Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes IGRA di Prodia

Biaya Tes IGRA di Prodia

Biaya Tes IGRA di Prodia – Sebagaimana diketahui, tuberkulosis atau TBC merupakan sebuah penyakit berbahaya kedua setelah HIV. Tuberkulosis sendiri ialah penyakit yang ditularkan melalui percikan dahak (droplet) akibat terinfeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Apabila seseorang diduga mengalami infeksi bakteri tersebut, maka sangat disarankan untuk menjalani beberapa pemeriksaan TBC. Salah satu langkah atau tindakan medis tepat untuk mendiagnosis penyakit TBC yaitu pemeriksan darah Interferin Gamma Release Assay atau biasa disebut tes IGRA.

Dimana tes IGRA adalah sebuah prosedur pengambilan sampel darah untuk mengetahui keberadaan bakteri penyebab TBC dalam tubuh seseorang. Untungnya, tes IGRA sudah dapat dilakukan di berbagai macam pusat pelayanan kesehatan, termasuk di Klinik Laboratorium Prodia.

Akan tetapi, pastinya Klinik Lab Prodia memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga pemeriksaan IGRA kepada para pasiennya. Oleh sebab itu, sebelum mengunjunginya ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biaya tes IGRA di Prodia untuk semua cabangnya di Indonesia.

Manfaat Tes IGRA

Manfaat Cek IGRA

Sebelum membahas biaya tes IGRA di Prodia lebih lanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu manfaat ataupun kegunaannya. Seperti dijelaskan di atas, tes IGRA ialah pemeriksaan lanjutan yang umumnya dilakukan apabila dokter mendeteksi adanya gejala-gejala penyakit khas TBC.

Cara kerja tes IGRA sendiri yaitu dengan mendeteksi paparan bakteri TB dengan menemukan respons sistem kekebalan atau imun tubuh terhadap bakteri tersebut, dalam hal ini yaitu zat gamma interferon. Namun sayangnya, tes IGRA tidak bisa membedakan mana TB aktif dan TB laten.

Indikasi Tes IGRA

Indikasi Cek IGRA

Tes IGRA dilakukan sebagai bentuk tindakan skrining tuberkulosis pada seseorang dengan risiko tinggi tertular penyakit tersebut. Adapun beberapa kalangan orang dengan risiko tinggi tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Memiliki sistem kekebalan tubuh rendah seperti penderita HIV ataupun AIDS.
  • Bertempat tinggal di lingkungan padat penduduk.
  • Kerap terpapar pasien TBC aktif seperti petugas medis.
  • Pernah melakukan kontak dekat dengan penderita TB aktif.
  • Pernah tinggal dalam kurun waktu lama di negara dengan angka kejadian tuberkulosis tinggi.
  • Kerap menggunakan obat-obatan terlarang dengan cara disuntik.

Prosedur Tes IGRA di Prodia

Prosedur Tes IGRA di Prodia

Sebenarnya tes tuberkulin atau tes Mantoux bisa dilakukan sebagai pendeteksi TBC selain tes IGRA. Akan tetapi, tes IGRA lebih sering dilakukan pada pasien berumur 5 tahun ke atas, sedangkan tes Mantoux lebih direkomendasikan untuk pasien anak-anak.

Selain membayar biaya tes IGRA di Prodia, pasien juga diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pemeriksaannya. Secara garis besar, prosedur tes IGRA hampir sama seperti saat CEK GOLONGAN DARAH. Sebab, petugas medis akan mengambil sampel darah pasien melalui pembuluh vena.

Setelah sampel darah didapatkan, nantinya petugas medis akan membawanya ke dalam laboratorium untuk dilakukan penelitian. Nah, daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik prosedur pemeriksaan IGRA di Klinik Laboratorium Prodia di bawah ini.

  1. Pertama-tama, petugas medis membersihkan area yang akan diambil sampel darahnya mengunakan cairan antiseptik.
  2. Kemudian lengan kanan atas pasien diikat menggunakan tali elastis supaya aliran darah terkumpul.
  3. Setelah pembuluh vena ditemukan, petugas medis segera melakukan pengambilan sampel darah dengan cara menyuntikkan jarum steril ke lengan pasien.
  4. Jika jumlah sampel darah di tabung dirasa sudah cuku, maka petugas segera melepaskan suntikan.
  5. Terakhir, luka bekas suntikan tersebut nantinya ditutup menggunakan kapas maupun perban.

Umumnya proses pengambilan darah sebagai bagian dari tes IGRA membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 5 menit. Pasien mungkin akan merasa sedikit nyeri pada saat jarum disuntikkan ataupun dilepaskan.

Biaya Tes IGRA di Prodia

Biaya Tes IGRA di Prodia Semua Cabang

Perlu diketahui, besaran biaya tes IGRA di Prodia sedikit lebih mahal dibandingkan BIAYA TES HIV. Sebab, penelitian sampel darah di Laboratorium dalam mendeteksi penyakit TBC membutuhkan tingkat ketelitian sangat tinggi oleh petugas medis.

Untuk tarif atau harga jasa pelayanan pemeriksaan IGRA di Klinik Lab Prodia sendiri berada di kisaran Rp 980.000 hingga Rp 1.330.000. Perlu diingat, keunggulan dari tes IGRA di Prodia yaitu hanya membutuhkan satu kali kunjungan untuk mendapatkan hasilnya.

Pasalnya, hasil pemeriksaan IGRA di Klinik Laboratorium Prodia sudah bisa diperoleh dalam kurun waktu 24 jam saja. Oleh sebab itu, tes tersebut layak dicoba bagi kalian apabila memiliki gejala ataupun tanda-tanda terserang penyakit TBC.

Efek Samping Tes IGRA di Prodia

Efek Samping Tes IGRA di Prodia

Di atas sudah dijelaskan secara rinci mengenai besaran biaya tes IGRA di Klinik Lab Prodia untuk semua cabang. Meskipun pada dasarnya tes IGRA merupakan sebuah prosedur aman dilakukan, namun tetap saja terdapat beberapa gejala yang bisa dialami oleh pasiennya.

Memang benar jika efek samping ataupun risiko tes IGRA tersebut tidak akan terlalu berisiko tinggi kepada pasien. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa efek samping pemeriksaan IGRA di Klinik Laboratorium Prodia.

  • Tusukan jarum suntik harus dilakukan berulang kali untuk menemukan pembuluh vena.
  • Pasien mengalami pendarahan.
  • Lengan pasien memar.
  • Mengalami infeksi akibat luka tusukan jarum suntik.
  • Pasien mengalami pingsan atau sensasi seperti ingin pingsan.

Kesimpulan

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa hampir semua Klinik cabang Laboratorium Prodia mematok tarif pemeriksaan IGRA serupa. Namun, untuk berjaga-jaga apabila terjadi penyesuaian tarif, sebaiknya siapkan anggaran biaya melebihi estimasi di atas.

Demikian penjelasan versi Biayatarif terkait rincian biaya tes IGRA di Prodia semua cabang disertai efek samping pemeriksaannya. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani pemeriksaan IGRA di Klinik Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *