Biaya Sedot WC Semua Wilayah Terlengkap 2022

Biaya Sedot WC – Salah satu jenis perawatan rumah yang harus diperhatikan dan dilakukan secara rutin yaitu pengelolaan limbah. Pasalnya, tak jarang pemilik rumah luput memperhatikan pengelolaan rumah tangga hingga pada akhirnya menimbulkan sejumlah risiko yang pastinya kerap membuat jengkel penghuninya.

Salah satu jenis risiko yang sering dialami oleh sebagian besar orang ketika tidak mengelola limbah di tempat tinggalnya dengan baik yaitu WC mampet. Dimana WC atau closet mampet sendiri dapat ditimbulkan akibat berbagai macam hal, salah satunya yaitu karena limbah rumah tangga sehari-hari dibuang sembarangan.

Padahal, pengelolaan limbah tersebut seharusnya dikelola dengan baik oleh pemilik rumah. Namun, apabila mengalami permasalahan seperti WC mampet, maka penyedotan menjadi salah satu cara paling tepat untuk mengatasinya. Di Indonesia sendiri kini sudah tersedia cukup banyak jasa sedot WC dengan tarif yang bervariasi.

Nah, apabila diantara kalian berencana untuk mengatasi WC mampet dengan cara menyedotnya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya sedot WC di semua wilayah Indonesia beserta sejumlah tips untuk mencegah permasalahan tersebut.

Alasan Sedot WC

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya sedot WC di semua wilayah lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa alasan melakukan kegiatan tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, WC merupakan salah satu bagian dari hunian yang perlu dijaga dan dirawat secara rutin.

Dimana salah satu metode perawatan yang paling umum digunakan yaitu memanfaatkan jasa sedot WC. Adapun kegiatan sedot WC sendiri perlu dilakukan karena seiring dengan penggunaan secara rutin, isi tangki pembuangan akan menjadi semakin penuh menumpuk.

Maka dari itu, diperlukan adanya pembuangan agar isinya tidak mencemari kemana-mana. Selain dapat mencemari saluran lain atau lingkungan sekitar, tangki septik yang penuh juga bisa membuat proses flushing bermasalah sehingga kotoran akan lebih sulit masuk ke dalam WC.

Penyebab WC Mampet

Perlu diketahui, munculnya sebuah permasalahan pastinya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari faktor internal maupun eksternal. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah penyebab kenapa WC atau saluran sanitasi pembuangan di rumah menjadi mampet.

  • Membuang sampah ke WC.
  • Posisi pipa terlalu mendatar.
  • Tidak tersedia ventilasi.
  • WC sudah penuh.
  • Perangkap kloset terhambat.
  • Terdapat masalah di saluran pembuangan utama.

Biaya Sedot WC

Biaya Sedot WC di Semua Wilayah

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali jasa yang menyediakan sedot WC, entah itu pada kebutuhan rumah tangga maupun gedung perkantoran. Seperti halnya biaya bongkar pasang AC untuk kebutuhan rumah tangga, pastinya upah jasa sedot WC juga sangat bervariasi, tergantung beberapa faktor.

Selain itu, ongkos jasa sedot WC juga biasanya akan berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah hal. Pada umumnya, pada penyedia jasa sedot WC menentukan harga atau tarif dengan hitungan per satu tangki septik sebesar Rp 350.000 sampai Rp 850.000, sementara biaya sedot WC per kubik berada di kisaran Rp 110.000 hingga Rp 400.000.

Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya sedot WC tersebut bisa saja berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor, termasuk kondisi kotoran yang disedot. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik daftar kisaran biaya sedot WC di seluruh wilayah Indonesia berikut ini.

WilayahBiaya Sedot WC
BandungRp 250.000 – Rp 350.000 per 5 m3
JakartaRp 300.000 – Rp 500.000 per 5 m3
MalangRp 45.000 – Rp 120.000 per m3
SemarangRp 150.000 – Rp 300.000 per 5 m3
SlemanRp 250.000 – Rp 350.000 per 5 m3
SurabayaRp 45.000 – Rp 150.000 per m3
PalangkarayaRp 350.000 untuk jarak 20 meter (dikenai biaya tambahan sebesar Rp 10.000 untuk setiap kelipatan)
LumajangRp 225.000 – Rp 260.000 (rumah tangga non MBR)
Banda AcehRp 100.000 volume 0 – 2 m3
Rp 135.000 volume 2 – 4 m3
DepokRp 30.000 – Rp 100.000 per m3

Waktu Ideal Sedot WC

Setelah mengetahui besaran biaya sedot WC di semua wilayah Indonesia dilengkapi dengan alasan dan penyebabnya, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti kapan waktu ideal melakukannya. Sedot WC sebaiknya dilakukan secara berkala dalam jangka atau kurun waktu mulai dari 1 sampai 3 tahun sekali.

Adapun tujuannya yaitu untuk menghindari pencemaran lingkungan dan masalah pada WC saat digunakan, salah satunya yaitu mampet. Jika terlalu lama membiarkan tangki septik penuh, maka nantinya hal tersebut akan mempengaruhi kualitas air yang digunakan untuk mandi.

Tips Mencegah WC Mampet

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya sedot WC di seluruh daerah Indonesia, entah itu per tangki septik ataupun per meter. Nah, supaya WC di rumah kalian terhindar dari pemampatan, alangkah baiknya ikuti beberapa tips mencegahnya di bawah ini.

  • Pahami jenis benda apa saja yang tidak bisa dan tidak boleh dimasukkan ke dalam WC.
  • Biasakan untuk memencet tombol fush secara penuh guna memastikan air dari WC bisa keluar secara sempurna sehingga mampu mendorong seluruh kotoran ke dalam sampai bersih.
  • Bersihkan WC di rumah secara berkala untuk menjaga kebersihannya.
  • Apabila kondisi kemampuan WC dalam membuang kotoran mulai melambat, sebaiknya gunakan cairan pembersih kimia untuk mengurangi risiko terjadinya pemampatan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya sedot WC di seluruh wilayah Indonesia dilengkapi dengan alasan, penyebab WC mampet hingga waktu ideal melakukannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin melakukan sedot WC menggunakan jasa sedot WC swasta di wilayah setempat.

Sumber gambar : wproject.org

Tinggalkan komentar