Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Ambeien 2022 : Pasien Umum & BPJS

Biaya Operasi Ambeien

Biaya Operasi Ambeien – Wasir atau penyakit ambeien ialah sebuah keadaan saat pembuluh darah vena di sekitar anus mengalami pembengkakan ataupun peradangan. Dimana ambeien terjadi di dalam rektum atau sebuah saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus. Bahkan ambeien juga dapat muncul di sekitar anus ataupun dubur.

Meskipun pada dasarnya ambeien bukanlah penyakit berbahaya, akan tetapi jika tidak ditangani dengan cepat maka seiring berjalannya waktu bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri serta sakit. Bahkan lebih parahnya lagi, pembuluh darah yang membesar menjadi stretch dan pecah sehingga menyebabkan pendarahan di anus.

Oleh sebab itu, apabila ambeien sudah tergolong cukup parah maka jalan terbaik satu-satunya yaitu melakukan operasi. Dimana operasi ambeien merupakan sebuah prosedur pembedahan yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah menggunakan sejumlah peralatan medis modern. Di dalam dunia medis sendiri operasi ambeien dikenal dengan sebutan hemoroid.

Akan tetapi, jika kalian berencana menjalani operasi ambeien di rumah sakit terdekat, saran kami sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa kisaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas besaran biaya operasi ambeien di seluruh rumah sakit Indonesia, entah itu bagi pasien umum ataupun BPJS.

Gejala Penyakit Ambeien

Seperti dijelaskan sebelumnya, ambeien sebenarnya bukanlah termasuk ke dalam penyakit berbahaya sehingga kerap disepelekan oleh beberapa orang. Namun, perlu diingat bahwa sebenarnya penyakit tersebut dapat menyerang segala usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Meskipun demikian, kebanyakan ambeien lebih sering dialami oleh orang-orang yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas. Sebelum pembahasan utama mengenai biaya operasi ambeien di rumah sakit berlanjut, ada baiknya pahami beberapa gejala atau indikasi penyakit tersebut berikut ini.

  • Keluar darah pada saat buang air besar tetapi tidak terasa nyeri.
  • Munculnya gatal serta iritasi di sekitar rektum.
  • Timbulnya rasa nyeri serta tidak nyaman.
  • Area di sekitar anus membengkak.
  • Muncul benjolan di sekitar anus atau dubur.

Penyebab Penyakit Ambeien

Sebagaimana diketahui, ambeien pada dasarnya disebabkan karena terjadinya pembengkakan pembuluh darah vena karena adanya peningkatan tekanan di rektum bagian bawah. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ambeien pada seseorang.

  • Mengejan terlalu keras ketika buang air besar.
  • Duduk terlalu lama.
  • Diare.
  • Sembelit.
  • Berat badan berlebihan.
  • Sedang mengandung atau hamil.
  • Kurang mengonsumsi makanan berserat.

Prosedur Operasi Ambeien

Prosedur Operasi Ambeien

Ketika tubuh seseorang mengalami ambeien, pembuluh darah vena membengkak serta meradang sehingga menimbulkan benjolan di sekitar anus dan rektum. Oleh sebab itu, prosedur operasi perlu dilakukan guna mengangkat ataupun mengempeskan benjolan ambeien tersebut.

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi ambeien di rumah sakit, pastinya kalian juga harus mengerti apa saja prosedur operasinya. Untuk saat ini, prosedur operasi ambeien dapat dilakukan melalui dua cara. Adapun prosedur operasi ambeien tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Hemoroidektomi

Jenis prosedur operasi pengangkatan ambeien pertama di sejumlah rumah sakit di Indonesia yaitu hemoroidektomi. Hemoroidektomi ialah sebuah prosedur operasi dengan melibatkan pengangkatan jaringan berlebih yang menyebabkan suatu pendarahan.

Operasi tersebut dilakukan pada pasien di bawah anestesi lokal bersamaan dengan sedasi, anestesi spinal ataupun anestesi umum. Umumnya masa pemulihan pascaoperasi ambeien membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 minggu, tetapi juga bisa lebih lama mencapai 6 minggu sampai pasien dapat beraktivitas secara normal kembali.

2. Hemorrohoidopexy

Kemudian jenis prosedur operasi pengangkatan penyakit ambeien selanjutnya yaitu hemorrohoidopexy. Hemorrohoidopexy atau stapel wasir ialah prosedur operasi dengan melibatkan penjepitan benjolan ambeien yang keluar dari dinding rektum ke anus guna dikembalikan ke tempat seharusnya.

Pada prosedur operasi ini, dokter spesialis atau ahli bedah juga akan memotong aliran darah sehingga benjolan semakin menyusut. Rasa sakit setelah menjalani hemorrhoideopexy sebenarnya lebih ringan dibandingkan hemoroidektomi. Hanya saja masih ada kemungkinan ambeien atau wasir kambuh kembali.

Biaya Operasi Ambeien

Setelah mengetahui gejala, penyebab hingga prosedur operasi pengangkatan ambeien di rumah sakit, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti berapa besar biayanya. Di Indonesia sendiri saat ini hampir semua rumah sakit sudah menyediakan layanan atau fasilitas operasi wasir, entah itu rumah sakit umum maupun swasta.

Secara garis besar, biaya operasi ambeien dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti tingkat keparahan penyakit, prosedur penanganan, kebutuhan peralatan medis dan lain sebagainya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya operasi ambeien untuk pasien umum dan BPJS di bawah ini.

1. Pasien Umum

Bagi pasien umum, biaya operasi ambeien tanpa membutuhkan alat tambahan berada di kisaran Rp 4.000.000 sampai Rp 8.000.000. Sementara biaya operasi wasir menggunakan tambahan alat di beberapa rumah sakit di Indonesia sedikit lebih mahal, yaitu mulai dari Rp 10.000.000 hingga Rp 30.000.000.

Biaya di atas juga belum mencakup biaya rawat inap di rumah sakit, obat-obatan dan lain sebagainya. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa pemilihan rumah sakit nantinya juga akan mempengaruhi besaran biayanya, semakin terkenal dan mewah rumah sakit, maka akan semakin mahal pula biaya operasinya.

2. Pasien BPJS

Apabila biaya operasi ambeien bagi pasien umum dirasa terlalu mahal, maka saran kami sebaiknya manfaatkan kartu BPJS Kesehatan, jika memang memilikinya. Pasalnya, peserta BPJS Kesehatan yang hendak melakukan operasi ambeien di rumah sakit mendapat sebuah keuntungan berupa pengurangan harga atau tarif, seperti halnya saat menjalani operasi amandel.

Melalui program BPJS Kesehatan tersebut, nantinya biaya operasi ambeien akan lebih terjangkau dan dapat dikatakan tidak sebesar biaya operasi mandiri oleh pasien umum. Namun, supaya kartu BPJS Kesehatan dapat digunakan untuk menanggung biaya operasi, maka pasien juga wajib memenuhi beberapa syarat dan ketentuannya.

Risiko Operasi Ambeien

Meskipun operasi ambeien merupakan prosedur aman dilakukan di dalam dunia medis, namun tetap saja bahwa kegiatan tersebut bisa menimbulkan risiko atau efek samping kepada para pasien. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik risiko operasi ambeien di rumah sakit berikut ini.

  • Timbulnya rasa nyeri di sekitar dubur.
  • Munculnya rasa tidak nyaman di sekitar anus.
  • Mengalami infeksi.
  • Mengalami iritasi.
  • Pendarahan di area dubur.
  • Penyempitan di saluran pembuangan.

Tips Pemulihan Setelah Operasi Ambeien

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap besaran biaya operasi ambeien atau hemoroid beserta prosedur pelaksanaannya. Nah, di bawah ini juga akan kami jelaskan beberapa tips mempercepat masa pemulihan setelah menjalani operasi ambeien, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Mengonsumsi makanan berserat tinggi.
  • Menjaga kondisi tubuh supaya tetap terhidrasi dengan cara minum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas setiap hari.
  • Gunakanlah pencahar apabila merasa kesulitan ketika buang air besar.
  • Kurangi aktivitas berat.
  • Rendam area dubur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam beberapa kali sehari.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini hampir semua rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan fasilitas atau layanan operasi pengangkatan ambeien. Akan tetapi, besaran biaya operasinya sendiri sebenarnya sangat beragam, tergantung pada tingkat keparahan ambeien serta metode pelaksanaannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya operasi ambeien di rumah sakit bagi pasien umum dan BPJS dilengkapi prosedur pelaksanaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani operasi pengangkatan ambeien di rumah sakit terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *