Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Service Alternator Mobil

Biaya Service Alternator Mobil

Biaya Service Alternator Mobil – Keberadaan alternator atau dinamo ampere pada kendaraan roda empat terutama mobil pribadi memiliki peran penting. Pasalnya, seluruh pasokan sumber energi listrik di suplai dari alternator kemudian arus listrik tersimpan di dalam baterai (aki atau accu).

Karena lamanya usia pemakaian, tidak menutup kemungkinan apabila alternator pada mobil keluaran lama seperti Avanza serta Panther mengalami kerusakan. Tentunya kerusakan dinamo ampere tersebut akan mengganggu sistem kelistrikan mobil serta bisa mengakibatkan aki tekor dan soak.

Jika sudah rusak, apakah perlu membeli alternator baru? Tenang, saat ini sudah tersedia cukup banyak jasa montir seperti bengkel dinamo yang bisa memperbaiki alternator mobil. Namun, mereka sebagai penyedia jasa tentunya mematok harga service alternator cukup bervariasi, tergantung tingkat kesulitan serta permasalahannya.

Oleh sebab itu, sebelum mengunjungi bengkel dinamo terdekat untuk memperbaiki alternator mobil, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berapa kisaran ongkosnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya service alternator mobil di bengkel dinamo.

Ciri-Ciri Alternator Mobil Bermasalah

Ciri Ciri Alternator Mobil Bermasalah

Sebelum membahas biaya service alternator mobil lebih lanjut, ada baiknya kalian mengetahui apa saja ciri-ciri dinamo alternator bermasalah. Berikut adalah ciri-ciri alternator mobil rusak atau bermasalah.

1. Lampu Indikator Baterai Menyala

Salah satu cara untuk mendeteksi kerusakan pada alternator yaitu dengan melihat lampu indikator baterai atau aki di dasbor menyala. Apabila lampu tersebut menyala, maka dapat dipastikan terdapat kegagalan dalam sistem kelistrikan mobil.

2. Lampu Depan Bermasalah

Lampu depan mobil (headlamp) terlihat redup atau bahkan lebih terang juga bisa menandakan bahwa alternator rusak. Biasanya permasalahan tersebut disebabkan karena alternator overcharge atau daya yang dihasilkan lebih dari 15 volt sehingga membuat aki cepat panas.

3. Aki Cepat Tekor

Kalian pasti pernah mengalami kesulitan saat menyalakan mobil di pagi hari. Hal tersebut bisa disebabkan karena dinamo ampere rusak sehingga mengganggu sistem pengisian listrik pada aki. Jika sampai begitu, dampaknya yaitu aki akan cepat tekor meskipun sudah diganti dengan yang baru.

4. Terdengar Bunyi Decitan

Ciri-ciri lain ketika alternator bermasalah yaitu munculnya suara decitan dari dalam kap mobil. Umumnya bunyi tersebut disebabkan oleh komponen alternator yang tergelincir.

5. Tercium Bau Hangus

Terakhir, yaitu tercium bau hangus dari dinamo ampere. Hal ini bisa disebabkan karena kerja mesin terlalu berat karena karena alternator tidak berfungsi secara maksimal. Apabila sudah seperti ini, sebaiknya lakukan perbaikan atau service ke bengkel dinamo terdekat.

Penyebab Alternator Mobil Bermasalah

Penyebab Alternator Mobil Bermasalah

Setelah mengetahui ciri-ciri alternator bermasalah, mungkin kerusakan ini dapat disebabkan karena sejumlah faktor. Faktor-faktor penyebab alternator bermasalah tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Penggunaan aksesoris elektronik dengan daya besar sehingga menjadi beban dalam konsumsi energi listrik.
  • Terdapat beberapa partisi alternator kendur ataupun putus.
  • Output energi alternator tidak sesuai standar (overcharge).
  • Beberapa komponen-komponen di dalam alternator sudah tidak layak pakai sehingga arus kelistrikan terhambat.

Biaya Service Alternator Mobil

Kisaran Biaya Service Alternator Mobil

Memang benar apabila alternator mobil tergolong ke dalam komponen tidak mudah rusak. Umumnya masa pakai alternator bisa berfungsi dengan baik paling tidak hingga lima tahun. Jadi, jika melebihi dari itu maka fungsi alternator akan menurun.

Salah satu cara untuk memperbaiki atau service dinamo ampere yaitu dengan membawanya ke bengkel dinamo terdekat. Biasanya montir akan melakukan pemeriksaan mulai dari tingkat voltase, korosi hingga persentase kerusakan pada alternator.

Bengkel dinamo menetapkan besaran biaya service alternator mobil berdasarkan tipe mobil serta tingkat kerusakannya. Umumnya untuk mobile tipe MPV dan sedan biaya service komponen alternator berada di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 300.000.

Besaran tarif service tersebut belum termasuk penggantian partisi rusak yang sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Mungkin, biaya service alternator jauh lebih murah jika dibandingkan ketika kalian hendak MEMASANG AC MOBIL di bengkel.

Tips Merawat Alternator Mobil

Tips Merawat Alternator

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai estimasi biaya service alternator di bengkel dinamo. Agar alternator mobil kalian memiliki masa pakai lama, alangkah baiknya ikuti beberapa tips merawat alternator mobil di bawah ini.

  • Pastikan penggunaan energi listrik di mobil benar-benar tepat.
  • Pemasangan kutub-kutub serta kabel aki harus benar.
  • Pastikan sabuk pengatur tegangan V-Belt terpasang dengan baik dan benar.
  • Periksa kondisi alternator secara rutin minimal 3 bulan sekali.
  • Periksa menggunakan voltmeter untuk mendeteksi performa alternator.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan seputar biaya service alternator mobil beserta ciri-ciri dan penyebab kerusakannya versi Biayatarif. Apabila kalian mengalami permasalahan pada komponen alternator atau dinamo ampere, sebaiknya segera lakukan perbaikan.

Hal ini bertujuan agar nantinya kerusakan tersebut tidak merembet ke komponen mobil lainnya. Selain itu jika komponen alternator benar-benar rusak, maka kalian harus menggantinya dengan yang baru sehingga memerlukan biaya cukup besar.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *