Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes – Mungkin diantara kalian pernah menjumpai oli mesin mobil rembes pada bagian bawah mobil atau bagian lainnya. Selain akan mengganggu kebersihan ruang mesin, kondisi tersebut juga menjadi pertanda bahwa terdapat kerusakan pada mesin mobil.

Kebocoran oli mesin mobil umumnya disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian packing atau seal di dalam blok mesin. Selain itu, merembesnya oli keluar dari bagian mesin mobil juga bisa disebabkan oleh insiden seperti benturan keras ataupun kecelakaan.

Jika mobil kalian mengalami permasalahan tersebut, sebaiknya segera perbaiki karena kebocoran oli sangat berisiko terhadap performa mobil. Namun, sebagian besar pemilik mobil pasti tidak mengetahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan atau service.

Oleh sebab itu sebelum memperbaikinya di bengkel, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau ongkos bengkelnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya perbaikan oli mesin mobil rembes.

Penyebab Oli Mesin Mobil Rembes

Penyebab Oli Mesin Mobil Rembes

Jika kebocoran oli mesin mobil dibiarkan secara terus menerus, maka secara perlahan oli di dalam mesin akan habis. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya perbaikan oli mesin mobil rembes lebih lanjut, ada baiknya ketahui beberapa penyebabnya berikut ini.

1. Kerusakan Baut Penutup

Penyebab pertama oli mesin mobil rembes yaitu karena baut penutup rusak. Kerusakan baut penutup bisa saja terjadi karena saat penggantian oli mekanik kurang rapat dalam menutupnya. Atau bisa juga karena terlalu keras memasangnya sehingga ulir baut terkelupas.

2. Kebocoran Bak Oli

Sebagaimana diketahui, setiap mobil tentunya memiliki bagian yang disebut dengan packing carter atau bak oli. Biasanya pada mobil keluaran lama memiliki gasket berbahan karet di dasar bak. Apabila usia pakai mobil sudah lama, maka bagian tersebut akan mengeras sehingga mengakibatkan oli mesin tercecer.

3. Seal Filter Rusak

Penyebab oli mesin mobil rembes terakhir yaitu karena adanya kerusakan pada seal filter oli. Selain itu, crankshaft atau poros engkol juga bisa mengalami kebocoran sehingga oli mesin rembes. Oleh karena itu, selalu lakukan pengecekan kondisi mobil secara rutin agar terhindar dari permasalahan tersebut.

Akibat Oli Mesin Mobil Rembes

Akibat Oli Mesin Mobil Rembes

Seperti dijelaskan di atas, kebocoran oli mesin sangat berisiko pada performa mobil. Rembesan tersebut lama kelamaan akan semakin meluas sehingga volume oli akan berkurang. Di saat oli lebih sedikit dari kebutuhan standar, maka pelumasan tidak akan bekerja secara optimal.

Hal tersebut bisa saja mengakibatkan komponen di dalam mesin mengalami keausan. Selain itu, gesekan yang tidak terkendali akan membuat beragam kerusakan bermunculan seperti silinder piston semakin menipis, kanvas kopling terkikis hingga gigi transmisi mulai terganggu.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Rincian Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Cukup berbeda dengan SERVICE ALTERNATOR, biaya perbaikan oli mesin mobil rembes di bengkel terbilang cukup mahal. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat beberapa faktor yang akan mempengaruhi perbaikan komponen sehingga bengkel mematok harga cukup tinggi.

Faktor-faktor tersebut diantaranya yaitu seperti jenis mobil, penyebab kerusakan, kualitas spare part hingga harga pasaran dari spare part mobil. Selanjutnya terdapat juga tambahan tarif berupa ongkos pengecekan serta perbaikan mobil oleh mekanik bengkel.

Jika oli mesin mobil rembes disebabkan karena kerusakan packing mesin, maka biaya penggantian komponen beserta jasa upah perbaikan oli mesin mobil berkisar antara Rp 375.000 hingga Rp 500.000. Besaran biaya tersebut sudah termasuk satu set packing mesin sesuai dengan jenis dan merk mobil.

Sedangkan untuk ongkos service atau perbaikan mesin mobil ketika mengalami kebocoran oli ini berada di kisaran Rp 100.000 sampai Rp 200.000. Tentunya besaran harga perbaikan oli mesin merembes dapat berbeda-beda tergantung dengan tingkat kesulitan hingga tingkat kerusakannya.

Tips Merawat Agar Oli Mesin Tidak Rembes

Tips Merawat Mesin Tidak Rembes

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap kisaran biaya perbaikan oli mesin mobil merembes untuk semua jenis-jenisnya. Untuk mengatasi supaya oli tidak merembes lagi, ikuti beberapa tips perawatan mesin mobil di bawah ini.

  • Lakukan pengecekan poros mesin secara rutin.
  • Periksa gasket mesin mobil dalam kondisi baik.
  • Gunakan sealant oli mesin.
  • Perbaiki baut penampung oli.

Kesimpulan

Meskipun tarif perbaikan oli mesin mobil rembes di bengkel terbilang cukup mahal, namun kalian harus tetap melakukannya. Pasalnya, jika tidak segera diperbaiki maka akan mengakibatkan kerusakan cukup parah pada beberapa komponen mesin.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif terkait kisaran biaya perbaikan oli mesin mobil rembes untuk semua tipe serta jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan perbaikan mesin di bengkel langganan.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *