Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes – Para pemilik kendaraan sepeda motor kerap mengeluhkan bahwa pada bagian mesin motor mereka sering terlihat kotor. Ternyata, kotoran yang menempel di blok mesin tersebut disebabkan karena rembesan oli dari dalam mesin.

Selain umur, kebocoran oli mesin motor tersebut juga bisa disebabkan karena faktor lain seperti adanya keretakan pada blok karena mesin terlalu panas. Jika rembesan oli mesin motor dibiarkan terus menerus, maka akan menimbulkan permasalahan serius di kemudian hari.

Sebab, apabila oli di dalam mesin motor sampai habis, maka kemungkinan besar kinerjanya akan terhambat atau bahkan mesin mengalami kemacetan sehingga tidak bisa digunakan. Oleh sebab itu, jika kalian mengalami permasalahan tersebut, sebaiknya segera lakukan perbaikan dengan cara mengunjungi bengkel motor terdekat.

Namun sebelum melakukan perbaikan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa harga atau ongkos mekanik di bengkel. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perbaikan oli mesin motor rembes untuk semua tipenya, entah itu motor matic ataupun motor bebek.

Penyebab Oli Mesin Motor Rembes

Penyebab Oli Mesin Motor Rembes

Seperti dijelaskan di atas, kebocoran cairan pelumas dari dalam mesin motor ini dapat disebabkan karena beberapa faktor. Berkurangnya oli dari dalam mesin tentunya akan berimbas pada kerusakan beberapa komponen mesin. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya perbaikan oli mesin motor rembes lebih lanjut, pahami beberapa penyebabnya di bawah ini.

1. Volume Oli Berlebihan

Pada dinding mesin kendaraan biasanya tertera informasi mengenai tingkatan volume cairan pelumas atau oli. Melalui informasi tersebut dapat diketahui seberapa banyak kuantitas oli yang ada di dalam mesin motor. Jika cairan pelumas yang terisi di dalam mesin terlalu banyak atau berlebihan, maka hal tersebut akan menyebabkan oli merembes hingga keluar.

2. Seal Oli Rusak

Seal oli yang sudah dalam kondisi tidak prima juga dapat menjadi salah satu penyebab bocornya oli mesin motor. Hal ini bisa saja disebabkan ketika komponen mengalami keretakan atau pecah karena usianya sudah melampaui batas.

Perlu diingat, komponen seal ini terbuat dari karet sehingga apabila terpapar panas terus menerus maka akan membuat teksturnya semakin mengeras. Hal itulah yang kemudian menyebabkan komponen seal oli tersebut dapat rusak sewaktu-waktu.

3. Packing Mesin Sudah Tua

Penyebab oli motor rembes selanjutnya yaitu karena packing mesin mengalami kebocoran. Hal tersebut umumnya disebabkan karena usia pakainya sudah cukup lama atau karena motor itu sendiri sudah tua.

Maka dari itu, apabila motor kalian dirasa sudah berusia cukup tua, segera lakukan pengecekan kondisi komponen-komponen di dalamnya. Salah satunya yaitu packing mesin karena komponen ini memiliki peran penting terhadap kendaraan roda dua.

4. Baut Oli Rusak

Penyebab terakhir yaitu karena baut lubang pembuangan oli sudah mulai aus atau rusak. Biasanya kerusakan ini disebabkan karena proses pemasangannya berada pada posisi miring ataupun terlalu kencang saat mengetatkan baut. Tentunya permasalahan ini akan membuat oli mesin rembes di bagian bawah motor.

Bahaya Oli Mesin Motor Rembes

Bahaya Oli Mesin Motor Rembes

Memang benar jika mesin motor masih tetap bisa digunakan dalam keadaan oli rembes, tetapi jangan sampai dibiarkan dalam jangka waktu lama. Sebab, kebocoran oli mesin motor akan sangat berisiko pada seluruh komponen-komponen mesin di dalamnya.

Sebagaimana diketahui, kebocoran oli pastinya akan membuat kapasitas oli mesin berkurang. Jika dibiarkan terlalu lama maka akan merusak komponen mesin, lebih parahnya mesin bisa jebol karena kekurangan oli.

Pada saat mesin kekurangan cairan pelumas, intensitas gesekan antar komponen logam di dalamnya akan semakin keras sehingga menimbulkan beberapa kerusakan komponen. Kerusakan tersebut biasanya meliputi dinding silinder piston baret, kampas kopling menipis serta terjadinya kemacetan komponen lain seperti bearing crankshaft.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes Semua Tipe

Setelah mengetahui penyebab serta akibat dari oli mesin motor rembes, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya perbaikannya. Jika dibandingkan dengan BIAYA PERBAIKAN OLI MESIN MOBIL REMBES, perbaikan pada mesin motor akan jauh lebih murah.

Meskipun demikian, setiap bengkel juga biasanya menetapkan harga atau tarif yang cukup beragam, tergantung dengan tingkat kerusakan serta kerumitannya. Umumnya biaya perbaikan oli mesin motor rembes di bengkel berada di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 250.000.

Besaran biaya tersebut berlaku baik itu untuk motor bebek ataupun motor matic karena pada dasarnya komponen kedua tipe motor tersebut sama saja. Nah, agar terlihat lebih rinci, berikut ini akan kami berikan daftar harga atau biaya perbaikan oli mesin motor rembes berdasarkan jenis kerusakannya.

Jenis KerusakanEstimasi Biaya
Seal persneling rusak atau kick starter rusakRp 20.000 – Rp 50.000
Packing mesin rusakRp 50.000 – Rp 100.000
Baut kurang kencangRp 10.000 – Rp 20.000
Baut slekRp 15.000 – (tergantung banyaknya kerusakan baut)
Drat lubang pembuangan oli rusakRp 30.000 – (tergantung banyaknya kerusakan)
Blok mesin rusakRp 500.000 – Rp 3.000.000
Biaya di atas dapat berbeda-beda sesuai dengan kebijakan bengkel.

Cara Mengatasi Oli Mesin Motor Rembes

Cara Mengatasi Oli Rembes

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perbaikan oli mesin motor rembes di bengkel. Jika tingkat kerusakan kebocoran belum terlalu parah, kalian bisa memperbaikinya sendiri. Nah, berikut adalah ulasan lengkap mengenai cara mengatasi oli mesin motor rembes.

  • Periksa packing mesin motor.
  • Ganti ring baut yang sudah mulai rusak.
  • Periksa kondisi seal persneling.
  • Ganti oli berkualitas.
  • Periksa as engkol serta as gigi.
  • Ganti tutup kopling dan tutup magnet pada blok atau bak mesin.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif bengkel untuk memperbaiki oli mesin motor rembes ini tergantung pada tingkat kerusakan serta kerumitannya. Apabila kerusakan sudah parah, maka akan semakin mahal pula biayanya karena diperlukan adanya penggantian komponen.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya perbaikan oli mesin motor rembes, entah itu untuk motor bebek ataupun motor matic. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memperbaiki oli mesin motor rembes di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti MCB PLN

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti Rantai Keteng

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *