Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Oli Motor

Biaya Ganti Oli Motor

Biaya Ganti Oli Motor – Untuk menjaga agar siklus kerja mesin motor tetap berlangsung, maka diperlukan adanya penggantian oli secara rutin atau berkala. Hal tersebut dikarenakan oli memiliki fungsi sebagai pelumas utama pada bagian mesin dan tentunya sangat dipengaruhi oleh panas serta kerak akibat pembakaran.

Selain itu, oli juga memiliki fungsi sebagai perata panas ke seluruh bagian pada mesin motor sehingga apabila struktur oli mesin rusak maka mesin akan kehilangan daya lumasnya. Lebih parahnya lagi jika mesin motor sampai kehabisan oli, dapat dipastikan komponen di dalamnya akan lebih cepat aus sampai akhirnya rusak.

Umumnya penggantian oli motor harus dilakukan oleh pemiliknya setelah mencapai interval tertentu, entah itu dari segi jarak tempuh ataupun masa penggantian oli terakhir. Namun, akan lebih baik apabila pemilik kendaraan roda dua tersebut mengganti oli secara rutin agar terhindar dari kerusakan serius.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan penggantian oli motor di bengkel terdekat, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti oli motor baik itu di bengkel resmi ataupun mandiri.

Ciri Ciri Oli Motor Harus Diganti

Ciri Ciri Oli Motor Harus Diganti

Seperti dijelaskan di atas, agar kondisi motor selalu dalam keadaan prima maka pemiliknya perlu mengetahui apa saja ciri-ciri motor harus dilakukan penggantian oli. Meskipun belum mencapai waktu ideal penggantian, namun apabila oli sudah memiliki tanda-tanda ini maka sudah dipastikan harus diganti. Adapun beberapa tanda-tanda tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Oli berwarna hitam pekat dan bertekstur encer.
  • Volume oli mulai berkurang.
  • Suhu motor terasa lebih tinggi dari sebelumnya.
  • Suara transmisi terasa lebih kasar.
  • Apabila sudah lebih dari 5.000 kilometer.

Akibat Telat Ganti Oli Motor

Akibat Telat Ganti Oli Motor

Sebagaimana diketahui, apabila pemilik kendaraan roda dua sampai telat mengganti oli motor, maka bisa mengakibatkan kerusakan cukup parah pada komponen di dalam mesin. Sebelum membahas biaya ganti oli motor lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu akibat keterlambatan penggantiannya berikut ini.

  • Komponen mesin menjadi lebih cepat rusak dan biaya perawatannya mahal.
  • Mesin menjadi lebih cepat panas (overheating).
  • Membuat bahan bakar motor menjadi boros.
  • Kurang nyaman ketika digunakan untuk jarak jauh.
  • Usia mesin motor menjadi lebih pendek.

Waktu Penggantian Oli Motor

Waktu Penggantian Oli

Salah satu manfaat dari penggantian oli motor yaitu untuk menjaga mesin motor selalu dalam keadaan bersih. Pasalnya, adanya gesekan antar komponen pada mesin motor memicu timbulnya kotoran di dalamnya.

Waktu ideal penggantian oli motor dilakukan apabila jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 2.000 km atau 3.000 km. Motor yang sudah menempuh jarak hingga 3.000 km umumnya sudah dipakai selama kurang lebih 2 bulan.

Di sisi lain jika kalian menempuh jarak 200 km dalam satu hari, maka sebaiknya gantilah oli motor setiap 2 minggu sekali. Hal tersebut bertujuan agar kalian terhindar dari permasalahan seperti mesin mati secara mendadak karena bekerja terlalu keras.

Biaya Ganti Oli Motor

Rincian Biaya Ganti Oli Motor

Di dalam penggantian oli motor, terdapat dua hal yang harus diperhatikan, yaitu harga oli serta ongkos jasa bengkel. Selain itu, antara bengkel resmi dengan bengkel umum atau mandiri juga biasanya memiliki perbedaan perbedaan tarif.

Meskipun demikian, selisih perbedaan biaya antara bengkel resmi dan bengkel mandiri sebenarnya tidak akan terlalu jauh. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian biaya ganti oli motor mulai dari harga oli hingga upah jasa mekaniknya.

Harga Oli

Untuk harga oli mesin di pasaran sebenarnya sangat beragam, semakin tinggi kualitasnya maka akan semakin mahal pula harganya. Harga oli gardan motor matic memang lebih murah dibandingkan harga oli mesin.

Oli gardan berukuran 120 ml di pasaran dijual dengan harga mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 15.000. Sementara oli mesin motor dijual dengan harga kurang lebih sekitar Rp 35.000 sampai Rp 85.000, tergantung dengan mereknya.

Ongkos Bengkel

Ongkos jasa ganti oli di bengkel resmi dan bengkel mandiri juga cukup bervariasi. Di bengkel mandiri, biasanya biaya ganti oli motor berada di kisaran Rp 30.000 hingga Rp 40.000. Sedangkan di bengkel resmi, mereka biasanya mematok tarif lebih mahal karena terdapat pekerjaan service lain.

Berbeda kasus jika motor mengalami permasalahan lainnya seperti oli rembes atau bocor. Jika mengalami permasalahan tersebut, maka kalian juga harus mempersiapkan biaya tambahan guna MEMPERBAIKI OLI MESIN MOTOR REMBES.

Tips Mengganti Oli Motor

Tips Mengganti Oli

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti oli motor, entah motor manual ataupun motor matic. Di bawah ini juga akan kami berikan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang mengganti oli sepeda motor.

  • Tidak menyemprot lubang oli motor dengan udara bertekanan tinggi.
  • Ganti ring oli setiap kali membuka pembuangan oli motor.
  • Jangan membuka baut pembuangan oli saat mesin motor masih dalam keadaan panas.
  • Bersihkan filter oli setiap jarak tempuh 12.000 km untuk membuang sisa kotoran di dalamnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya penggantian oli motor dapat dipengaruhi oleh harga oli itu sendiri. Selain itu, pemilihan jenis bengkel penggantian oli motor juga akan sangat berpengaruh terhadap besaran ongkos jasa pelayanannya.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya ganti oli motor entah itu di bengkel resmi ataupun bengkel umum. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika kalian hendak mengganti oli motor di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *