Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti MCB PLN

Biaya Ganti MCB PLN

Biaya Ganti MCB PLN – MCB atau Miniature Circuit Breaker merupakan salah satu perangkat yang memiliki fungsi sangat penting terhadap sistem kelistrikan di sebuah bangunan. Dimana komponen tersebut berguna sebagai sakelar di meteran listrik sehingga mencegah terjadinya korsleting.

Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mengalami MCB tiba-tiba kehilangan performa sehingga mengakibatkan listrik di rumah mendadak turun atau bahkan mati. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh komponen MCB rusak karena sudah mencapai masa atau usia pakai.

Apabila kalian mengalami permasalahan serupa, sebaiknya jangan mengganti komponen MCB PLN itu sendiri. Sebab, pihak yang berwenang dalam melakukan penggantian seluruh komponen kelistrikan termasuk MCB adalah petugas dari PT PLN (Persero).

Namun, ketika hendak melakukan pengajuan permohonan penggantian MCB PLN, pelanggan diharuskan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya, salah satunya membayar biaya penggantiannya. Oleh sebab itu, kali ini kami akan menjelaskan rincian biaya ganti MCB PLN beserta prosedurnya, entah itu prabayar ataupun pascabayar.

Apa Itu MCB PLN?

Apa Itu MCB PLN

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya ganti MCB PLN berlanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Miniature Circuit Breaker atau MCB merupakan sebuah komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai sistem proteksi apabila dalam instalasi listrik terjadi beban lebih serta hubungan singkat arus listrik (korsleting).

Umumnya dasar pemilihan rating arus MCB di rumah-rumah tinggal disesuaikan dengan besarnya langganan daya listrik PLN terpasang. Pasalnya, pihak PLN menetapkan besaran langganan listrik sesuai rating arus dari MCB yang di produksi untuk pasar dalam negeri.

Syarat Ganti MCB PLN

Syarat Mengganti MCB

Selain membayar biaya ganti MCB PLN, pelanggan juga diharuskan memenuhi semua syarat beserta ketentuan lainnya. Adapun beberapa syarat dan ketentuan penggantian MCB PLN tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Nama pelanggan (pemohon).
  • KTP pemilik bangunan.
  • Nomor meteran listrik atau ID pelanggan.
  • Alamat lengkap pemohon dilengkapi acuan lokasi.
  • Nomor HP aktif dan dapat dihubungi.

Cara Ganti MCB PLN

Cara Ganti MCB PLN

Secara garis besar, proses penggantian MCB PLN hampir sama seperti saat prosedur PEMINDAHAN TIANG LISTRIK. Pasalnya, proses pengajuan permohonan ganti MCB meteran listrik harus dilakukan dengan cara menghubungi pihak customer service melalui panggilan telepon. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan tata cara ganti MCB PLN.

  1. Lakukan panggilan telepon ke pihak PLN di nomor 123.
  2. Setelah terhubung, silahkan utarakan tujuan untuk mengganti MCB PLN.
  3. Nantinya kalian diminta untuk memberikan nama, ID pelanggan PLN, alamat hingga nomor telepon.
  4. Biasanya pihak PLN akan memberi tahu kalian cabang atau Rayon PLN yang akan bertanggung jawab terkait penggantian MCB.
  5. Kemudian pihak Rayon PLN terdekat akan melakukan survei lapangan.
  6. Jika kondisi memungkinkan, maka petugas akan segera mengganti MCB PLN pelanggannya.

Perlu diingat, prosedur ganti MCB PLN di atas hanya berlaku untuk proses penggantian MCB di luar rumah yang berada di meteran listrik ataupun kWh meter. Apabila MCB di dalam bangunan, maka proses penggantian bukan lagi wewenang pihak PLN.

Oleh sebab itu, saran kami sebaiknya hubungi petugas atau biro instalatir sah dan telah bekerjasama dengan pihak PLN. Kalian juga bisa menghubungi Call Center Kementrian ESDM di 021-136 atau mengunjungi situs resminya di https://slodjk.esdm.go.id/instalatir untuk melihat daftar instalatir di daerah kalian.

Biaya Ganti MCB PLN

Rincian Biaya Ganti MCB PLN

Setelah mengetahui syarat beserta prosedur penggantian MCB PLN, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Seperti halnya proses PENGGANTIAN METERAN LISTRIK KE TOKEN, pelayanan ganti MCB oleh pihak PLN tidak dikenai biaya sepeserpun alias gratis.

Pembebasan biaya ganti MCB PLN ini berlaku apabila komponen tersebut mengalami kerusakan karena sudah termakan usia. Selain komponen MCB diganti dengan yang baru, pelanggan juga tidak akan dikenai tarif pemasangan.

Meskipun demikian, apabila muncul biaya pembayaran, maka akan menggunakan nomor register sehingga pembayaran dilakukan secara online tanpa melalui petugas. Maka dari itu, pihak PLN mengimbau kepada para pelanggannya supaya tidak memberikan biaya tidak resmi pada teknisi atau petugas di lapangan.

Denda Ganti MCB PLN Ilegal

Denda Ganti MCB PLN Ilegal

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti MCB PLN beserta prosedur penggantiannya. Saran kami sebaiknya jangan sekali-kali mengganti MCB PLN pada meteran listrik atau kWh meter tanpa sepengetahuan pihak PLN.

Hal ini dikarenakan petugas PLN selalu mengecek meteran listrik termasuk MCB di dalamnya apakah itu resmi ataupun tidak. Umumnya MCB resmi dari pihak PLN akan tersegel bermerek Merlin Gerin serta memiliki warna biru.

Jika proses ganti MCB PLN dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan atau ilegal, maka pelanggan dapat dikenai sanksi ataupun denda. Umumnya pelanggan tersebut akan dikenai denda ataupun sanksi berupa pemutusan arus listrik sementara sampai denda dibayarkan.

Call Center PLN

Call Center PLN 1

Meskipun prosedur penggantian MCB PLN mudah dilakukan, namun masih ada sebagian pelanggannya merasa kebingungan. Oleh sebab itu, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak PLN dengan cara menghubungi customer service PLN di beberapa contact center berikut ini.

  • WhatsApp : 123
  • Telepon : (Kode Area) 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : PLN123_official

Kesimpulan

Dari informasi di atas bisa disimpulkan bahwa kegiatan penggantian MCB PLN oleh pelanggan tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis. Meskipun terdapat biaya, itupun pembayarannya melalui nomor register sehingga pelanggan tidak perlu membayar kepada petugas atau instalatir secara langsung.

Itulah sekiranya pembahasan seputar biaya ganti MCB PLN dilengkapi dengan syarat hingga prosedur penggantiannya versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai gambaran ketika akan mengganti MCB PLN di rumah karena rusak.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *