Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Service Radiator Mobil

Biaya Service Radiator Mobil

Biaya Service Radiator Mobil – Radiator merupakan salah satu komponen yang sangat vital bagi sebuah mobil. Komponen tersebut memiliki fungsi utama sebagai pendingin mesin mobil sehingga mampu mengontrol panas pada mesin agar tidak overheat atau panas berlebihan.

Tidak menutup kemungkinan jika usia pakai radiator sudah lama maka akan timbul berbagai macam masalah seperti cairan merembes ataupun bocor. Oleh sebab itu jika komponen vital tersebut mengalami kerusakan, sebaiknya segera lakukan perbaikan di bengkel spesialis radiator.

Namun, kebanyakan pemilik mobil yang belum pernah melakukan perbaikan radiator akan berpikiran bahwa biaya perbaikan tersebut akan menguras dompet. Pada dasarnya besaran harga service radiator mobil ini tergantung dengan tingkat kesulitannya serta seberapa parah kerusakannya.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan perbaikan radiator mobil alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa kisaran biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya service radiator mobil mulai dari ongkos pembongkaran hingga perbaikan komponen-komponennya.

Ciri-Ciri Radiator Mobil Bermasalah

Ciri Ciri Radiator Mobil Bermasalah

Seperti dijelaskan di atas, radiator merupakan serangkaian sistem pendingin yang berisikan cairan untuk mengontrol panas pada mesin mobil. Jika mobil kalian terasa bermasalah terutama pada sistem pendinginannya, sebaiknya simak baik-baik ciri-ciri radiator mengalami kerusakan di bawah ini.

  • Mobil overheat atau mengalami panas berlebihan.
  • Volume air di dalam radiator cepat habis.
  • Selang input radiator bocor.
  • Bagian bawah radiator meneteskan air.
  • Permukaan radiator mengalami perkaratan.
  • Adanya lumpur di tutup radiator.

Penyebab Radiator Mobil Bermasalah

Penyebab Radiator Mobil Bermasalah

Jika kalian mengalami beberapa permasalahan di atas, sudah dipastikan bahwa radiator mengalami kerusakan. Nah, sebelum membahas biaya service radiator mobil lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab komponen tersebut bermasalah.

  • Komponen radiator mobil sudah berumur sehingga sudah tidak layak pakai.
  • Tersumbatnya saluran output karena debu dan kotoran.
  • Radiator terkena benda asing sehingga mengalami kebocoran.
  • Kualitas air radiator atau water coolant jelek.

Biaya Service Radiator Mobil

Sebenarnya tarif memperbaiki radiator di bengkel tidak jauh berbeda ketika melakukan SERVICE ALTERNATOR MOBIL. Pasalnya proses perbaikan tersebut akan melalui berbagai macam tahap seperti pembongkaran, pemeriksaan komponen atau bahkan penggantian komponen. Daripada penasaran, langsung saja simak rincian biaya service radiator mobil di bengkel berikut ini.

Biaya Pembongkaran Radiator

Biaya Pembongkaran Radiator

Biaya pembongkaran radiator biasanya sudah meliputi ongkos pelepasan, perbaikan, penambalan bila bocor hingga pemasangan radiator kembali ke mobil. Umumnya para penyedia jasa seperti bengkel radiator mematok harga mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 250.000. Besaran biaya tersebut tergantung dengan tingkat kerusakan serta kesulitan perbaikan radiator.

Biaya Service Komponen

Biaya Service Komponen

Sementara jika kalian sudah melepas semua komponen radiator sendiri, montir biasanya akan mematok tarif sekitar Rp 100.000 untuk biaya service atau perbaikannya. Bisa juga ongkosnya lebih murah karena montir tidak melakukan penambalan radiator.

Biaya Penggantian Komponen

Biaya Penggantian Komponen

Jika kerusakan radiator sudah lumayan parah, maka montir akan menyarankan untuk mengganti atau menambah beberapa komponen. Bisanya penggantian komponen tersebut seperti pada bagian atas radiator dengan melakukan pengelasan untuk lubang masuk ataupun lubang keluar dari radiator. Tentunya kegiatan ini akan menambah biaya service radiator mobil dengan membeli komponen baru serta upah pemasangannya.

Biaya Kuras Radiator

Biaya Kuras Radiator

Terakhir yaitu penggantian air radiator atau water coolant dengan yang baru membutuhkan biaya sekitar Rp 30.000. Namun jika kalian menginginkan pengurasan radiator memerlukan biaya tambahan kurang lebih Rp 20.000 untuk ongkos montirnya.

Cara Merawat Radiator Mobil

Cara Merawat Radiator

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap rincian biaya service radiator mobil mulai dari pelepasan komponen, service, penggantian komponen hingga pemasangannya. Supaya radiator mobil lebih awet dan terhindar dari kerusakan, sebaiknya ikuti beberapa tips merawatnya berikut ini.

  • Mengganti air radiator secara berkala.
  • Memastikan selang radiator baik-baik saja.
  • Rutin memeriksa dan memastikan tutup radiator dalam kondisi baik.
  • Memeriksa klem selang radiator masih kencang.
  • Pastikan kipas pendingin radiator masih bisa bekerja secara otomatis pada suhu kerjanya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tarif service radiator pada mobil ini cukup bervariasi, tergantung pada tingkat kerusakan serta kesulitan perbaikannya. Namun, perlu diingat bahwa ongkos bengkel radiator di beberapa daerah bisa saja berbeda karena beberapa faktor.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif terkait rincian biaya service radiator mobil mulai dari pembongkaran, perbaikan hingga pemasangan kembali. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memperbaiki radiator di bengkel.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *