Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Operasi Batu Ginjal 2022 : Pasien Umum & BPJS

Biaya Operasi Batu Ginjal
Advertisements

Biaya Operasi Batu Ginjal – Kurangnya minum air putih, berat badan berlebih atau melakukan tindakan operasi pada organ pencernaan merupakan sejumlah faktor yang bisa memicu timbulnya batu ginjal. Pembentukan materi keras tersebut disebabkan oleh makanan ataupun masalah kesehatan lain sehingga membuat mineral serta garam mengendap di dalam ginjal.

Batu ginjal sendiri sebenarnya dapat timbul di berbagai macam saluran dalam tubuh manusia, mulai dari sepanjang saluran urine, ginjal, saluran kemih, kandung kemih hingga ureta. Jika penyakit batu ginjal seseorang sudah tergolong parah, maka jalan satu-satunya untuk menyembuhkannya yaitu melakukan prosedur operasi.

Untungnya saat ini hampir semua rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan layanan atau fasilitas operasi pengangkatan batu ginjal. Akan tetapi, pastinya setiap rumah sakit masing-masing memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pasien ketika hendak menjalani operasi batu ginjal, salah satunya yaitu terkait tarif atau biayanya.

Advertisements

Nah, apabila kalian berencana menjalani operasi batu ginjal di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya, entah itu bagi pasien umum maupun BPJS. Untuk membantunya, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya operasi batu ginjal dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Advertisements

Gejala Batu Ginjal

Perlu diketahui, kebanyakan penderita batu ginjal tidak mengalami sejumlah gejala atau indikasi serius. Meskipun demikian, pembentukan batu di dalam organ berbentuk kacang tersebut bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani, seperti menyebabkan kencing batu.

salah satu ciri utama penyakit batu ginjal yaitu kerap terjadi perasaan sakit luar biasa di bagian perut. Selain itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya operasi batu ginjal berlanjut, sebaiknya pahami beberapa tanda atau gejala penyakitnya berikut ini.

  • Terasa nyeri di bagian samping, belakang hingga bawah tulang rusuk.
  • Terasa nyeri perut di bagian bawah serta selangkangan.
  • Adanya sensasi terbakar dan rasa sakit saat buang air kecil.
  • Mengalami kencing berdarah.
  • Mengalami mual dan muntah-muntah.
  • Mengalami demam serta merasa kedinginan apabila terjadi infeksi.

Penyebab Batu Ginjal

Seperti dijelaskan di atas, batu ginjal bisa terbentuk pada saat air kencing atau urine mengandung terlalu banyak bahan kimia. Dimana bahan kimia seperti kalsium, asam urat, sistin ataupun strutive bisa mempercepat pembentukan batu di dalam tubuh seseorang. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah sejumlah penyebab batu ginjal.

  • Adanya tumpukan kalsium berlebihan.
  • Kadar asam urat dalam tubuh tinggi.
  • Infeksi ginjal.
  • Faktor genetik.

Prosedur Operasi Batu Ginjal

Prosedur Operasi Batu Ginjal
Advertisements

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi batu ginjal di sejumlah rumah sakit Indonesia, sebenarnya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur operasinya. Sebenarnya, pemilihan prosedur operasi pengangkatan batu ginjal sendiri tergantung pada tempat pelaksanaannya, dalam hal ini adalah rumah sakit.

Dimana untuk saat ini beberapa rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan 4 jenis prosedur operasi batu ginjal. Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan masing-masing jenis prosedur operasi batu ginjal di rumah sakit berikut ini.

1. Sistokopi

Prosedur operasi batu ginjal pertama adalah sistokopi. Tujuan dilakukannya sistokopi yaitu untuk mengangkat baru di uretera serta kandung kemih. Biasanya prosedur operasi batu ginjal menggunakan metode sistokopi akan membutuhkan obat bius atau anestesi terlebih dahulu.

Nantinya batu di dalam uretera atau kandung kemih akan diangkat menggunakan peralatan medis yang sudah terpasang di sistokop. Apabila pengangkatan batu ginjal berhasil, maka pasien biasanya sudah diperbolehkan pulang dan beraktivitas seperti biasa.

2. Ureteroskopi

Sesuai namanya, prosedur operasi jenis ini bertujuan untuk mengangkat batu ginjal serta ureter menggunakan ureteroskop, yakni sebuah alat selang berkamera. Adapun prosedur operasi batu ginjal menggunakan metode ureteroskopi tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Petugas medis memberikan anestesi kepada pasien.
  • Petugas medis kemudian memasukkan ureteroskop ke dalam lubang kencing guna mencari batu lalu menghancurkan serta mengangkatnya.
  • Setelah itu, petugas medis mengunakan laser atau ESWL untuk memecah batu apabila ukurannya terlalu besar sehingga batu bisa dikeluarkan bersama urine.
  • Selanjutnya petugas medis memasang stent atau sebuah tabung khusus terbuat dari logam pada saluran kemih pasien guna melancarkan aliran urine supaya sisa-sisa batu ginjal bisa keluar semuanya.

3. PCNL

Percutaneous Nephrolithotomy atau Nephrolithotrispy (PCNL) ialah sebuah prosedur operasi batu ginjal dengan sayatan kecil selebar 2 cm. Biasanya prosedur operasi batu ginjal PCNL ini akan dilakukan oleh dokter apabila metode ESWL ataupun sistoskopi dan ureteroskopi tidak berhasil mengatasinya.

Prosedur operasi PCNL menggunakan alat nefroskop, yakni instrumen berupa selang berkamera dibagian ujungnya. Nantinya alat tersebut dimasukkan secara langsung ke dalam ginjal pasien melalui sayatan kecil di punggung. Prosedur operasi PCNL mengharuskan pasien menjalani rawat inap selama kurang lebih 1 sampai 2 hari.

4. Operasi Terbuka

Jenis operasi pengangkatan batu ginjal terakhir yaitu bedah terbuka. Seperti diketahui, operasi bedah terbuka merupakan teknik operasi batu ginjal yang mungkin sudah mulai jarang digunakan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa operasi jenis ini akan dilakukan apabila batu ginjal berukuran besar.

Biaya Operasi Batu Ginjal

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai gejala, penyebab hingga prosedur operasi batu ginjal. Selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar tarif atau biaya operasi pengangkatan batu ginjal di sejumlah rumah sakit di Indonesia, entah itu bagi pasien umum maupun BPJS.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya besaran biaya operasi batu ginjal di rumah sakit hampir sama seperti halnya biaya operasi batu empedu. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan rincian biaya operasi batu ginjal di rumah sakit, baik itu untuk pasien umum ataupun BPJS.

1. Pasien Umum

Seperti sudah disinggung sebelumnya, untuk menjalani operasi pengangkatan batu ginjal di rumah sakit membutuhkan biaya cukup besar. Dimana bagi pasien umum, biaya pengangkatan batu ginjal melalui metode operasi berada di kisaran Rp 5.000.000 sampai Rp 20.000.0000.

Biaya tersebut juga belum mencakup biaya tambahan apabila nantinya pasien diminta untuk menjalani rawat inap. Maka dari itu, saran kami sebaiknya siapkan dana tambahan sebesar 20% sampai 30% dari biaya aslinya untuk berjaga-jaga apabila nantinya terjadi hal-hal di luar dugaan.

2. Pasien BPJS

Seperti halnya biaya operasi pengangkatan lipoma, prosedur operasi batu ginjal juga biasanya ditanggung oleh pemerintah apabila pasien merupakan peserta BPJS Kesehatan. Dimana nantinya pasien tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis ketika menjalani operasi batu ginjal. Akan tetapi, pastinya pasien juga harus memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

Risiko Operasi Batu Ginjal

Meskipun operasi batu ginjal di rumah sakit merupakan sebuah prosedur aman dilakukan, namun tetap saja bahwa tindakan medis tersebut bisa memberikan sejumlah efek samping atau risiko kepada para pasiennya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini adalah sejumlah risiko menjalani operasi batu ginjal di rumah sakit.

  • Infeksi saluran kemih.
  • Mengalami pendarahan.
  • Mengalami penyempitan ureter atau saluran kemih akibat luka operasi.
  • Mengalami efek samping dari obat bius.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini hampir rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan layanan atau fasilitas operasi pengangkatan batu ginjal untuk pasiennya. Untuk besaran biayanya sendiri sebenarnya tergantung pada metode atau jenis operasi yang digunakan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya operasi batu ginjal di rumah sakit Indonesia, Baik itu bagi pasien umum maupun BPJS. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani operasi batu ginjal di rumah sakit terdekat.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.