Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Rontgen Tangan 2021 (Rumah Sakit, Klinik & Puskesmas)

Biaya Rontgen Tangan

Biaya Rontgen Tangan – Sebagaimana diketahui, tulang merupakan jaringan tubuh yang memiliki sifat kaku dan keras. Ketika bagian anggota tubuh tersebut mengalami cedera, maka bisa berakibat cukup fatal pada seseorang, mulai dari retak atau lebih parahnya lagi bisa patah.

Namun sayangnya, tulang retak yang tidak parah terutama di bagian tangan seringkali tidak terlihat dan hanya menimbulkan beberapa gejala seperti linu atau nyeri. Oleh sebab itu, untuk mengetahuinya maka seseorang perlu melakukan pemeriksaan melalui foto rontgen.

Untungnya, saat ini proses foto rontgen tangan sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, klinik masyarakat hingga puskesmas. Akan tetapi, setiap pusat pelayanan kesehatan tersebut pastinya memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jasa pelayanannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana melakukan rontgen tangan di salah satu pusat pelayanan kesehatan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, kali ini kami akan membahas selengkap-lengkapnya mengenai besaran biaya rontgen tangan dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya.

Seputar Rontgen Tangan

Seputar Rontgen Tangan

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya rontgen tangan berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis foto rontgennya. Perlu diketahui, jenis foto rontgen yang digunakan untuk melihat gambaran atau kondisi tulang tangan seseorang yaitu rontgen ekstremitas atas.

Dimana rontgen ekstremitas atas sendiri ialah sebuah pemindaian guna mendapatkan gambaran dari tulang pada anggota gerak bagian atas, salah satunya tangan. Dimana rontgen ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat tulang dan persendian retak, patah diskolasi ataupun tidak.

Proses pemeriksaan ini dilakukan menggunakan radiasi sinar-X. Sinar tersebut bisa menembus sebagian besar objek, termasuk tangan sebagai anggota gerak bagian atas tubuh manusia. Cara kerjanya sendiri dilakukan menggunakan detektor dan nantinya dipantulkan langsung ke monitor.

Indikasi Rontgen Tangan

Indikasi Rontgen Tangan

Seperti dijelaskan sebelumnya, biasanya rontgen tangan dilakukan oleh seseorang ketika mengalami beberapa cedera. Selain itu, sebenarnya rontgen tangan juga perlu dilakukan oleh seseorang ketika mengalami beberapa kondisi seperti di bawah ini.

  • Tulang retak atau patah.
  • Infeksi osteomyelitis.
  • Arthritis.
  • Tumor tulang.
  • Dislokasi.
  • Pembengkakan.
  • Penggumpalan cairan di persendian.
  • Pertumbuhan tulang abnormal.

Prosedur Rontgen Tangan

Prosedur Rontgen

Selain wajib membayar biaya rontgen tangan, pasien juga tentunya diharuskan mengikuti seluruh prosedur pemeriksaannya, baik itu di rumah sakit, klinik umum maupun puskesmas. Daripada penasaran, di bawah ini adalah prosedur rontgen tangan di beberapa tempat pelayanan kesehatan.

  1. Pertama-tama, lepaskan seluruh perhiasan dan pakaian di tangan.
  2. Setelah itu, petugas radiologi membantu pasien memposisikan bagian tubuh pada meja X-ray.
  3. Selama proses rontgen tangan berlangsung, petugas menganjurkan agar pasien tidak melakukan gerakan sekecil apapun.
  4. Petugas juga mungkin menyuruh pasien untuk mengganti posisi supaya pengambilan gambar bisa lebih jelas.
  5. Umumnya prosedur rontgen tangan ini akan berlangsung kurang lebih selama 5 sampai 10 menit.

Biaya Rontgen Tangan

Rincian Biaya Rontgen Tangan

Perlu diketahui, sebenarnya besaran biaya rontgen tangan ditentukan berdasarkan tempat pelaksanaannya. Sebagai contoh kalian melakukan rontgen di Klinik Kimia Farma, maka besaran BIAYA RONTGEN DI KIMIA FARMA akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan di puskesmas.

Meskipun demikian, perbedaan tarif foto rontgen tangan di rumah sakit, klinik umum ataupun puskesmas sebenarnya tidak akan terlalu jauh. Kalian hanya perlu mempersiapkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 200.000 sampai Rp 400.000 ketika hendak menjalani foto rontgen tangan.

Apabila prosedur rontgen tersebut dilakukan atas keinginan sendiri, maka tentunya pasien harus membayar seluruh biaya administrasinya. Akan tetapi, jika rontgen tangan dilakukan atas anjuran dokter, maka kemungkinan besar biayanya ditanggung sepenuhnya oleh BPJS.

Penanganan Cedera Tangan

Penanganan Cedera Tangan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya rontgen tangan dilengkapi prosedur pelaksanaannya, baik itu di rumah sakit, klinik umum ataupun puskesmas. Di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips penanganan yang bisa dilakukan apabila kalian mengalami cedera di area tangan.

  • Lindungi lengan menggunakan balutan.
  • Istirahatkan lengan tangan dengan cara mengurangi pergerakan.
  • Kompres pembengkakan menggunakan es.
  • Konsumsi obat seperti parasetamol untuk mengatasi nyeri serta peradangan.
  • Jika sudah sangat parah, sebaiknya segera lakukan konsultasikan ke dokter spesialis.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya rontgen tangan beserta prosedur pemeriksaannya, baik itu di rumah sakit, klinik masyarakat maupun puskesmas. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani rontgen tangan.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *