Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Polip Hidung

Biaya Operasi Polip Hidung

Biaya Operasi Polip Hidung – Penyakit polip hidung merupakan terjadinya pertumbuhan lunak yang tidak menyakitkan serta tidak bersifat kanker pada lapisan saluran hidung atau sinus. Biasanya gangguan ini akan terlihat menggantung seperti tetesan air mata ataupun anggur.

Polip hidung disebabkan dari peradangan kronis karena infeksi berulang, asma, alergi, sensitivitas obat maupun gangguan kekebalan tertentu. Apabila pertumbuhannya cukup besar, maka bisa memblokir saluran hidung seseorang atau menyebabkan masalah pada sistem pernapasan, indra penciuman hingga infeksi.

Jika polip hidung sudah sangat parah, maka langkah terbaik untuk menghilangkannya yaitu dengan menjalani serangkaian operasi. Saat ini operasi polip hidung juga sudah dapat dilakukan di berbagai macam rumah sakit di Indonesia, entah itu di kota-kota besar ataupun kecil.

Namun, sebelum mengunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan operasi polip hidung, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu besaran tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi polip hidung, baik itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS.

Gejala Polip Hidung

Gejala Polip Hidung

Seperti dijelaskan di atas, gangguan polip hidung biasanya berhubungan dengan peradangan pada selaput hidung dan sinus yang berlangsung selama lebih dari 12 minggu. Gangguan tersebut biasanya juga disebut dengan istilah sinusitus kronis.

Namun, apabila gangguannya masih ringan, umumnya para penderitanya tidak akan menyadari hal tersebut. Maka dari itu agar segera ditangani, berikut ini adalah beberapa gejala polip hidung yang wajib diketahui.

  • Pilek.
  • Hidung tersumbat dalam jangka waktu cukup lama.
  • Fungsi indra penciuman berkurang.
  • Kehilangan indra perasa.
  • Nyeri di wajah.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri pada bagian gigi atas.
  • Rasa tertekan di dahi serta wajah.
  • Mendengkur saat tertidur.
  • Ingus menetes di bagian belakang rongga hidung ke tenggorokan.
  • Mengalami mimisan.
  • Merasa gatal di sekitar mata.

Penyebab Polip Hidung

Penyebab Polip Hidung

Sebelum membahas biaya operasi polip hidung di rumah sakit berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab gangguan tersebut. Sebagaimana diketahui, polip hidung bisa terbentuk saat selaput lendir (membran mukosa) dari saluran pernapasan dan sinus mengalami peradangan.

Meskipun demikian, sebenarnya penyebab pasti tumbuhnya polip hidung pada seseorang di dalam dunia medis belum diketahui. Akan tetapi menurut beberapa dokter spesialis, penyebab polip hidung diduga di picu oleh reaksi terhadap alergi.

Prosedur Operasi Polip Hidung

Prosedur Operasi

Selain membayar biaya operasi polip hidung sesuai ketentuan, pasien pastinya juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Biasanya operasi polip hidung dilakukan oleh dokter spesialis dengan bantuan dari beberapa perawat. Adapun prosedur operasi polip hidung diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Tahap Awal

Pertama-tama, dokter memberikan anestesi atau bius lokal kepada pasiennya. Jadi, pasien akan tertidur dan tidak merasakan apa pun selam proses operasi polip hidung berlangsung. Biasanya operasi polip hidung hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Tahap Operasi

Tahap selanjutnya yaitu dokter memasukkan endoskop melalui lubang hidung pasien. Setelah itu, dokter menggunakan alat atau instrumen kecil ke dalam hidung untuk mengangkat polip beserta jaringan lainnya yang menyumbat saluran hidung. Perlu diketahui, prosedur ini tidak akan membuat sayatan atau luka apapun pada hidung dan wajah pasien.

Tahap Akhir

Langkah berikutnya dokter akan memasang nasal pack di dalam saluran hidung setelah polip diangkat untuk mencegah pendarahan. Nasal pack tersebut bisa pasien lepas keesokan harinya. Selam menggunakan nasal pack, pasien mungkin hanya bisa bernapas melalui mulut untuk sementara waktu.

Biaya Operasi Polip Hidung

Biaya Operasi Polip Hidung di Rumah Sakit

Karena operasi polip hidung menggunakan alat endoskop, maka besaran biayanya juga hampir setara seperti saat melakukan ENDOSKOPI DI RS HERMINA. Meskipun demikian, besaran tarif operasi polip hidung juga biasanya bisa berbeda di beberapa rumah sakit.

Biasanya perbedaan biaya tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor seperti tingkat keparahan polip, kelas rumah sakit, risiko operasi dan beberapa faktor lainnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan rincian biaya operasi polip hidung bagi pasien umum ataupun BPJS.

Pasien Umum

Bagi pasien umum, biasanya beberapa rumah sakit di Jakarta, Bandung, Yogyakarta hingga Surabaya mematok biaya operasi polip hidung mulai dari Rp 3.000.000 sampai Rp 12.000.000. Selain itu, biaya tersebut juga belum termasuk biaya pembelian obat-obatan serta konsultasi dokter. Jadi, kalian perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk berjaga-jaga apabila diminta untuk membeli obat-obatan.

Pasien BPJS

Jika ingin berhemat, kalian bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk menjalani operasi polip hidung. Seperti halnya OPERASI USUS BUNTU, pasien peserta BPJS Kesehatan juga tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis saat menjalani operasi polip hidung. Namun, dengan syarat pasien BPJS tersebut harus memenuhi semua syarat beserta ketentuan dari pihak rumah sakit terkait.

Efek Samping Operasi Polip Hidung

Efek Samping Operasi

Meskipun operasi polip hidung merupakan prosedur aman, namun bukan berarti kegiatan tersebut tidak akan menimbulkan risiko atau efek samping kepada pasiennya. Nah, berikut adalah beberapa efek samping setelah menjalani operasi polip hidung di rumah sakit.

  • Pendarahan hidung.
  • Infeksi luka operasi.
  • Tumbuhnya kerak di hidung.
  • Cedera saraf.
  • Polip muncul kembali.

Tips Mencegah Polip Hidung

Tips Mencegah Polip Hidung

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi polip hidung beserta prosedur pelaksanaannya. Untuk mencegah kemungkinan terkena polip hidung atau mencegahnya muncul kembali, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Kontrol alergi serta asma dengan baik.
  • Hindari penyebab iritasi hidung sebisa mungkin, seperti asap rokok, asap dari bahan kimia, debu serta polusi udara.
  • Mencuci tangan secara teratur setelah selesai beraktivitas.
  • Gunakanlah humidifier untuk melembapkan udara di dalam sebuah ruangan.
  • Gunakan pembersih hidung atau semprotan air hidung untuk membilas rongga hidung serta memastikan tidak adanya alergen ataupun iritan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif operasi polip hidung di rumah sakit cukup berbeda di beberapa daerah. Biasanya perbedaan biaya tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor seperti tingkat keparahan polip, kelas rumah sakit, risiko operasi dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya operasi polip hidung di beberapa rumah sakit entah itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani operasi polip hidung di rumah sakit terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *