Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Tambah Daya Listrik PLN 2022 : Syarat & Cara Pengajuan

Biaya Tambah Daya Listrik PLN

Biaya Tambah Daya Listrik PLN – Seperti diketahui, peralatan elektronik di rumah memiliki kapasitas daya masing-masing. Untuk peralatan elektronik seperti AC, setrika, rice cooker hingga pompa air biasanya membutuhkan daya sangat besar sehingga alat-alat tersebut tidak dapat berjalan bersamaan apabila daya listrik di rumah terbatas.

Salah satu permasalahan yang mungkin kerap dialami oleh pelanggan PLN ketika memaksakan menggunakan peralatan elektronik berdaya besar namun kapasitas listrik di rumah tidak memadai yaitu meteran sering turun atau anjlok. Jika mengalami permasalahan tersebut, maka solusi paling tepat yaitu mengajukan penambahan daya listrik kepada pihak PLN.

Untungnya, saat ini prosedur pengajuan permohonan penambahan daya listrik PLN sudah bisa dilakukan dengan mudah oleh pelanggan, entah itu secara offline maupun online. Akan tetapi, pelanggan PLN perlu memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan ketika ingin mengajukan permohonan penambahan daya listrik, salah satunya yaitu tentang biaya administrasinya.

Maka dari itu, jika kalian berencana mengajukan permohonan tambah daya listrik PLN, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap besaran biaya tambah daya listrik PLN untuk semua kapasitas dan kategori dilengkapi prosedur pengajuannya.

Syarat Tambah Daya Listrik PLN

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika seorang pelanggan PLN hendak mengajukan permohonan tambah daya listrik di rumah, mereka perlu memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuannya. Maka dari itu, sebelum pembahasan biaya tambah daya listrik PLN berlanjut, sebaiknya pahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu berikut ini.

Kesehatan
  • Pelanggan menyetujui ketentuan penempatan Alat Pembatas dan Pengukur (APP) milik PLN supaya bisa lebih aman serta proses pemeriksaan berjalan lancar nantinya.
  • Pelanggan bersedia menjaga APP dan perlengkapan milik PLN.
  • Siap membayar ganti rugi APP yang hilang atau rusak akibat kelalaian maupun kesengajaan pelanggan.
  • Konsumen membayar tagihan atas pemakaian listrik secara tepat waktu.
  • Konsumen membayar tagihan susulan jika terdapat pelanggaran pemakaian tenaga ataupun akibat pemakaian tidak terukur secara penuh.
  • Pelanggan menyediakan lokasi dan membayar biaya pemindahan serta ganti rugi kWh yang tidak teratur jika mereka ingin memindahkan tiang listrik dan peralatan pendukung lainnya atas persetujuan PLN.
  • Konsumen melapor kepada PLN maksimal 7 hari setelah dilakukannya proses penyalaan pada persil guna memastikan kesesuaian prosedur.
  • Mempersiapkan ID pelanggan atau nomor meteran, nama pelanggan, identitas pelanggan seperti KTP/SIM/Paspor, alamat lengkap serta nomor telepon.
  • Membeli stroom perdana minimal Rp 5.000 untuk listrik prabayar.
  • Membayar biaya tambah daya listrik PLN sesuai ketentuan.
  • Jika dikuasakan, pelanggan perlu mempersiapkan surat bermaterai dengan nama, alamat, nomor telepon hingga nomor identitas pemohon (KTP/SIM/Paspor).

Cara Tambah Daya Listrik PLN

Seperti halnya proses pemasangan listrik baru PLN, prosedur permohonan pengajuan tambah daya listrik juga saat ini sudah bisa dilakukan secara offline maupun online. Untuk pengajuan tambah daya listrik secara offline, pelanggan hanya perlu mengunjungi kantor cabang atau rayon PLN terdekat.

Sementara pengajuan tambah daya listrik secara online, saat ini pelanggan bisa mengajukan permohonan melalui situs resmi milik PLN. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara pengajuan permohonan tambah daya listrik PLN secara online melalui website resminya berikut ini.

1. Kunjungi Situs Resmi PLN

Kunjungi Situs Resmi PLN

Langkah pertama, silahkan kunjungi situs resmi PLN di https://portal.pln.co.id/, entah itu melalui smartphone, laptop ataupun komputer/PC. Setelah berada di halaman berada PLN tersebut, pilihlah Layanan Pelanggan.

2. Masuk Menu Ubah Daya

Masuk Menu Ubah Daya

Setelah masuk ke Layanan Pelanggan, nantinya akan muncul beberapa fasilitas. Cara selanjutnya, silahkan pilih menu Ubah Daya.

3. Setujui Syarat dan Ketentuan

Setujui Syarat dan Ketentuan

Kemudian secara otomatis kalian akan dibawa ke halaman persetujuan syarat dan ketentuan perubahan daya listrik PLN secara online. Silahkan baca serta pahami semua syarat hingga ketentuannya. Jika sudah, silahkan klik Setuju.

4. Isi Formulir Tambah Daya Listrik PLN

Isi Formulir Tambah Daya Listrik PLN

Pada tahap ini, nantinya kalian perlu mengisi formulir informasi pribadi sebagai pelanggan PLN mulai dari ID pelanggan, nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor HP, email dan lain sebagainya. Isilah semua formulir tersebut dengan benar sesuai data diri kalian.

5. Pembayaran Biaya Tambah Daya Listrik

Pembayaran Biaya Tambah Daya Listrik

Setelah proses pengajuan permohonan tambah daya listrik sudah selesai, nantinya kalian akan mendapatkan email dari PLN. Di dalam email tersebut berisikan link yang akan mencantumkan kode bayar biaya tambah daya listrik PLN. Silahkan lunasi biaya penambahan daya listrik sesuai ketentuan dari PLN.

6. Proses Tambah Daya Listrik

Proses Tambah Daya Listrik

Tahap terakhir, tunggulah petugas PLN datang lalu menambah daya listrik di rumah. Umumnya proses permohonan pengajuan tambah daya listrik PLN membutuhkan waktu kurang lebih selama 10 hari kerja, terhitung dari tanggap pembayaran biaya administrasinya.

Sebagai informasi tambahan, ketika pelanggan meteran listrik pascabayar mengajukan tambah daya listrik, maka secara otomatis pihak PLN juga akan mengganti jenis meteran listriknya menjadi prabayar. Maka dari itu, sebaiknya pelajari terlebih dahulu berapa berapa besar biaya ganti meteran listrik ke token.

Biaya Tambah Daya Listrik PLN

Setelah mengetahui syarat hingga prosedur tambah daya listrik, tahap selanjutnya yaitu tinggal masuk ke poin pembahasan utama mengenai biaya administrasinya. Perlu diketahui, untuk saat ini terdapat 3 komponen penting di dalam biaya tambah daya listrik PLN, yaitu biaya penyambungan, biaya ganti MCB hingga uang jaminan pelanggan.

Tentunya masing-masing komponen biaya penambahan daya listrik tersebut sudah diatur dan ditentukan oleh pihak PLN. Agar lebih jelasnya, berikut adalah besaran biaya tambah daya listrik PLN untuk semua kapasitas, entah itu dari segi penyambungan, biaya ganti MCB hingga uang jaminan pelanggan.

1. Biaya Penyambungan

Di dalam biaya tambah daya listrik PLN, biaya penyambungan menjadi hal terpenting untuk diperhatikan. Dimana besaran biaya penyambungan juga biasanya akan berbeda-beda, tergantung pada tingkat perubahannya seperti 450 VA ke 900 VA dan lain sebagainya. Adapun besaran biaya penyambungan di dalam prosedur tambah daya listrik PLN untuk semua kapasitas tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Daya Lama (VA)Daya Baru (VA)Biaya
450900
1300
2200
3500
4400
5500
Rp 421.650
Rp 794.450
Rp 1.639.750
Rp 2.995.450
Rp 3.827.550
Rp 4.893.450
9001300
2200
3500
4400
5500
Rp 374.800
Rp 1.218.100
Rp 2.519.400
Rp 3.391.500
Rp 4.457.400
13002200
3500
4400
5500
Rp 843.300
Rp 2.131.800
Rp 3.003.900
Rp 4.069.800
22003500
4400
5500
Rp 1.259.700
Rp 2.131.800
Rp 3.197.700
35004400
5500
Rp 872.100
Rp 1.938.000
44005500Rp 1.065.900

2. Biaya Ganti MCB

Ketika mengajukan permohonan tambah daya listrik PLN, kalian juga perlu mengganti peralatan seperti MCB atau Miniature Circuit Breaker. Besaran biaya ganti MCB PLN sendiri sebenarnya tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000 saja.

3. Uang Jaminan Pelanggan

Terakhir yaitu ada uang jaminan pelanggan yang akan dibebankan kepada pengguna listrik pascabayar ketika mengajukan permohonan tambah daya listrik PLN. Untuk kisaran uang jaminan pelanggan sendiri juga tergantung pada kebijakan PLN. Namun, biasanya uang jaminan bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Call Center PLN

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap besaran biaya tambah daya listrik PLN untuk semua kapasitas dilengkapi syarat hingga prosedur pengajuannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak PLN melalui contact center berikut ini.

  • WhatsApp : 123
  • Telepon : (Kode Area) 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : PLN123_official

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa biaya penambahan daya listrik PLN terbagi menjadi beberapa komponen. Selain itu besaran biaya administrasi penambahan daya listrik juga nantinya tergantung pada kapasitasnya. Jadi, semakin besar penambahan daya, maka akan semakin besar pula biayanya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya tambah daya listrik PLN untuk semua kapasitas dilengkapi syarat hingga prosedur pengajuannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengajukan permohonan penambahan daya listrik PLN di rumah.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.