Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

7 Biaya Vaksinasi Kucing 2021 (Puskeswan, Klinik & Dokter Hewan)

Biaya Vaksinasi Kucing

Biaya Vaksinasi Kucing – Sebagaimana diketahui, kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang memiliki masa hidup terbilang cukup lama. Meskipun demikian, kucing bisa saja mengalami kematian lebih cepat karena terserang penyakit tertentu sehingga membuat kondisi kesehatannya buruk.

Maka dari itu, pecinta ataupun pemilik kucing perlu memperhatikan kesehatannya supaya bisa hidup lebih lama dan tidak mudah terserang penyakit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit pada kucing yaitu dengan melakukan vaksinasi.

Untuk saat ini, vaksinasi kucing sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan hewan, mulai dari klinik hewan, dokter hewan hingga puskeswan. Tentunya setiap tempat pelayanan kesehatan hewan tersebut mematok tarif atau harga jasa vaksinasi kucing.

Jika kalian berencana hendak memberikan vaksin kepada kucing peliharaan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya vaksinasi kucing untuk semua jenis-jenisnya dilengkapi persyaratannya.

Jenis Vaksinasi Kucing

Seperti dijelaskan sebelumnya, untuk saat ini ada beberapa jenis vaksin yang umum diberikan kepada kucing. Adapun beberapa jenis vaksinasi kucing tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Tricat

Vaksinasi tricat diberikan pada saat kucing berusia 8 sampai 10 minggu sejak dilahirkan. Manfaat vaksinasi tricat sendiri yaitu bisa melindungi kucing dari berbagai macam penyakit seperti Feline Panleucopenia, Feline Calicivirus hingga Felina Rhinotracheitis.

Tetracat

Sedangkan vaksinasi tetracat diberikan untuk mencegah adanya penyakit Feline Panleupenia, Feline Rhinotrachheitis, Felina Calicivirus dan Clamydia. Dimana vaksin jenis ini terbilang wajib untuk diberikan kepada kucing saat berusia 12 hingga 14 minggu.

Rabies

Selain diberikan kepada anjing, vaksin rabies juga sebenarnya perlu diberikan untuk kucing. Hal ini dikarenakan vaksin tersebut sangat efektif dalam mencegah terjadinya penyakit rabies. Vaksinasi rabies bisa dilakukan pada saat kucing berusia 20 minggu atau lebih dari 3 bulan.

Vaksin Non Inti

Selain beberapa jenis vaksinasi kucing di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis vaksin lain yang bisa diberikan kepada kucing. Dimana vaksin-vaksin tersebut digunakan guna memberikan perlindungan lebih kepada seekor kucing agar terhindar dari penyakit seperti Chlamydophila Felis, Bordetella Bronchiseptica, Vaksinasi Feline Immunideficiency (FIV) serta Leukemia kucing (FeLV).

Syarat Vaksinasi Kucing

Sebelum pembahasan utama mengenai besaran biaya vaksinasi kucing berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa syarat dan ketentuannya. Dimana syarat dan ketentuan kucing yang boleh dilakukan vaksinasi yaitu seperti di bawah ini.

  • Kucing dalam keadaan sehat.
  • Tidak terdapat masalah pada nafsu makan.
  • Tidak dalam kondisi batuk, demam, pilek, bersin, diare dan muntah.
  • Tidak mengalami masalah kulit.
  • Umur sesuai dengan syarat minimal vaksinasi.
  • Sudah pernah melalui masa adaptasi selama 7 sampai 14 hari.

Selain vaksinasi, sebenarnya pemilik kucing juga perlu melakukan perawatan kucing lainnya supaya sistem kekebalan tubuhnya semakin baik. Dimana beberapa jenis perawatan tersebut diantaranya yaitu seperti GROOMING KUCING, pemberian makanan sehat, vitamin, hingga medical check up secara berkala.

Biaya Vaksinasi Kucing

Saat ini vaksinasi kucing sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan hewan, mulai dari dokter hewan, klinik hewan hingga puskeswan. Akan tetapi, pastinya setiap tempat pelayanan kesehatan hewan tersebut mempunyai biaya vaksinasi kucing yang cukup bervariasi.

Agar lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan secara rinci mengenai besaran biaya vaksinasi kucing, baik itu di klinik hewan, dokter hewan ataupun puskeswan.

Vaksinasi di Klinik Hewan

Umumnya klinik hewan dan dokter hewan mempunyai kisaran biaya jasa vaksinasi kucing yang serupa. Dimana besaran tarif pelayanannya sendiri tergantung pada jenis vaksinasinya. Berikut adalah rincian harga vaksinasi kucing di klinik hewan ataupun dokter hewan.

Umur KucingJenis VaksinBiaya
8 – 10 MingguTricatRp 80.000 – Rp 250.000
8 – 10 MingguTetracatRp 180.000 – Rp 210.000
12 – 14 MingguTricatRp 170.000 – Rp 250.000
12 – 14 MingguTetracatRp 180.000 – Rp 210.000
6 Bulan (belum pernah di vaksin)TricatRp 100.000 – Rp 250.000
6 Bulan (belum pernah di vaksin)TetracatRp 180.000 – Rp 210.000

Vaksinasi di Puskeswan

Peru diketahui, biasanya besaran biaya vaksinasi kucing di puskeswan akan sedikit lebih murah jika dibandingkan di klinik atau dokter hewan. Umumnya, puskeswan di sejumlah daerah mematok tarif vakasinasi kucing kurang lebih sekitar Rp 150.000.

Di sisi lain, kalian juga bisa mendapatkan fasilitas vaksinasi kucing secara gratis di puskeswan. Hal ini dikarenakan pemerintah Provinsi ataupun Kabupaten biasanya memberikan subsidi kepada masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi di puskeswan.

Efek Samping Vaksinasi Kucing

Meskipun vaksinasi kucing merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun tetap saja bahwa kegiatan tersebut bisa menimbulkan beberapa risiko atau efek samping. Daripada penasaran, di bawah ini adalah beberapa efek samping vaksinasi kucing.

  • Munculnya biduran.
  • Gatal.
  • Kemerahan.
  • Bengkak di sekitar mata, bibir dan leher.
  • Peningkatan suhu tubuh.
  • Kesulitan bernapas.
  • Lemah.
  • Muntah.
  • Diare.
  • Gusi pucat.
  • Pingsan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya vaksinasi kucing untuk semua jenis-jenisnya, baik itu di klinik hewan, dokter hewan ataupun di puskeswan. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan vaksinasi kucing peliharaan.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *