Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Prodia 2021 (Tujuan & Jenis Tes)

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Prodia

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Prodia – Bagi para ibu hamil, memeriksakan kondisi kesehatan kandungan merupakan hal penting yang harus dilakukan secara rutin. Sebab, pemeriksaan kehamilan atau antenatal care ini dapat membantu dokter dalam memantau kondisi kesehatan ibu serta janin di dalamnya.

Selain itu, pemeriksaan tersebut juga berguna untuk membantu para ibu hamil dalam mempersiapkan diri sehingga kehamilan bisa berlangsung secara lebih optimal. Oleh sebab itu, dokter umumnya menyarankan ibu hamil untuk menjalani pemeriksaan laboratorium minimal 3 kali selama masa kehamilan.

Untungnya, saat ini kegiatan memeriksa kondisi kesehatan ibu hamil melalui penelitian laboratorium sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Prodia. Akan tetapi, pastinya Klinik Laboratorium Prodia tersebut memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jasa pelayannya.

Maka dari itu, sebelum mengunjungi Klinik Prodia terdekat guna menjalani tes lab ibu hamil, ada baiknya pahami terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, kali ini kami akan membahas selengkap-lengkapnya mengenai estimasi biaya cek lab ibu hamil di Prodia untuk semua klinik cabangnya.

Tujuan Cek Lab Ibu Hamil

Tujuan Cek Lab Ibu Hamil

Sebelum pembahasan utama terkait biaya cek lab ibu hamil di Prodia berlanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu apa saja tujuan pemeriksaan tersebut. Secara garis besar, tujuan utama melakukan pemeriksaan tersebut yaitu guna menjaga kondisi kesehatan ibu serta calon bayi selama masa kehamilan. Selain itu, berikut adalah manfaat lainnya dari cek lab ibu hamil.

  • Mempersiapkan mental selama kehamilan, persalinan serta menyusui bagi ibu hamil ataupun calon bayi.
  • Mendiagnosis ada atau tidaknya risiko genetis yang diturunkan kepada calon bayi.
  • Meminimalisir terjadinya pre-eklampsia.
  • Meminimalisir risiko hipertensi ataupun gangguan kehamilan lainnya.
  • Meminimalisir potensi keguguran janin.
  • Meminimalisir potensi janin menjadi cacat sejak dalam kandungan.
  • Meminimalisir potensi bayi meninggal di dalam kandungan.

Jenis Pemeriksaan Lab Ibu Hamil di Prodia

Jenis Pemeriksaan Lab Ibu Hamil di Prodia

Perlu diketahui, mungkin jenis pemeriksaan lab ibu hamil di Klinik Prodia akan lebih lengkap jika dibandingkan dengan CEK LAB IBU HAMIL DI PUSKESMAS. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Klinik Prodia memiliki tingkat peralatan medis lebih memadai ketimbang di puskesmas.

Hal inilah yang membuat sebagian besar orang lebih memilih untuk melakukan tes lab ibu hamil di Prodia karena hasilnya bisa lebih optimal. Adapun beberapa jenis pemeriksaan lab ibu hamil yang akan dijalani oleh pasien di Klinik Prodia tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Cek golongan darah.
  • Cek kadar hemoglobin.
  • Cek diabetes gestasional.
  • Tes TORCH.
  • Tes infeksi sifilis serta hepatitis.
  • Tes urin.
  • Tes sputum BTA.
  • Cek gula darah puasa.

Waktu Ideal Cek Lab Ibu Hamil

Waktu Ideal Cek Lab

Selain harus mengetahui besaran biaya cek lab ibu hamil di Prodia, pasien juga harus mengetahui kapan waktu ideal untuk menjalani prosedur pemeriksaan tersebut. Umumnya, para dokter spesialis kandungan menyarankan pasien untuk menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan kehamilan tiga kali.

Dimana pemeriksaan tersebut dilakukan para trimester pertama, trimester kedua serta trimester ketiga. Pada trimester pertama pasien dianjurkan melakukan cek lab guna mendiagnosis adanya risiko gangguan kehamilan atau tidak (basic pregnancy).

Selanjutnya para trimester kedua pasien diminta menjalani cek lab ibu hamil untuk mendeteksi ada atau tidaknya potensi diabetes gestasional. Sedangkan trimester ketiga bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh ibu hamil sebelum memasuki persiapan persalinan atau melahirkan.

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Prodia

Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Prodia Semua Cabang

Sebagaimana diketahui, tentunya besaran biaya cek lab ibu hamil di Prodia akan lebih mahal jika dibandingkan dengan TES TORCH ataupun tes umum lainnya. Seperti dijelaskan di atas, cek lab ibu hamil merupakan sebuah kegiatan pemeriksaan lengkap terhadap kondisi kesehatan ibu hamil ataupun janin.

Umumnya, hampir semua cabang Klinik Prodia mematok tarif atau harga jasa pelayanan cek laboratorium ibu hamil serupa, yaitu mulai dari Rp 1.000.000 per pemeriksaannya. Dimana di dalam besaran biaya tersebut sudah mencakup biaya registrasi pasien, penelitian laboratorium hingga konsultasi dokter spesialis kandungan.

Ketika hendak menjalani pemeriksaan lab ibu hamil di Klinik Prodia, sebaiknya mendaftar terlebih dahulu secara online melalui website resminya. Atau jika masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke pihak Klinik Prodia melalui fasilitas panggilan telepon di nomor 1500 830.

Tips Menjalani Tes Lab Ibu Hamil

Tips Menjalani Cek Lab

Di atas sudah dijelaskan secara rinci mengenai kisaran biaya cek lab ibu hamil di Klinik Prodia untuk semua cabang di Indonesia. Selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips ketika hendak menjalani pemeriksaan laboratorium oleh ibu hamil. Daripada penasaran, berikut adalah tips-tips menjalani cek lab ibu hamil.

  • Tanyakan kepada dokter mengenai perkiraan bulan lahir calon bayi.
  • Tanyakan vitamin yang dibutuhkan selama masa kehamilan.
  • Jika mengalami gejala gangguan tertentu, segera sampaikan kepada dokter.
  • Mintalah saran kepada dokter mengenai berat badan, jenis olahraga serta kebutuhan nutrisi selama mengandung.
  • Tanyakan juga pola hidup sehat selama masa kehamilan, entah itu dari segi makanan, aktivitas ataupun kandungan obat.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa hampir semua cabang Klinik Prodia mematok tarif pemeriksaan laboratorium ibu hamil serupa. Selain itu, Klinik Prodia juga saat ini sudah menyediakan fasilitas pendaftaran online sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi para calon pasien.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya cek lab ibu hamil di Prodia untuk semua klinik cabangnya di Indonesia. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani pemeriksaan laboratorium ibu hamil di Klinik Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *