Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil Semua Tipe 2022

Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil

Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil – Seperti diketahui, mempunyai mobil memang sejatinya bukan hanya untuk digunakan sehari-hari saja. Namun dibutuhkan adanya perawatan layaknya anak sendiri. Tujuannya yaitu supaya di kemudian hari mobil tetap sehat dan tidak memakan biaya perbaikan terlalu besar.

Dimana merawat mobil bukan berarti hanya melakukan service saja, melainkan membutuhkan pemakaian yang apik dan tidak sembarangan supaya komponen mobil tetap terawat. Perawatan yang mungkin paling umum untuk dilakukan yaitu seperti oli, aku, AC, ban, steering serta kanvas rem.

Akan tetapi, ternyata terdapat satu komponen yang tidak boleh luput dari pengawasan kalian karena fungsinya tidak kalah vital bagi kesehatan mobil, yakni ring piston atau ring seher. Apabila komponen atau sparepart tersebut mengalami permasalahan cukup serius, maka segeralah perbaiki di bengkel spesialis.

Nah, apabila diantara kalian mengalami permasalahan pada ring piston mobil, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biaya perbaikannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya perbaikan ring piston mobil di bengkel resmi maupun umum.

Fungsi Ring Piston Pada Mobil

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya perbaikan ring piston mobil di bengkel lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya, ring piston mobil merupakan salah satu bagian mesin sebagai komponen slow moving.

Kesehatan

Salah satu sparepart yang berada di dalam sehingga tidak bisa dilihat dengan mudah, membuat ring piston tidak banyak diketahui padahal perannya sangat penting. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa fungsi ring piston mobil.

  • Menjaga kompresi mesin.
  • Mencegah kebocoran kompresi.
  • Menghalangi oli masuk ke ruang bakar.
  • Mengurangi gesekan dinding silinder.
  • Mengirim panas dengan tepat.

Indikasi Ring Piston Mobil Bermasalah

Perlu diketahui, sebenarnya umur ring piston memang tergolong jauh lebih tahan lama apabila dibandingkan dengan beberapa komponen mesin mobil lainnya. Meskipun demikian, apabila waktunya tiba, maka ring piston mobil akan mengalami aus sehingga diameter ring akan mengecil.

Seperti halnya komponen mesin mobil pada umumnya, munculnya sebuah permasalahan ataupun kerusakan pastinya ditandai dengan beberapa hal atau gejala. Oleh karena itu, berikut juga akan kami berikan sejumlah indikasi atau gejala ring piston mobil bermasalah.

  • Oli mesin mobil cepat habis.
  • Keluar asap putih dari knalpot mobil.
  • Suara mesin mobil menjadi lebih kasar.

Penyebab Ring Piston Mobil Rusak

Selain harus mengetahui besaran biaya perbaikan ring piston mobil di bengkel, tentunya kalian juga harus mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebab permasalahannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, seiring dengan berjalannya waktu pemakaian, ring piston bisa saja mengalami keausan.

Dimana keausan ring piston mobil ini akan membuat diameter ring akan semakin mengecil sehingga bisa menyebabkan kebocoran kompresi. Bahkan ketika ring piston mobil kotor atau tergores, maka hal ini bisa saja menyebabkan beberapa kerusakan, salah satunya yaitu membuat campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang oli sehingga merusak kualitas oli.

Secara garis besarnya, apabila terdapat kerusakan pada ring seher atau ring piston, maka performa mesin mobil menjadi kurang baik. Dimana permasalahan ini biasanya ditandai dengan tarikan mesin mobil terasa lebih berat atau respons mobil mulai melambat.

Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil

Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil di Bengkel

Setelah mengetahui beberapa fungsi, indikasi hingga penyebab kerusakan pada ring piston mobil, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya perbaikannya. Sebenarnya besaran ongkos jasa perbaikan ring piston mobil bisa saja berbeda di beberapa bengkel, entah itu bengkel resmi ataupun umum.

Namun, apabila dibutuhkan adanya penggantian komponen, maka nantinya pemilik mobil harus mempersiapkan anggara dana tambahan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik besaran biaya perbaikan ring piston mobil untuk semua tipe di bawah ini, baik itu di bengkel resmi maupun umum.

Bengkel Resmi

Apabila melakukan perbaikan ring piston mobil di bengkel resmi, maka biasanya proses pengerjaannya harus melalui overhaul atau turun mesin secara keseluruhan. Sebagai contoh perbaikan ring piston mobil Avanza tahun 2012, biasanya kalian akan menghabiskan biaya sekitar Rp 8.375.000.

Dimana di dalam besaran biaya tersebut biasanya sudah mencakup beberapa hal seperti biaya ganti ring piston mobil, biaya jasa mekanik hingga penggantian gasket mesin. Selain itu, besaran biaya perbaikan ring piston mobil juga biasanya sudah termasuk biaya pengecekan mesin secara keseluruhan dan pastinya menggunakan komponen original.

Bengkel Umum

Sama halnya seperti pada poin sebelumnya, perbaikan ring piston mobil di bengkel umum juga akan melalui proses overhaul atau turun mesin secara keseluruhan. Namun, seperti halnya biaya perbaikan oli mesin mobil rembes di bengkel umum, besaran biaya perbaikan ring piston akan sedikit lebih murah ketimbang bengkel resmi.

Sebagai contoh mobil Nissan Livina 1.500 cc tahun 2012 akan membutuhkan anggaran biaya sebesar Rp 5.300.000 untuk memperbaiki ring piston. Adapun di dalam besaran biaya tersebut biasanya sudah mencakup pembelian ring piston untuk keempat silinder sebesar Rp 600.000, jasa mekanik untuk overhaul dan penggantian ring piston Rp 3.000.000 serta penggantian 1 set gasket original Rp 1.700.000.

Tips Merawat Ring Piston Mobil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya perbaikan ring piston mobil untuk semua tipe dilengkapi dengan beberapa ciri hingga penyebab kerusakannya. Nah, sebagai informasi tambahan, sebenarnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara ataupun tips merawat komponen tersebut.

Mungkin salah satu perawatan paling mudah untuk dilakukan oleh para pemilik mobil yaitu menggunakan oli sesuai standar pabrik. Dimana kalian dapat mengganti oli mesin mobil maksimal pada 10.000 kilometer atau maksimal 6 bulan sekali agar kesehatan ring piston tetap terjaga.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya perbaikan ring piston mobil untuk semua tipe di bengkel umum dan resmi dilengkapi dengan indikasi hingga penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memperbaiki ring piston mobil di bengkel kesayangan.

Sumber gambar : motortrend.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.