Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Biaya Rontgen Tulang Belakang 2022 : Rumah Sakit & Klinik Umum

Biaya Rontgen Tulang Belakang

Biaya Rontgen Tulang Belakang – Sebagaimana diketahui, nyeri yang dirasakan di punggung merupakan keluhan yang kerap dialami oleh banyak orang. Untuk mengetahui penyebab pastinya, biasanya seseorang akan diminta untuk melakukan tindakan radiologi seperti foto rontgen (X-ray), Magnetic Resonance Imaging (MRI) hingga CT Scan.

Dimana pemeriksaan radiologi tulang belakang sendiri dianggap bisa membantu tenaga medis atau dokter dalam memprediksi gejala skoliosis, khususnya pada anak. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya gejala ini sering terdeteksi tanpa di sengaja, sebagai contoh saat seorang anak diukur badannya oleh penjahit.

Untungnya saat ini proses pengambilan foto rontgen tulang belakang sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit hingga klinik laboratorium masyarakat. Akan tetapi, pastinya setiap jasa pelayanan kesehatan bagi masyarakat tersebut memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jas pelayanannya.

Maka dari itu, jika kalian berencana menjalani foto rontgen tulang belakang di rumah sakit atau klinik terdekat, ada baiknya pahami terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya rontgen tulang belakang di semua tempat dilengkapi prosedur pemeriksaannya.

Indikasi Rontgen Tulang Belakang

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya rontgen tulang belakang berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, rontgen tulang belakang digunakan untuk memberi gambaran struktur tulang belakang pada berbagai kasus medis seperti kecurigaan fraktur, degenerasi diskus, osteoporosis hingga spondilolistesis.

Kesehatan

Dimana rontgen tulang belakang sendiri bisa dilakukan pada berbagai macam posisi dan letak, namun dengan pertimbangan indikasi klinik dari dokter ataupun tenaga medis. Rontgen tulang belakang diindikasikan pada beberapa kondisi seperti kasus trauma, infeksi, deformitas serta osteoporosis tulang belakang.

Manfaat Rontgen Tulang Belakang

Manfaat Rontgen Tulang Belakang

Perlu diketahui, rontgen tulang belakang berlangsung cepat dan tidak invasif sehingga secara umum sangat cotok digunakan untuk pemeriksaan diagnostik awal. Selain itu, rontgen tulang belakang juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Adapun beberapa manfaat rontgen tulang belakang tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Melihat patah di tulang belakang.
  • Melihat ada atau tidaknya dislokasi atau pergeseran pada area tulang belakang.
  • Mengetahui ada atau tidaknya masalah pada diskus.
  • Memeriksa infeksi.
  • Mendiagnosis kemungkinan adanya tumor.
  • Mendiagnosis skoliosis (kelainan bentuk tulang belakang) ataupun spina bifida (cacat tabung saraf).
  • Memeriksa kondisi tulang belakang sebelum dan sesudah operasi.
  • Memandu prosedur biopsi guna mendeteksi kanker atau pembuangan cairan dari infeksi lokal (abses).

Prosedur Rontgen Tulang Belakang

Prosedur Rontgen Tulang Belakang

Selain harus mengetahui besaran biaya rontgen tulang belakang di rumah sakit ataupun klinik kesehatan, kalian juga pastinya perlu mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaannya. Secara garis besar, persiapan prosedur rontgen tulang belakang hampir sama seperti saat seseorang menjalani rontgen tangan. Daripada penasaran, di bawah ini adalah tahapan-tahapan rontgen tulang belakang.

  • Langkah pertama, biasanya tenaga medis meminta pasien untuk melepas semua pakaian dan perhiasan yang menempel di tubuh dan mengenakan pakaian khusus dari pihak rumah sakit atau klinik.
  • Setelah itu, petugas medis akan membantu pasien dalam memposisikan diri supaya proses pengambilan gambar bisa berjalan lancar.
  • Selama proses pengambilan foto rontgen tulang belakang berlangsung, pasien diminta untuk menahan napas dan tidak membuat gerakan sekecil apapun supaya hasil gambar tidak blur.
  • Setelah gambar tulang belakang didapatkan, dokter kemudian menjelaskan secara lengkap mengenai kondisinya kepada pasien.

Secara umum, prosedur rontgen tulang belakang hanya akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit saja. Setelah dokter menjelaskan semua kondisi terkait tulang belakang dalam keadaan normal, maka pasien sudah diperbolehkan untuk pulang dan beraktivitas seperti biasa.

Biaya Rontgen Tulang Belakang

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat hingga prosedur rontgen tulang belakang di rumah sakit ataupun klinik kesehatan. Untuk saat ini, sebenarnya besaran biaya rontgen tulang di berbagai macam rumah sakit atau klinik kesehatan sangat bervariasi, tergantung pada kelengkapan fasilitasnya.

Di beberapa rumah sakit Indonesia, besaran biaya atau tarif rontgen tulang belakang dipatok mulai dari Rp 80.000 sampai Rp 350.000 per pemeriksaannya. Sementara di klinik kesehatan seperti Prodia, Pramita, Kimia Farma dan sebagainya, besaran biaya rontgen tulang belakang berada di kisaran Rp 190.000 hingga Rp 310.000 per pemeriksaan.

Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya pengambilan foto rontgen tulang belakang tersebut bisa saja berbeda di sejumlah tempat. Sebagai contoh, biaya rontgen di Kimia Farma akan berbeda dengan biaya rontgen di Prodia karena disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu faktor internal maupun eksternal.

Risiko Rontgen Tulang Belakang

Meskipun foto rontgen tulang belakang merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun tetap saja bahwa kegiatan tersebut memiliki sejumlah risiko atau efek samping kepada para pasiennya. Meskipun demikian, komplikasi rontgen tulang belakang di rumah sakit atau klinik kesehatan yang mengancam jiwa sangat jarang terjadi.

Mungkin paparan yang perlu diperhatikan oleh pasien ketika menjalani rontgen atau radiasi sinar X yaitu dapat memicu organogenesis janin apabila rontgen dilakukan pada ibu hamil. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukan bahwa rontgen tulang belakang tidak berpengaruh signifikan terhadap munculnya malformasi, abortus, kematian janin serta keterlambatan pertumbuhan janin.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini foto rontgen tulang belakang sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit hingga klinik masyarakat. Untuk besaran biayanya sendiri sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada kebijakan tempat pelayanan kesehatannya masing-masing.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya rontgen tulang belakang di rumah sakit dan klinik kesehatan dilengkapi dengan manfaat, prosedur hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani foto rontgen di rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.