Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Perbaikan Speedometer Motor

Biaya Perbaikan Speedometer Motor

Biaya Perbaikan Speedometer Motor – Speedometer motor pada dasarnya menjadi salah satu fitur keselamatan bagi para pengendara. Pasalnya, alat tersebut berguna sebagai patokan kecepatan yang biasanya oleh produsen atau pabrikan motor sengaja diatur sedikit lebih cepat daripada kecepatan sesungguhnya.

Namun sayangnya, banyak dari pengendara sepeda motor cuek pada saat speedometer mengalami kerusakan atau bahkan dibiarkan mati. Kebanyakan orang beranggapan bahwa memperbaiki speedometer motor itu mahal dan merepotkan sehingga akan menguras waktu dan biaya.

Padahal, sebenarnya memperbaiki speedometer motor jauh lebih mudah ketimbang melakukan perbaikan komponen lainnya seperti penggantian kampas rem atau yang lainnya. Namun, jika tidak ingin repot-repot memperbaikinya sendiri, kalian juga bisa memperbaikinya di bengkel resmi ataupun bengkel kesayangan.

Oleh sebab itu, jika berencana untuk melakukan perbaikan atau service speedometer motor rusak di bengkel, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai berapa besar ongkos atau biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perbaikan speedometer motor, entah itu jenis analog ataupun digital.

Kerusakan Speedometer Motor

Kerusakan Speedometer Motor

Salah satu kerusakan yang kerap terjadi pada speedometer motor yaitu lampu indikator di dalamnya mati. Biasanya permasalahan tersebut dapat disebabkan karena beberapa faktor. Selain itu, berikut adalah beberapa kerusakan speedometer sering dialami oleh kebanyakan pemilik sepeda motor.

  • Jarum speedometer analog tidak bergerak.
  • LCD indikator bensin speedometer digital buram.
  • LCD speedometer digital blank.
  • Angka di LCD speedometer digital hilang sebagian.
  • Speedometer motor mati total.

Penyebab Speedometer Motor Rusak

Penyebab Speedometer Motor Rusak

Setelah mengetahui sejumlah kerusakan yang sering terjadi di speedometer motor, selanjutnya kalian juga harus mengetahui beberapa penyebab kerusakannya. Sebelum membahas biaya perbaikan speedometer motor lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan daftar penyebab speedometer mengalami kerusakan.

1. Kabel Putus

Penyebab pertama mengapa speedometer motor mengalami kerusakan yaitu karena kabel putus, entah itu karena tertekuk ataupun tertarik. Di sisi lain, karat pada kabel akibat kemasukan air pada saat mencuci motor ataupun melewati genangan air juga bisa menjadi salah satu penyebab kabel putus.

2. Gearbox Rusak

Sebagaimana diketahui, gearbox atau girboks berfungsi sebagai penyalur tenaga atau daya mesin ke bagian mesin lainnya sehingga bisa menghasilkan pergerakan, baik itu bergeser ataupun berputar.Umumnya, gearbox bisa rusak karena disebabkan oleh pemasangan kurang pas, gearbox pecah hingga gearbox aus. Apabila gigi di dalam gearbox sudah mengecil, maka harus segera dilakukan penggantian.

3. Speedometer Rusak

Selain kedua hal diatas, speedometer rusak juga bisa disebabkan karena speedometer itu sendiri mengalami kerusakan secara keseluruhan. Biasanya kerusakan tersebut bisa saja disebabkan karena speedometer pecah, jarum macet sampai per patah.

Biaya Perbaikan Speedometer Motor

Biaya Perbaikan Speedometer Motor Analog Digital

Tentunya biaya perbaikan speedometer pada sepeda motor jauh lebih murah jika dibandingkan dengan service komponen mobil seperti PERBAIKAN KAMPAS REM. Sebab, secara umum perbaikan komponen-komponen motor tersebut tidak terlalu rumit sehingga lebih mudah.

Jika kalian berencana hendak memperbaiki speedometer motor di bengkel resmi ataupun bengkel mandiri terdekat, biasanya akan ada prosedurnya. Nah, di bawah ini adalah rincian biaya perbaikan speedometer motor mulai dari tahap pemeriksaan hingga penggantian komponen-komponennya.

1. Biaya Pemeriksaan

Langkah pertama biasanya mekanik bengkel akan memeriksa secara keseluruhan kondisi speedometer motor. Tahap ini diperlukan untuk mengetahui atau mendiagnosis permasalahan pada komponen tersebut. Biasanya biaya untuk pemeriksaan speedometer yaitu sekitar Rp 20.000, baik itu untuk motor matic ataupun motor bebek.

2. Biaya Perbaikan

Tahap selanjutnya yaitu perbaikan komponen speedometer yang mengalami permasalahan. Apabila tingkat kerusakan komponen tidak terlalu parah, maka bengkel akan segera memperbaikinya. Umumnya biaya perbaikan speedometer motor ini berada di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 150.000, tergantung pada tingkat kesulitan serta kerumitannya.

3. Biaya Penggantian

Di sisi lain apabila speedometer motor mengalami kerusakan cukup parah dan diperlukan adanya penggantian komponen, maka bengkel juga umumnya membebankan biaya tambahan bagi para konsumennya. Biaya penggantian komponen pada speedometer motor kurang lebih sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut belum termasuk ke dalam biaya pembelian komponen penggantiannya.

Cara Perawatan Speedometer Motor

Cara Perawatan Speedometer

DI atas sudah kemi jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perbaikan speedometer motor mulai dari tahap pemeriksaan hingga penggantian komponen-komponennya. Setelah berhasil melakukan perbaikan dan speedometer kinerjanya kembali normal, kalian juga harus benar-benar merawatnya agar komponen tersebut tidak mengalami kerusakan kembali.

Sebenarnya, tata cara merawat speedometer motor ini cukup mudah untuk dilakukan. Sebab, di dalam rangkaian speedometer motor komponennya sangat sederhana sehingga mudah untuk dirawat. Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik tips merawat speedometer motor di bawah ini.

  • Selalu melakukan pengecekan kabel speedometer secara rutin.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung, terutama pada speedometer digital.
  • Lakukan pemeriksaan kondisi gearbox secara rutin minimal 1 bulan sekali.
  • Memahami peringatan dan informasi di dalamnya seperti malfungsi fitur, indikator mesin hingga peringatan perpindahan gigi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa biaya service atau memperbaiki speedometer motor rusak ini tergantung dari tingkat kerusakan serta kesulitannya. Selain itu, apabila terdapat komponen rusak dan harus dilakukan pergantian, maka biayanya juga akan semakin mahal.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar biaya perbaikan speedometer motor mulai dari tahap pemeriksaan hingga penggantian komponen, entah itu speedometer analog maupun digital. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memperbaiki komponen speedometer motor di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti MCB PLN

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti Rantai Keteng

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *