Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

7 Biaya Membuat Kamar Mandi WC Duduk Terlengkap 2022

Biaya Membuat Kamar Mandi WC Duduk

Biaya Membuat Kamar Mandi WC Duduk – Membangun rumah yang nyaman dan aman pastinya menjadi impian bagi semua orang, entah itu di kota-kota besar maupun pedesaan. Namun, keterbatasan anggaran dana seringkali menjadi kendala bagi seseorang saat ingin membangun rumah sehingga mereka lebih memilih untuk mengurungkan niatnya tersebut.

Akan tetapi, apabila biaya pembangunan sebuah rumah direncanakan dan diperhitungkan dengan matang, maka sebenarnya impian tersebut dapat segera terwujud. Nah, salah satu komponen penting yang harus ada pada saat ingin membangun rumah secara mandiri yaitu kamar mandi sebagai tempat untuk membersihkan diri.

Di Indonesia sendiri, kini sudah tersedia cukup banyak pilihan model dan konsep kamar mandi yang mampu memenuhi kebutuhan tata ruang dalam membangun sebuah hunian, salah satunya yaitu kamar mandi WC duduk. Mengingat harga WC atau kloset duduk sendiri cukup mahal, maka proses pembuatannya harus melalui perhitungan matang sejak awal.

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian berencana untuk membuat kamar mandi WC duduk, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya membuat kamar mandi WC duduk mulai dari kebutuhan tenaga kerja hingga bahan materialnya.

Ukuran Ideal Kamar Mandi WC Duduk

Ukuran Ideal Kamar Mandi WC Duduk

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya membuat kamar mandi WC duduk lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu berapa dimensi atau ukuran idealnya. Apabila memang memiliki kendala tentang biaya pada saat membangun rumah, maka kamar mandi sederhana bisa menjadi opsi paling tepat untuk dipilih.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kamar mandi WC duduk sederhana sendiri dapat dibuat dengan ukuran panjang ideal 3 meter, lebar 2 meter serta tinggi 3 meter. Meskipun luas kamar mandi WC duduk tersebut tergolong sederhana, namun ukuran ruangan ini sebenarnya sangat cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis.

Kebutuhan Material Kamar Mandi WC Duduk

Ketika hendak mengetahui besaran biaya membuat kamar mandi WC duduk, tentunya terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, salah satunya yaitu kebutuhan bahan materialnya. Sebab, selain ongkos tukang atau pekerja, bahan material juga sangat berpengaruh terhadap total kebutuhan anggaran dana pembangunan nantinya.

Secara garis besarnya, kebutuhan material dalam membuat kamar mandi WC duduk dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa daftar kebutuhan material yang nantinya akan dibutuhkan pada saat membangun kamar mandi WC atau closet duduk.

  • Keramik dinding.
  • Keramik lantai.
  • Kloset duduk.
  • Shower.
  • Wastafel.
  • Perabotan kamar mandi.

Biaya Membuat Kamar Mandi WC Duduk

Setelah memahami tentang ukuran standar atau dimensi ideal hingga kebutuhan material dalam membuat kamar mandi WC duduk, maka tahap selanjutnya kalian tinggal menghitung berapa besar biayanya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik besaran biaya membuat kamar mandi WC duduk sederhana berikut ini.

Kebutuhan Bahan Material

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin membuat kamar mandi WC duduk yaitu mengenai kebutuhan bahan material bangunannya. Misalkan kalian ingin membuat kamar mandi WC duduk dengan konsep sederhana berukuran 2 m x 2 m x 3 m, maka perkiraan biaya untuk membeli kebutuhan bahan materialnya yaitu akan seperti berikut ini.

Konstruksi Kamar Mandi

NoKeteranganVolumeHarga SatuanJumlah
1Keramik dinding20 m2Rp 75.000Rp 1.500.000
2Keramik lantai4 m2Rp 45.000Rp 180.000
3Semen7 sakRp 53.000Rp 371.000
4Pasir2 m3Rp 80.000Rp 160.000
5Cat1 galonRp 100.000Rp 100.000
JUMLAH TOTALRp 2.311.000

Instalasi Kamar Mandi

NoKeteranganJumlah
1Wastafel setRp 1.000.000
2Kloset dudukRp 2.000.000
3ShowerRp 500.000
4Sekat kacaRp 1.000.000
5JUMLAH TOTALRp 4.500.000

Aksesoris Kamar Mandi

NoKeteranganJumlah
1Gantungan tisuRp 50.000
2Gantungan handukRp 100.000
3Tempat sabunRp 50.000
4CerminRp 100.000
5RakRp 200.000
JUMLAH TOTALRp 500.000

Dari data analisa pembuatan konstruksi, sanitasi hingga aksesoris kamar mandi WC duduk di atas, maka total kebutuhan anggaran biayanya yaitu berada di kisaran Rp 7.311.000. Perlu diingat, besaran biaya tersebut sebenarnya bisa berbeda di beberapa wilayah tergantung pada harga satuannya.

Ongkos Tukang Bangunan

Setelah mengetahui anggaran biaya untuk pembelian material dalam membuat kamar mandi WC duduk, maka selanjutnya tinggal mencari tahu besaran ongkos pekerja atau tukang bangunannya. Di Indonesia sendiri kini tersedia 2 jenis tukang bangunan, yaitu tukang bangunan sistem harian serta tukang bangunan borongan.

Saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja bangunan dengan sistem borongan karena apabila dijumlahkan maka harganya sedikit lebih murah dibandingkan pekerja bangunan sistem harian. Misalkan pengerjaan pembuatan kamar mandi WC duduk membutuhkan 2 orang pekerja selama 7 hari dengan estimasi harga sekitar Rp 110.000 per hari, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran dana seperti perhitungan di bawah ini.

  • Ongkos tukang bangunan = (2 orang x 7 hari) x Rp 110.000.
  • Ongkos tukang bangunan = 14 x Rp 110.000.
  • Ongkos tukang bangunan = Rp 1.540.000.

Jadi, untuk membangun kamar mandi WC duduk dengan konsep sederhana membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 8.851.000 (Rp 7.311.000 = Rp 1.540.000). Kami ingatkan sekali lagi bahwa di dalam rencana anggaran biaya pembangunan tersebut sudah mencakup pembelian bahan material hingga ongkos 2 pekerja selama 7 hari.

Tips Memilih WC Duduk

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai perhitungan rincian biaya membuat kamar mandi WC duduk, entah itu dari segi pembelian bahan material hingga upah para pekerja bangunannya. Sebagai informasi tambahan, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dalam memilih kloset duduk yang berkualitas.

  • Perhatikan bagian ukuran beserta bentuk kloset duduk.
  • Pertimbangkan fitur yang ditawarkan.
  • Cermati jenis kloset duduk.
  • Amati sistem pembuangannya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar perhitungan rincian biaya membuat kamar mandi WC duduk untuk semua ukuran mulai dari kebutuhan material hingga ongkos tukang bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat kamar mandi WC duduk secara mandiri di rumah.

Sumber gambar : pinterest.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *