Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Tune Up Motor di Bengkel 2022 : Bebek, Matic & Sport

Biaya Tune Up Motor

Biaya Tune Up Motor – Agar terus mendapatkan performa terbaik dari sepeda motor, tentunya pemilik motor dapat melakukan berbagai macam cara, salah satunya yaitu melakukan tune up. Dimana tune up sendiri ialah sebuah cara atau proses pengembalian performa motor ke kondisi standar sehingga kinerjanya bisa kembali ke keadaan semula.

Pasalnya, ketika mesin motor bekerja, terdapat beberapa komponen mesin motor yang mengalami perbuahan. Misalkan piston dan noken as pada mesin sepeda motor. Seiring berjalannya waktu, akibat adanya gesekan pada ruang mesin nantinya akan membuat sejumlah komponen tersebut mengalami pengikisan sehingga membuat performa kendaraan menjadi tidak maksimal.

Maka dari itu, sangat penting untuk dilakukan dan perawatan serta penyetelan kembali apabila diperlukan. Hal ini perlu dilakukan supaya kalian bisa memastikan bahwa komponen tersebut tetap bekerja sebagaimana mestinya. Untungnya, tune up motor sendiri dapat dilakukan di berbagai macam tempat, mulai dari bengkel umum maupun resmi.

Nah, apabila diantara kalian berencana melakukan tune up motor di bengkel terdekat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya tune up motor di semua bengkel resmi dan umum, entah itu untuk sistem karburator maupun injeksi.

Manfaat Tune Up Motor

Manfaat Tune Up Motor

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan mengapa seseorang perlu melakukan tune up motor yaitu supaya kondisi mesin kendaraan bisa kembali standar seperti semula. Selain itu, tune up motor juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya tune up motor lebih lanjut, berikut kami berikan sejumlah manfaatnya.

Kesehatan
  • Memaksimalkan performa mesin motor.
  • Menjaga kondisi mesin motor tetap awet.
  • Menghindari risiko kerusakan motor lebih parah.
  • Memastikan kondisi mesin motor tetap baik untuk digunakan.
  • Menghemat biaya perawatan motor.
  • Menghindari mesin motor macet saat digunakan dalam perjalanan.
  • Memastikan semua kondisi komponen motor stabil.

Komponen Tune Up Motor

Selain harus mengetahui besaran biaya tune up motor, kalian juga pastinya harus mengetahui jenis komponen apa saja yang nantinya akan diperiksa. Di bengkel resmi ataupun umum sendiri, para teknisi atau montir akan memeriksa 3 bagian sepeda motor. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik penjelasan mengenai komponen tune up motor di bawah ini.

Mesin Motor

Pada bagian mesin motor, terdapat beberapa poin penting untuk diperiksa, yaitu seperti mengecek pelumas oli guna melihat apakah kualitas oli perlu dilakukan penggantian atau tidak. Selain itu, pengecekan busi juga akan dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembakaran di dalam mesin motor.

Pemeriksaan filter udara serta karburator atau throttle body juga akan dilakukan, khusus pada sepeda motor yang menggunakan karburator. Sementara bagi sepeda motor dengan sistem injeksi, maka montir akan melakukan flushing. Flushing sendiri merupakan sebuah proses pembersihan injektor dari segala macam penyumbat menggunakan alat khusus.

Chassis Motor

Pada chassis sepeda motor, para montir juga akan melakukan pemeriksaan untuk beberapa bagian, mula dari kemudi, ban hingga velg kendaraan. Selain itu, sistem pengereman motor juga menjadi bagian penting untuk diperiksa, entah itu dari segi kampas rem hingga minyak remnya. Apabila dirasa sudah terkikis atau aus, maka akan dilakukan penggantian.

Kelistrikan Motor

Bagian terakhir dalam kegiatan tune up motor yaitu sistem kelistrikannya. Bagian pertama yang biasanya akan diperiksa oleh para montir yaitu tentang kondisi aki. Tujuan pemeriksaan ini yaitu untuk memastikan apakah tegangan aki masih normal, perlu di charge serta sudah soak sehingga butuh diganti atau tidak. Para montir juga akan memeriksa bagian lain seperti sistem pengapian, lampu, klakson dan lain sebagainya.

Biaya Tune Up Motor

Biaya Tune Up Motor di Bengkel

Setelah mengetahui manfaat hingga komponen tune up motor di bengkel, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya ataupun ongkos jasa pelayanannya. Seperti halnya besaran biaya tune up mobil, biaya tune up motor di bengkel resmi ataupun umum sangat bervariasi, tergantung pada beberapa hal.

Selain itu, jenis atau tipe mesin motor juga nantinya bisa memengaruhi total biaya tune up kendaraan. Mungkin untuk motor dengan sistem karburator dan injeksi tidak memiliki perbedaan terlalu jauh. Daripada penasaran, berikut adalah rincian biaya tune up motor bebek, matic dan sport, entah itu di bengkel resmi ataupun umum.

Jenis MotorBiaya
Motor BebekRp 50.000 – Rp 70.000
Motor MaticRp 50.000 – Rp 70.000
Motor SportMulai dari Rp 100.000

Sebagai informasi tambahan, besaran biaya tune up motor di atas hanya mencakup ongkos jasanya saja, entah itu di bengkel resmi ataupun umum. Nah, apabila ingin mengganti beberapa bagian atau komponen motor seperti busi, filter udara, oli dan lain sebagainya, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran dana tambahan. Jadi, saran kami sebaiknya siapkan anggaran biaya sebesar Rp 200.000 ketika hendak melakukan tune up motor.

Waktu Ideal Tune Up Motor

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat hingga biaya tune up motor di bengkel resmi dan umum. Perlu diketahui, untuk melakukan tune up, saran kami sebaiknya jangan dilakukan secara sembarangan. Sebab, terdapat waktu yang tepat dan memang direkomendasikan untuk melakukan tune up supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Umumnya para montir akan merekomendasikan pelanggan untuk melakukan tune up motor sekitar 3 bukan sekali atau setiap motor telah mencapai interval 2.000 km. Dimana interval tersebut berlaku bagi kalian yang seringkali menggunakan motor untuk jalur berdebu. Sementara bagi penggunaan kecepatan lambat serta jarang pada area berdebu, sebaiknya lakukan tune up pada interval 3.000 – 4.000 km.

Selain itu, sebenarnya melakukan tune up tidak hanya bergantung pada jarak tempuh kendaraan. Karena kalian juga dapat segera melakukan tune up apabila sepeda motor mengalami beberapa masalah, seperti tenaga mesin kurang maksimal atau mesin brebet. Bahkan jika konsumsi BBM motor dirasa boros, sebaiknya segera lakukan tune up dan konsultasikan kepada montir.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya tune up motor tipe karburator dan injeksi, entah itu di bengkel resmi ataupun umum. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan tune up motor di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.