Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

10 Biaya Grooming Kucing 2021 (Jenis, Manfaat & Tips)

Biaya Grooming Kucing

Biaya Grooming Kucing – Ketika sudah memutuskan untuk memelihara hewan, tentunya kalian perlu memperhatikan kesehatan tubuh dan mentalnya. Selain itu, hewan peliharaan juga sebenarnya membutuhkan perawatan khusus dari pemiliknya, khususnya bagi binatang berbulu lebat seperti kucing.

Salah satu jenis perawatan kucing yang mungkin perlu dilakukan oleh pemiliknya secara rutin yaitu grooming. Grooming sendiri ialah sebuah kegiatan memandikan kucing agar semua bulunya menjadi lebih bersih, wangi serta terbebas dari kotoran maupun kutu.

Untuk saat ini, kegiatan memandikan kucing peliharaan atau grooming tersebut juga sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat, salah satunya yaitu pet shop ataupun salon khusus hewan. Akan tetapi, setiap tempat perawatan kucing tersebut juga pastinya memiliki ketentuan mengenai harga atau tarif jasa pelayanannya.

Maka dari itu, jika kalian hendak melakukan grooming kucing di pet shop atau salon khusus hewan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap besaran biaya grooming kucing untuk semua jenis-jenisnya.

Apa Itu Grooming Kucing?

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya grooming kucing berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Grooming merupakan sebuah aktivitas memandikan kucing supaya kondisi kesehatan serta mentalnya tetap terjaga.

Grooming penting dilakukan khususnya untuk kucing-kucing dengan bulu lebat seperti jenis Persia, Anggora ataupun jenis-jenis lainnya. Sebenarnya, grooming dapat dilakukan secara mandiri di rumah hanya dengan bermodalkan sampo dan sabun khusus kucing, asalkan memenuhi beberapa syarat tertentu.

Meskipun grooming terlihat mudah dilakukan, akan tetapi ternyata memandikan kucing tetap saja membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Maka dari itu, banyak orang lebih memilih untuk memandikan kucing mereka di pet shop ataupun salin khusus hewan.

Manfaat Grooming Kucing

Seperti dijelaskan sebelumnya, grooming memiliki cukup banyak manfaat terhadap kesehatan dan mental kucing. Adapun beberapa manfaat grooming kucing di pet shop ataupun salon khusus hewan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Membersihkan kucing dari bakteri dan kutu.
  • Mencegah bulu rontok.
  • Mencegah bulu menggumpal (hairball).
  • Mencegah kulit iritasi.
  • Mencegah kucing stres.

Kelebihan dan Kekurangan Grooming Kucing di Pet Shop

Jika kalian memutuskan untuk melakukan grooming kucing di pet shop atau salon khusus hewan, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa keunggulan serta kelemahannya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini adalah beberapa kelebihan serta kekurangan grooming kucing di pet shop.

Kelebihan

  • Lebih rapi dan bersih karena dilakukan oleh tenaga ahli profesional.
  • Sangat cocok untuk pemula.
  • Tidak terlalu menguras waktu serta tenaga.
  • Hanya perlu menjaga kenyamanan kucing.

Kekurangan

  • Membutuhkan biaya lebih.
  • Tidak bisa dilakukan berulang kali.
  • Kucing bisa mengalami stres.

Biaya Grooming Kucing

Sebagaimana diketahui, layanan grooming kucing di pet shop maupun salon khusus hewan dilakukan secara profesional dengan peralatan khusus. Dengan begitu, hasilnya pin biasanya relatif memuaskan ketimbang dengan grooming sendiri di rumah.

Untuk besaran biaya grooming kucing sendiri biasanya tergantung pada kategori serta ukuran tubuh kucing. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya grooming kucing untuk semua jenis-jenisnya berikut ini.

Kategori GroomingUkuran KucingBiaya
Mandi biasaKucing kecilRp 50.000
Mandi biasaKucing besarRp 120.000
Mandi anti kutuKucing kecilRp 75.000
Mandi anti kutuKucing besarRp 150.000
Mandi anti jamurKucing kecilRp 75.000
Mandi anti jamurKucing besarRp 150.000
Mandi kombinasiKucing kecilRp 100.000
Mandi kombinasiKucing besarRp 200.000
Mandi maintenanceKucing kecilRp 200.000
Mandi maintenanceKucing besarRp 325.000

Dari tabel di atas, besaran biaya grooming kucing di pet shop atau salon khusus hewan berada di kisaran Rp 50.000 sampai Rp 325.000. Dimana tarif tersebut ditentukan berdasarkan jenis grooming serta ukuran tubuh kucing.

Selain itu, besaran biaya grooming kucing di atas juga bisa berbeda di beberapa tempat. Maka dari itu, saran kami sebaiknya siapkan dana melebihi perkiraan di atas untuk berjaga-jaga apabila nantinya terdapat penyesuaian tarif dari pihak pet shop ataupun salon hewan.

Tips Grooming Kucing di Rumah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya grooming kucing untuk semua jenis-jenisnya. Jika memang kalian hendak melakukan grooming kucing secara mandiri di rumah, sebaiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini.

  • Tentukan waktu grooming yang tepat.
  • Gunakan sampo khusus kucing.
  • Gunakan air hangat.
  • Basahi tubuh kucing secara perlahan.
  • Oleskan sedikit sampo ke tubuh kucing.
  • Bilas bersih menggunakan air hangat.
  • Keringkan kucing.
  • Usap lembut kucing supaya lebih rileks.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya grooming kucing di pet shop dan salon khusu hewan untuk semua jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan grooming kucing di pet shop terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *