Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Varikokel 2021 (Pasien Umum & BPJS)

Biaya Operasi Varikokel

Biaya Operasi Varikokel – Sebagian besar orang khususnya pria mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama varikokel. Varikokel sendiri ialah sebuah kondisi gangguan kesehatan dimana terdapat pembesaran pembuluh darah vena (varises) pada skrotum, yaitu kantong testis (buah zakar).

Meskipun terkadang tidak menimbulkan gejala cukup serius kepada penderitanya, akan tetapi varikokel kadang dapat menimbulkan asa nyeri atau sensasi berat pada skrotum. Secara umum, 15 persen pengidap varikokel ialah pria dewasa sementara 20 persennya adalah remaja pria.

Salah satu cara untuk mengatasi atau menangani gangguan kesehatan tersebut pada seorang pria yaitu dengan menjalani operasi. Untungnya saat ini operasi varikokel sendiri sudah dapat dilakukan di berbagai macam rumah sakit di Indonesia, baik itu rumah sakit umum ataupun swasta.

Namun, pastinya setiap pihak rumah sakit tersebut mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga jasa atas operasi penyembuhan penyakit varikokel. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya operasi varikokel dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Gejala Varikokel

Seperti dijelaskan di atas, salah satu cara untuk mengatasi gangguan kesehatan varikokel pada seorang pria yaitu dengan menjalani operasi. Dimana operasi tersebut dilakukan guna mengangkat varikokel, yaitu pembuluh darah vena yang membesar pada skrotum dengan tujuan mengembalikan aliran darah ke organ reproduksi supaya normal.

Seseorang yang dianjurkan untuk menjalani operasi varikokel oleh dokter biasanya karena mereka mengalami beberapa kondisi tertentu. Sebelum pembahasan utama mengenai besaran biaya operasi varikokel berlanjut, ada baiknya pahami beberapa gejala varikokel di bawah ini.

  • Ukuran testis menjadi lebih kecil.
  • Terdapat benjolan di salah satu testis.
  • Skrotum menjadi bengkak.
  • Seiring berjalannya waktu, pembesaran vena akan terlihat seperti caing pada skrotum.
  • Adanya gangguan pertumbuhan testis, baik itu pada anak-anak ataupun remaja.
  • Mengalami rasa nyeri pada testis.
  • Merasa terganggu dengan tampilan skrotum atau testis.
  • Merasa kesulitan untuk mempunyai keturunan atau mengalami infertilitas.
  • Terjadi penurunan gairah seksual.
  • Adanya kelebihan kenaikan berat badan.

Penyebab Varikokel

Perlu diketahui, sebagian besar varikokel terjadi karena adanya permasalahan katup dari korda spermatika yang membawa darah ke testis. Pada saat katup tidak berfungsi sebagaimana mestinya, darah di dalam tubuh tidak akan mengalir dengan baik serta mulai menumpuk di pembuluh darah pada waktu tertentu.

Selain itu, varikokel juga dapat terjadi ketika pembuluh darah lebih besar di perut namun tersumbat sehingga darah terkumpul pada pembuluh darah vena kecil. Umumnya kondisi ini lebih sering dialami oleh seorang pria dengan umur di atas 40 tahunan.

Meskipun demikian, hingga saat ini sebenarnya belum bisa dipastikan apa yang menyebabkan katup pembuluh darah vena tidak berfungsi dengan baik. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa munculnya varikokel pada seorang pria ini disebabkan karena adanya pertumbuhan tumor pada ginjal sehingga menekan pembuluh vena.

Prosedur Operasi Varikokel

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi varikokel, kalian juga sebenarnya harus memahami bagaimana prosedur pelaksanaannya. Dokter akan menentukan jenis operasi varikokel tergantung dari jenis pembedahan yang pasien pilih.

Hal ini dikarenakan hampir semua rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan beberapa macam operasi varikokel. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah jenis operasi varikokel yang dapat pasien pilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Embolisasi

Prosedur emboliasai pada operasi varikokel meliputi pemasukan tabung ke dalam pembuluh darah melalui alat kelamin ataupun leher. Tabung tersebut nantinya digunakan guna memantau pembuluh darah yang membesar melalui sebuah monitor. Umumnya prosedur operasi varikokel melalui embolisasi membutuhkan waktu kurang lebih selama 45 menit sampai 1 jam.

Operasi Terbuka

Selanjutnya yaitu ada operasi terbuka. Dimana operasi terbuka akan dilakukan untuk memperbaiki ataupun mengangkat pembuluh darah vena yang rusak melalui proses pembedahan pada bagian bawah selangkangan atau perut oleh dokter spesialis atau ahli bedah.

Proses pembedahan dilakukan guna menyegel pembuluh darah terkait varikokel dan mengubah arah aliran darah ke pembuluh darah normal lainnya di dalam tubuh seseorang. Umumnya prosedur operasi varikokel jenis ini akan membutuhkan obat bius secara umum maupun lokal.

Bedah Laparoskopik

Sementara bedah laparoskopik ialah salah satu jenis operasi varikokel paling umu dilakukan oleh dokter. Seperti halnya operasi usus buntu, operasi varikokel jenis ini menggunakan alat bernama laparoskop yang sudah dilengkapi dengan kamera serta lampu kecil di ujungnya.

Prosedur pelaksanaannya sendiri hanya memerlukan sayatan kecil di bagian perut kemudian memasukkan alat kecil ke dalamnya. Melalui alat tersebut, dokter akan melihat serta menangani gangguan varikokel secara langsung.

Microscopic Varicocelectomy

Jenis operasi varikokel di rumah sakit terakhir yaitu microscopic varicocelectomy. Operasi jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 jam. Dokter spesialis nantinya akan membuat sayatan selebar 1 cm di atas skrotum lalu menutup semua pembuluh darah kecil di testis.

Biaya Operasi Varikokel

Setelah mengetahui gejala, penyebab hingga prosedur operasi varikokel, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya atau tarif pelayanannya. Untuk saat ini, hampir semua rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan fasilitas ataupun layanan operasi varikokel.

Bahkan sebagian besar rumah sakit tersebut juga sudah menyediakan fasilitas pelayanan untuk 1 jenis pasien, yaitu pasien umum serta pasien BPJS. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik besaran biaya operasi varikokel di rumah sakit berikut ini, entah itu untuk pasien umum maupun BPJS.

Pasien Umum

Bagi pasien umum, mereka perlu mempersiapkan anggaran biaya sekitar Rp 10.000.000 sampai Rp 15.000.000 untuk menjalani operasi varikokel di rumah sakit. Besaran biaya tersebut belum mencakup biaya perawatan serta obat-obatannya. Dengan kata lain, pasien umum perlu mempersiapkan anggaran biaya melebihi Rp 15.000.000 ketika hendak menjalani operasi varikokel.

Pasien BPJS

Seperti halnya operasi mata katarak, pasien peserta BPJS Kesehatan juga berhak mendapatkan keringanan terhadap biayanya. Sebab, saat ini BPJS sudah bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit di Indonesia untuk menanggung semua biaya operasi varikokel tersebut.

Namun, asuransi BPJS tersebut akan menanggung penanganan operasi varikokel atas pertimbangan dari dokter spesialis bedah serta pihak rumah sakit terkait. Sebagai contoh mempertimbangkan tingkat keparahan varikokel, riwayat penyakit pasien sampai ketersediaan fasilitas medisnya.

Efek Samping Operasi Varikokel

Meskipun operasi varikokel di rumah sakit merupakan prosedur aman, namun bukan berarti kegiatan tersebut tidak akan menimbulkan efek samping atau risiko sama sekali. Adapun beberapa efek samping operasi varikokel tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Adanya penumpukan cairan di testis.
  • Susah buang air kecil.
  • Munculnya peradangan, pembengkakan ataupun keluar cairan di luka bekas operasi.
  • Mengalami demam tinggi.
  • Mengalami mual serta muntah.
  • Terjadinya pembengkakan hingga nyeri di area kaki.

Perawatan Pasca Operasi Varikokel

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi varikokel di rumah sakit beserta prosedur pelaksanaannya, baik itu bagi pasien umum maupun BPJS. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips perawatan setelah menjalani operasi varikokel.

  • Mengonsumsi semua obat sesuai anjuran dokter.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri guna mengatasi sakit setelah operasi.
  • Mengikuti instruksi dokter terkait cara membersihkan luka bekas operasi.
  • Mengompres area skrotum selama 10 menit setiap harinya selama beberapa hari.
  • Hindari aktivitas berolahraga berat.
  • Hindari aktivitas seksual sampai 2 minggu pasca operasi.
  • Hindari berkendara ataupun mengoperasikan mesin.
  • Hindari berenang, mandi ataupun merendam skrotum di dalam air.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya operasi varikokel di seluruh rumah sakit di Indonesia, baik itu bagi pasien umum maupun BPJS. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani operasi varikokel di rumah sakit terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *