Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil

Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil

Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil – Sebagaimana diketahui, dinamo starter pada mobil memiliki peranan sangat penting yaitu untuk menghidupkan mesin. Cara kerjanya yaitu dinamo starter akan mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi gerak untuk menggerakkan poros mesin melalui fly wheel.

Seperti halnya komponen-komponen mobil lainnya, dinamo starter juga bisa mengalami kerusakan seiring dengan bertambahnya usia pakai. Umumnya dinamo starter mobil akan mengalami beberapa permasalahan setelah masa pakai sekitar 3 sampai 5 tahun.

Salah satu ciri yang paling menonjol apabila dinamo starter mengalami kerusakan yaitu mesin sulit dihidupkan. Jika diantara kalian mengalami permasalahan tersebut, alangkah baiknya lakukan perbaikan atau servis ke bengkel dinamo terdekat.

Namun, sebelum melakukan perbaikan dinamo mobil di bengkel langganan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berapa ongkos atau tarif jasa bengkelnya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perbaikan dinamo starter mobil di bengkel.

Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Bermasalah

Ciri Dinamo Starter Mobil Bermasalah

Seperti dijelaskan di atas, salah satu tanda bahwa dinamo starter mengalami kerusakan yaitu mobil sulit untuk dinyalakan. Selain itu, terdapat juga beberapa ciri lain yang bisa menandakan dinamo starter sedang mengalami permasalahan. Ciri-ciri tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Lampu depan mobil mendadak redup atau bahkan mati.
  • Lampu di dalam kabin mati apabila mobil di starter.
  • Mengeluarkan suara-suara aneh saat mobil dinyalakan.
  • Baterai atau aki mobil tidak berfungsi secara normal.

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

Jika mobil kalian mengalami beberapa ciri-ciri di atas, ada kemungkinan bahwa dinamo starter rusak. Mungkin sebagian besar diantara kalian bertanya-tanya apa penyebab kerusakan komponen tersebut. Nah, sebelum membahas biaya perbaikan dinamo starter mobil lebih lanjut, ada baiknya ketahui beberapa penyebab kerusakannya di bawah ini.

1. Memaksa Dinamo Bekerja

Penyebab pertama rusaknya dinamo starter pada mobil yaitu karena kalian terlalu memaksa dinamo bekerja saat mesin tidak mau menyala. Pasalnya, memaksa dinamo bekerja akan membuat dinamo starter menjadi panas sehingga bisa berpotensi membakar komponen-komponen di dalamnya.

2. Carbon Brush Dinamo Starter Habis

Habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter juga bisa menjadi alasan mengapa komponen tersebut mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan ini ditandai dengan melemahnya putaran dinamo serta keluarnya suara-suara aneh saat di starter.

3. Aki Bermasalah

Penyebab terakhir mengapa dinamo starter mobil tidak berfungsi dengan baik yaitu karena adanya masalah pada aki atau baterai mobil. Hal ini bisa saja dikarenakan suplai tenaga listrik dari aku melemah sehingga dinamo starter tidak bisa bekerja secara maksimal.

Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil

Rincian Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil

Sama halnya ketika melakukan SERVICE ALTERNATOR MOBIL, kegiatan memperbaiki dinamo starter juga haus dilakukan di bengkel khusus dinamo. Besaran biaya atau tarif perbaikannya juga tergantung dengan tingkat kesulitan serta kerusakan dinamo starter.

Apabila kerusakan dinamo starter tidak terlalu parah, maka kalian tidak perlu mengganti komponen secara utuh sehingga bisa menghemat biaya. Umumnya rentang harga yang ditawarkan untuk biaya perbaikan dinamo starter mobil di bengkel yaitu mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 800.000.

Namun, jika permasalahannya terlalu besar maka tidak bisa diperbaiki dengan cara menyervis, melainkan harus diganti dengan dinamo starter baru. Tentunya hal tersebut akan menguras biaya mengingat harga dinamo starter terbilang cukup mahal.

Harga Dinamo Starter Mobil

Harga Dinamo Starter

Apabila bengkel dinamo tidak bisa melakukan perbaikan dan menyarankan untuk menggantinya dengan yang baru, mau tidak mau kalian harus membelinya. Pada dasarnya harga komponen dinamo starter cukup bervariasi, tergantung dengan kelas, jenis mobil serta mereknya.

Biasanya dinamo starter mobil keluaran baru akan lebih mahal dibandingkan mobil mobil yang tergolong dalam kategori lawas. Sebagai kisaran, rentang harga dinamo starter baru untuk mobil keluaran tahun 2000 ke atas di mulai dari Rp 800.0000, Rp 1.0000.000 hingga Rp 2.000.000.

Perlu diingat, besaran harga tersebut bergantung pada tipe mobil serta merek komponen dinamo starter. Selain itu, biaya di atas juga sudah termasuk untuk semua komponen atau bundling satu paket.

Tips Perawatan Dinamo Starter Mobil

Tips Perawatan Dinamo Starter

Setelah mengetahui rincian biaya perbaikan dinamo starter mobil di bengkel, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara merawat komponen tersebut. Kegiatan ini perlu dilakukan agar dinamo starter pada mobil memiliki usia pakai lama sehingga meminimalisir biaya perbaikan.

  • Jangan memaksakan dinamo starter bekerja terlalu ekstra ketika mobil tidak dapat dinyalakan.
  • Lakukan pengecekan komponen aki secara rutin, apakah masih memiliki tegangan setrum yang baik atau tidak.
  • Selalu perhatikan kondisi bendik di mobil.
  • Gunakan komponen genuine atau original pada dinamo starter.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya servis dinamo starter mobil bergantung pada tingkat kesulitan serta kerusakan komponen. Semakin parah kerusakan, maka akan semakin mahal ongkos jasa perbaikannya di bengkel dinamo.

Itulah sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar kisaran biaya perbaikan dinamo starter mobil untuk semua tipe di bengkel dinamo. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan gambaran ketika hendak melakukan servis dinamo starter mobil di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *