Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

4 Biaya Transplantasi Rambut 2022 : Jenis, Prosedur & Efek Samping

Biaya Transplantasi Rambut

Biaya Transplantasi Rambut – Seperti diketahui, permasalahan kerontokan rambut memang dapat menyerang siapa saja, entah itu pria ataupun wanita. Apabila permasalahan tersebut dibiarkan terus menerus, maka kerontokan rambut bisa berujung pada kebotakan. Para pria umumnya menjadi pihak yang paling sering mengalami kebotakan.

Sekedar informasi, kebotakan pada pria ternyata kerap disebabkan oleh dihidrotestosteron (DHT) yang diproduksi secara berlebihan. Dimana untuk mengatasi kebotakan rambut sebenarnya saat ini sudah dapat dilakukan menggunakan tonik, serum atau obat-obatan. Bahkan ada juga sebagian orang yang menempuh jalan lebih cepat melalui cangkok atau transplantasi rambut.

Salah satu syarat supaya seseorang bisa menjalani transplantasi rambut yaitu harus memenuhi ketersediaan cukup rambut yang sehat di kulit kepala untuk ditransplantasikan. Selain itu, kalian juga pastinya perlu mempersiapkan sejumlah anggaran dana untuk membayar jasa transplantasi atau cangkok rambut tersebut.

Maka dari itu, apabila kalian berencana melakukan transplantasi rambut entah itu di dalam negeri atau di luar negeri seperti Turki, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap besaran biaya transplantasi rambut dilengkapi efek sampingnya.

Apa Itu Transplantasi Rambut?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya transplantasi rambut lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, transplantasi rambut ialah sebuah prosedur dalam mengembalikan rambut pada area kulit kepala ketika sudah mulai mengalami penipisan ataupun kebotakan.

Di dalam dunia kedokteran, istilah transplantasi rambut juga kerap disebut sebagai cangkok rambut ataupun tanam rambu. Melalui prosedur transplantasi rambut, seseorang bisa mengembalikan rambutnya kembali utuh seperti semula dan membuatnya semakin percaya diri ketika berpenampilan.

Jenis Transplantasi Rambut

Saat ini, transplantasi rambut dilakukan oleh dokter menggunakan alat serta keahlian tidak main-main. Hal itulah menjadikan prosedur transplantasi rambut membutuhkan biaya cukup besar. Transplantasi rambut sendiri mempunyai tiga jenis, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Follicular Unit Strip Surgery (FUSS)

Jenis transplantasi rambut pertama yaitu ada Follicular Unit Strip Surgery atau FUSS. Metode transplantasi rambut ini akan menyayat kulit pasien serta melakukan cangkok ke area kebotakan pasiennya.

2. Follicular Unit Extraction (FUE)

Sementara metode Follicular Unit Exrtaction atau FUE nantinya dokter akan mencukur rambut pasien hingga mencabut folikel rambut. Kemudian dokter menanam kembali rambut ke dalam kulit di area kebotakan pasien.

3. Direct Hair Implantation (DHI)

Direct Hair Implantation atau DHI merupakan metode terbaru di dalam prosedur implantasi rambut. Sebenarnya metode ini hampir mirip seperti Fallicular Unit Extraction (FUE), hanya saja DHI menggunakan Choi Implanter Pen guna menanam rambut sehingga lebih akurat dari sudut serta kedalamannya.

Prosedur Transplantasi Rambut

Prosedur Transplantasi Rambut

Pada dasarnya siapa saka bisa menjalani transplantasi rambut, terlepas dari jenis kelaminnya, entah itu wanita ataupun pria. Akan tetapi, selain harus mengetahui besaran biaya transplantasi rambut, pastinya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya.

Biasanya proses transplantasi rambut akan berlangsung kurang lebih selama 4 sampai 8 jam, tergantung pada jumlah penanaman rambutnya. Nantinya pasien akan diberikan obat bius lokal sehingga membuat kulit kepala mati rasa selama prosedur transplantasi atau tanam rambut terjadi.

Pertama-tama, dokter kulit mencabut sehat dengan memotong selembar kulit dari kulit kepala pasiennya. Dokter juga bisa melakukan prosedur transplantasi rambut dengan cara mengambil helai rambut satu per satu supaya hasilnya dapat terlihat lebih alami, hanya saja prosedur tersebut akan meninggalkan bekas luka serta membutuhkan lebih banyak waktu.

Kemudian asisten bedah akan mempersiapkan kulit kepala serta rambut yang sudah dipersiapkan sebelum transplantasi dilakukan. Setelah itu, dokter bersama asistennya mulai menempelkan rambut sehat ke area kebotakan. Terakhir jika semua rambut sudah selesai di tanam, kulit kepala pasien akan dibalut menggunakan perban.

Biaya Transplantasi Rambut

Perlu diketahui, saat ini di Indonesia sendiri transplantasi rambut sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat, mulai dari rumah sakit, klinik kecantikan dan lain sebagainya. Setidaknya terdapat 3 fasilitas kesehatan yang melayani transplantasi rambut pasien, yaitu RS EMC Sentul, POISE Clinic serta Hair Science Institute Asia.

Untuk besaran biaya transplantasi rambut di masing-masing tempat sebenarnya sangat bervariasi, bahkan lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya pengobatan jerawat di dokter kulit. Akan tetapi, jika diambil rata-rata maka besaran biaya transplantasi rambut berada di kisaran Rp 6.500.000 sampai Rp 50.000.000.

Di samping itu, operasi tanam atau transplantasi rambut di luar negeri seperti di Amerika Serikat membutuhkan biaya kurang lebih sekitar 4.000 hingga 5.000 dollar AS. Apabila dikalkulasikan dengan nila tukar rupiah saat ini, maka total biaya transplantasi rambut di luar negeri berada di kisaran Rp 57.000.000 sampai Rp 215.000.000.

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, biaya transplantasi rambut biasanya bergantung pada metode serta berapa banyak helai penanaman rambut ke kepala pasien. Semakin banyak penanaman atau cangkok rambut, maka akan semakin besar pula biaya transplantasi rambutnya.

Efek Samping Transplantasi Rambut

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya transplantasi rambut di rumah sakit ataupun klinik kecantikan. Umumnya beberapa pasien melaporkan bahwa mereka bisa melihat hasil transplantasi rambut dalam rentang waktu 6 sampai 9 bulan setelah prosedur penanaman dilakukan.

Meskipun sebenarnya transplantasi rambut merupakan prosedur aman dilakukan, namun tetap saja bahwa kegiatan tersebut bisa menimbulkan efek samping atau risiko kepada pasiennya. Adapun sejumlah efek samping prosedur transplantasi rambut tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Adanya reaksi alergi terhadap obat bius.
  • Komplikasi selama operasi ataupun setelah operasi.
  • Rambut menjadi tidak beraturan.
  • Mengalami gatal di kulit kepala.
  • Bekas luka jahitan operasi transplantasi rambut kembali terbuka.
  • Bekas luka operasi tidak bisa hilang.
  • Timbulnya keloid pada jahitan.
  • Rambut mengalami kerontokan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran biaya transplantasi rambut di rumah sakit maupun klinik kecantikan sangat bervariasi. Dimana besaran biaya cangkok rambut sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh pemilihan metode operasi serta berapa banyak helai penanaman rambut ke kepala pasien.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya transplantasi rambut dilengkapi jenis atau metode, prosedur hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani transplantasi rambut di rumah sakit atau klinik kecantikan terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.