Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Suntik Scabies Kucing 2022 : Puskeswan & Dokter Hewan

Biaya Suntik Scabies Kucing

Biaya Suntik Scabies Kucing – Bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing perlu memberikan perhatikan lebih pada kesehatan serta kebersihannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya hewan berbulu seperti anjing dan kucing tersebut sangat rentan terhadap penyakit seperti scabies.

Apabila sudah terkena atau terjangkit penyakit semacam scabies, maka bulu indah hewan peliharaan kalian akan rontok karena mengalami gatal yang teramat sangat hingga merusak bulu serta kulitnya. Nah, salah satu solusi yang bisa dilakukan ketika kucing terkena scabies yaitu dengan memberikan suntik scabies.

Untungnya, suntik scabies kucing sendiri saat ini sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan hewan, mulai dari puskeswan hingga dokter hewan. Akan tetapi, setiap tempat pelayanan kesehatan bagi binatang tersebut mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga untuk setiap jasa pelayanannya.

Oleh karena itu, apabila kalian hendak mengunjungi atau puskeswan terdekat guna melakukan suntik scabies kucing, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya suntik scabies kucing semua jenis dilengkapi sejumlah efek sampingnya.

Apa Itu Scabies?

Apa Itu Scabies

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya suntik scabies kucing lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Dimana scabies sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang muncul karena adanya parasit sejenis kutu dengan nama tungau scabies atau sarcopates.

Seperti halnya kutu pada umumnya, tungau scabies tersebut juga mempunyai ukuran sangat kecil, yaitu hanya berkisar antara 0.2 mm sampai 0.4 mm saja. Tungau scabies akan secara terus menerus menyerang kulit dengan cara menggali dengan tujuan sebagai tempat bersarang serta bertelur mereka.

Gejala Scabies Pada Kucing

Pada umumnya, gejala awal penyakit scabies pada kucing seringkali tidak disadari oleh para pemiliknya. Oleh sebab itu, penting sekali bagi para pemilik kucing untuk mengetahui apa saka gejala atau ciri yang bisa timbul saat hewan kesayangannya tersebut menderita scabies.

Adapun sejumlah gejala ataupun ciri-ciri scabies pada kucing tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Kucing sering menggaruk, menggigit ataupun menjilat tubuhnya.
  • Bulu kucing rontok atau pitak.
  • Kulit mengalami iritasi dan kemerahan.
  • Kulit berkerak atau berkerut, khususnya di area telinga.
  • Terdapat sebuah luka atau koreng pada kulit.

Penyebab Scabies Pada Kucing

Selain harus mengetahui biaya suntik scabies kucing sebagai salah satu cara untuk mengatasi penyakit tersebut, tentunya kalian juga harus mengerti apa saja hal-hal yang menjadi penyebabnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, faktor utama penyebab kucing mengalami scabies yaitu karena adanya sumber tungau scabies di area tempat tinggalnya.

Bisa jadi tungau tumbuh dan berkembang di sekitar kandang atau di dalam kandang kucing. Atau bahkan tungau tersebut juga bisa menempel pada sisir yang digunakan untuk menyisir kucing. Maka dari itu, pastikan kandang serta tempat bermain kucing selalu dibersihkan secara rutin.

Selain tungau, penyebab scabies pada kucing selanjutnya yaitu karena adanya penularan dari hewan ataupun kucing lain. Apabila kucing kalian melakukan kontak secara langsung dengan kucing lain yang terkena scabies, maka risiko kucing akan tertular tungau scabies sangat tinggi.

Biaya Suntik Scabies Kucing

Biaya Suntik Scabies Kucing Semua Tempat

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, suntik scabies dinilai menjadi salah satu obat paling ampuh ketika hendak mengatasi permasalahan kucing tersebut. Seperti halnya vaksinasi kucing, saat ini kegiatan suntik scabies sendiri sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat, mulai dari puskeswan hingga dokter hewan.

Dimana besaran biaya suntik scabies kucing di dokter hewan berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 300.000 per satu kali suntikannya. Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya suntik scabies kucing tersebut bisa saja berbeda di beberapa wilayah, tergantung dimana tempat melakukannya.

Tingkat keparahan penyakit pada kucing juga biasanya akan mempengaruhi besaran harga suntik scabies. Pada umumnya, puskeswan ataupun dokter hewan merekomendasikan pelanggannya untuk melakukan suntik scabies pada kucing kesayangan mereka sebanyak 2 kali dalam satu bulan hingga sembuh.

Efek Samping Suntik Scabies Kucing

Meskipun prosedur suntik scabies kucing tergolong aman dilakukan, namun tetap saja bahwa tindakan tersebut memiliki sejumlah risiko atau efek samping yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan suntik scabies kucing, sebaiknya ketahui beberapa efek sampingnya berikut ini.

  • Risiko sakit ginjal.
  • Mengganggu pertumbuhan organ.
  • Alergi.
  • Terkena anestesi.
  • Tidak menjamin kutu hilang selamanya.
  • Rasa ketidaknyamanan di area suntikan.
  • Nyeri atau kram.
  • Menurunkan nafsu makan.
  • Reaksi obat kutu dalam tubuh kucing.
  • Risiko infeksi.
  • Diare.
  • Gangguan pencernaan.

Tips Mencegah Scabies Pada Kucing

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya suntik scabies kucing di puskeswan dan dokter hewan dilengkapi dengan sejumlah efek sampingnya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya penyakit scabies pada kucing masih bisa dicegah melalui beberapa cara, salah satunya yaitu melakukan grooming kucing secara rutin.

Selain itu, terdapat juga beberapa tips lainnya yang mungkin bisa dilakukan dengan tujuan meminimalisir risiko kucing terkena penyakit scabies. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah tips dalam mencegah kucing terkena penyakit scabies karena kutu atau tungau.

  • Hindari kontak dengan kucing liar atau kucing dengan penyakit scabies.
  • Cuci serta disinfeksi alat-alat grooming seperti sisir dan sikat setelah digunakan.
  • Hindari penitipan hewan atau tempat grooming yang tidak memiliki sanitasi dan kebersihan baik.
  • Segera lakukan isolasi dan cegah kontak dengan kucing lain jika kucing menunjukkan gejala scabies.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya suntik scabies kucing di puskeswan dan dokter hewan dilengkapi dengan efek samping beserta tips mencegahnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan suntik scabies kucing di puskeswan atau dokter hewan terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *