG di bidan dilengkapi dengan prosedur hingga tips sebelum menjalani pemeriksaannya.

Manfaat USG di Bidan

Manfaat USG di Bidan

Mungkin sebagian besar orang masih menganggap bahwa pemeriksaan USG hanya digunakan untuk mengetahui jenis kelamin janin saja. Padahal sebenarnya USG dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Adapun beberapa manfaat lainnya dari pemeriksaan USG tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mengonfirmasi adanya kehamilan (terdapat kantung hamil atau tidak).
  • Mendeteksi adanya kehamilan kembar.
  • Memonitor perkembangan janin.
  • Memonitor detak jantung.
  • Mendiagnosis apabila terjadi kelainan pada janin.
  • Memeriksa posisi janin sebelum kelahiran.
  • Memeriksa plasenta, apakah normal atau tidak.
  • Mendiagnosis penyebab munculnya keluhan oleh ibu hamil selama masa kehamilan.

Prosedur USG di Bidan

Prosedur USG di Bidan

Selain harus menyerahkan sejumlah uang guna membayar biaya USG di bidan, ibu hamil sebagai pasien juga perlu mengikuti seluruh rangkaian prosedur pemeriksaannya. Secara garis besar, pemeriksaan USG kehamilan di bidan ini tidak membutuhkan persiapan khusus dari pasien.

Selain itu, prosedur pemeriksaan USG di praktik bidan juga sebenarnya sama saja seperti saat USG di klinik masyarakat ataupun rumah sakit. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai prosedur pemeriksaan USG di bidan.

  1. Pasien diminta berbaring di atas tempat tidur.
  2. Bidan kemudian mengoleskan gel pelumas di bagian tubuh pasien yang akan diperiksa.
  3. Setelah itu, bidan mulai menggerakkan alat pemindai atau tranducer ke perut pasien supaya alat pemindai lebih lancar pergerakannya.
  4. Nantinya gelombang suara dari alat pemindai tersebut akan terpantul dan ditampilkan dalam bentuk gambar di monitor.
  5. Bidan mungkin akan meminta pasien merubah posisi supaya lebih mudah dalam menjangkau bagian tubuh lainnya.

Biasanya prosedur pemeriksaan USG di bidan berlangsung selama kurang lebih sekitar 15 sampai 30 menit. Jika selama masa USG terjadi sesuatu hal seperti timbul rasa nyeri atau tidak nyaman, sebaiknya segera beri tahu ke bidan.

Biaya USG di Bidan

Rincian Biaya USG di Bidan

Perlu diketahui, mungkin besaran biaya USG di bidan tidak akan jauh berbeda dengan TARIF USG DI PUSKESMAS. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kedua tempat pelayanan kesehatan tersebut biasanya memiliki tingkat kelengkapan fasilitas medis yang serupa.

Selain itu, di praktek bidan juga biasanya hanya menyediakan 2 jenis USG saja, yaitu USG 2D serta USG 3D. Umumnya, tarif atau biaya pelayanan pemeriksaan USG ibu hamil di bidan di banderol mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 300.000, baik itu USG 2D ataupun USG 3D.

Dimana di dalam biaya tersebut biasanya sudah mencakup biaya administrasi, biaya pemeriksaan, biaya konsultasi hingga biaya pencetakan hasil USG. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bidan di Indonesia sudah menyediakan fasilitas USG kepada para masyarakat.

Tips Menjalani USG Kehamilan

Tips Menjalani USG Kehamilan

Di atas sudah dibahas secara tuntas terkait besaran biaya USG di bidan baik itu jenis USG 2D maupun USG 3D. Selanjutnya di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips untuk pasien ketika hendak menjalani USG kehamilan di bidan terdekat.

  • Pilih waktu USG yang tepat.
  • Konsumsi air putih secukupnya.
  • Kenakan pakaian yang nyaman.
  • Siapkan pertanyaan tentang kehamilan.
  • Cari bidan berpengalaman.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran tarif atau harga jasa pelayanan USG di bidan jauh lebih terjangkau ketimbang di rumah sakit. Hanya saja praktik bidan umumnya pelayanannya cukup terbatas, karena hanya menyediakan jenis USG 2D dan 3D saja.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya USG di bidan untuk semua daerah dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani USG di praktik bidan terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *