Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya USG Kucing 2022 : Puskeswan, Dokter & Klinik Hewan

Biaya USG Kucing

Biaya USG Kucing – Bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing di rumah, tampaknya akan merasa sedikit kesulitan untuk mengetahui apakah mereka sedang hamil atau hanya gemuk. Maka dari itu, biasanya dokter hewan akan menyarankan kucing melewati proses pemeriksaan kehamilan menggunakan USG (ultrasonografi).

Kehamilan atau kebuntingan pada kucing sendiri umumnya berkisar antara 63 – 67 hari sejak perkawinan pertama, mulai dari ovum mengalami fertilisasi hingga melahirkan, termasuk implantasi dan plasentasi. Selain perutnya akan membesar, kebuntingan kucing juga biasanya ditandai dengan adanya peningkatan protein kebuntingan yang disebut felone conceptus.

Berbicara mengenai USG kucing, saat ini kegiatan atau tindakan tersebut sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan hewan, mulai dari puskeswan, praktik dokter hewan mandiri hingga klinik hewan. Tentunya setiap tempat pelayanan kesehatan hewan tersebut memiliki ketentuan terkait tarif atau harga jasa untuk pelayanannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana melakukan USG kucing di tempat pelayanan kesehatan hewan terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya USG kucing di semua tempat dilengkapi prosedur pemeriksaannya.

Kegunaan USG Kucing

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya USG kucing di puskeswan atau klinik dan dokter hewan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kegunaannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, USG seringkali digunakan untuk menentukan usia kebuntingan kucing dengan perkiraan usia lebih dari 30 hari.

Selain itu, alat USG kucing juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kesehatan kucing. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya pada beberapa kucing ras, ada yang memiliki risiko terkena penyakit hati dan ginjal. Oleh karena itu, untuk melakukan cek kesehatan bulanan atau tahunan, dokter hewan biasanya menggunakan alat USG.

Pada intinya, USG mampu mendeteksi beberapa kelainan ataupun penyakit pada kucing seperti masalah saluran kemih, liver, jantung, hati hingga ginjal. Pada beberapa kasus lainnya, USG dibutuhkan untuk mendeteksi kebersihan rahim kucing. Umumnya hal ini dilakukan guna menganalisis kesehatan kucing setelah melahirkan dan keguguran.

Prosedur USG Kucing

Prosedur USG Kucing

Selain harus mengetahui besaran biaya USG kucing di puskeswan, praktik dokter maupun klinik hewan, kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Pada umumnya, prosedur USG kucing akan dilaksanakan pada saat mereka memasuki perkiraan usia kebuntingan lebih dari 30 hari.

Sementara proses pemeriksaan kucing menggunakan alat USG sendiri di puskeswan atau dokter hewan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik penjelasan mengenai prosedur USG kucing untuk semua jenis-jenisnya di bawah ini.

  1. Pertama-tama, dokter hewan akan mencukur dan membersihkan bagian tubuh kucing yang akan di USG. Hal ini dikarenakan alat USG harus bersentuhan secara langsung dengan kulit kucing.
  2. Kemudian dokter akan mengoleskan gel khusus ke kulit kucing dengan tujuan agar suara daru dalam tubuh kucing dapat terantar dan terdengar baik oleh mesin USG.
  3. Biasanya selama proses pemeriksaan USG berlangsung, dokter akan dibantu oleh perawat atau tenaga medis lainnya untuk menahan pergerakan kucing.
  4. Nantinya dokter akan menganalisa hasil pemeriksaan USG kucing melalui layar monitor.

Biaya USG Kucing

Setelah mengetahui beberapa kegunaan hingga prosedur USG kucing di puskeswan, praktik dokter maupun klinik hewan, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti berapa besar biayanya. Perlu diingat, tentunya biaya standar USG di tempat pelayanan kesehatan hewan akan jauh berbeda dengan jenis pelayanan lainnya, seperti vaksinasi kucing atau suntik scabies.

Di Indonesia sendiri saat ini biaya USG kucing di puskeswan, praktik dokter hingga klinik hewan berada di kisaran Rp 100.000 sampai Rp 150.000 per pemeriksaannya. Dimana di dalam biaya USG tersebut belum termasuk biaya pendaftaran, konsultasi dokter hewan, vitamin hingga obat-obatan kehamilan kucing apabila memang dibutuhkan.

Jika kalian mempunyai kucing peliharaan dalam jumlah banyak dan berencana untuk membudidayakannya, saran kami sebaiknya belilah alat USG sendiri. Untuk besaran harga alat USG kucing di pasaran Indonesia sendiri yaitu kurang mulai dari Rp 33.000.000 sampai Rp 47.500.000, tergantung pada jenis dan merknya.

Efek Samping USG Kucing

Meskipun USG kucing di puskeswan, praktik dokter ataupun klinik hewan merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun tetap saja terdapat beberapa risiko atau efek samping yang mungkin bisa dialami oleh kucing. Salah satu efek sampingnya yaitu kucing merasa tidak nyaman ketika alat USG ditempelkan ke kulitnya.

Selain itu, munculnya alergi karena gel pelumas alat USG juga bisa menjadi risiko yang akan dialami oleh kucing, walaupun memang sangat jarang terjadi. Pada intinya, apabila setelah melakukan USG dan kucing menunjukan beberapa gejala aneh, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter spesialis hewan secara langsung.

Tips Merawat Kucing Hamil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya USG kucing semua jenis dilengkapi dengan prosedur pemeriksaan hingga efek sampingnya. Supaya selama proses kehamilan atau kebuntingan sampai persalinan kucing berjalan lancar, alangkah baiknya ikuti beberapa tips merawat kucing hamil berikut ini.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi kucing dengan memberikan makanan bergizi.
  • Jangan biarkan kucing bermain di luar.
  • Sebaiknya jauhkan kucing hamil dari kucing lain.
  • Buatlah kucing merasa nyaman.
  • Rutin melakukan check up.
  • Berikan kucing vaksin sesuai anjuran dokter .

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan seputar biaya USG kucing di puskeswan, dokter maupun klinik hewan dilengkapi dengan prosedur hingga efek sampingnya versi Biayatarif. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan USG kucing di tempat pelayanan kesehatan hewan terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.