Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya USG 4D di RS Hermina 2021 (Waktu, Prosedur & Tips)

Biaya USG 4D di RS Hermina

Biaya USG 4D di RS Hermina – Selama masa kehamilan, seorang ibu hamil dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan. Guna memonitor kondisi kesehatan janin selama masa kehamilan, dokter umumnya akan menyarankan pasien melakukan USG atau ultrasonografi.

Melalui pemeriksaan tersebut, beberapa hal penting terkait kondisi janin seperti jenis kelamin, berat badan, panjang badan hingga adanya gangguan akan terlihat. Salah satu jenis pemeriksaan ultrasonografi atau USG yang kerap dilakukan oleh para ibu hamil yaitu USG empat dimensi (4D).

Untuk saat ini, pemeriksaan USG 4D juga sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Rumah Sakit Hermina. Tentunya setiap cabang Rumah Sakit Hermina di Indonesia memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga USG 4D kepada pada pasiennya.

Maka dari itu, jika kalian berencana menjalani USG 4D di RS Hermina, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya USG 4D di RS Hermina semua cabang di Indonesia.

Keuntungan USG 4D

Keuntungan USG 4D

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebelum MELAHIRKAN DI RS HERMINA alangkah baiknya lakukan pemeriksaan USG 4D terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab USG 4D di RS Hermina memiliki sejumlah keuntungan atau keunggulan, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Menggunakan teknologi lebih maju.
  • Hasil USG 4D berupa video atau gambar bergerak.
  • Kualitas hasil gambar lebih detail dan jelas.
  • Gerakan janin bisa diketahui seperti saat sedang menguap.
  • Jika terdapat kelainan, maka lebih mudah terdeteksi serta akurat.
  • Jenis kelamin terlihat lebih jelas.

Waktu Ideal USG 4D

Waktu Ideal USG 4D

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya USG 4D di RS Hermina lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu kapan waktu ideal menjalaninya. Secara garis besar, USG 4D dapat dilakukan ketika struktur organ janin sudah terbentuk atau minimal pada usia kehamilan mencapai 26 minggu.

Hal ini dikarenakan pada usia kehamilan tersebut posisi janin sudah jarang berubah-ubah sehingga gambar bisa lebih detail serta jelas. Di sisi lain, terdapat juga beberapa kondisi mengharuskan mereka menjalani USG 4D, yaitu seperti di bawah ini.

  • Mengonfirmasi hasil perkiraan kelahiran calon bayi.
  • Mendeteksi detak jantung bayi di dalam kandungan.
  • Memastikan kehamilan tidak berada di luar kandungan.
  • Memastikan jumlah janin di dalam kandungan.
  • Mengukur bayi.
  • Mengecek jumlah air ketuban.
  • Memeriksa apakah terdapat kelainan.
  • Melihat jenis kelamin calon bayi.

Prosedur USG 4D di RS Hermina

Prosedur USG 4D di RS Hermina

Selain membayar biaya USG 4D di RS Hermina, pasien juga diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pemeriksaannya. Secara umum, USG 4D di Rumah Sakit Hermina sama dengan prosedur pemeriksaan USG lainnya, baik itu USG 2D ataupun USG 3D.

Pasien diminta berbaring di atas meja pemeriksaan, kemudian dokter kandungan mengoleskan gel di atas perut. Setelah itu, dokter mulai menempelkan alat transduser dan nantinya akan digeser-geserkan selama pemeriksaan guna mendapatkan gambaran visualisasi janin lebih optimal.

Nantinya gambar tersebut akan divisualisasikan ke dalam layar monitor dan dokter menjelaskan hasil pemeriksaan sembari mengamati pergerakan janin. Melalui USG 4D, pasien juga berhak mendapatkan CD berisikan video pergerakan janin ketika dilakukan pemeriksaan.

Biaya USG 4D di RS Hermina

Biaya USG 4D di RS Hermina Semua Cabang

Perlu diketahui, besaran biaya USG 4d di Rumah Sakit Hermina akan sedikit lebih mahal dibandingkan USG DI RS PASUTRI BOGOR. Mungkin perbedaan antara biaya USG di RS Hermina dengan RS Pasutri Bogor tersebut disebabkan karena RS Hermina memiliki peralatan medis lebih lengkap.

Untuk besarannya sendiri, hampir semua cabang Rumah Sakit Hermina mematok harga jasa pelayanan serupa, yaitu mulai dari Rp 800.000 per pemeriksaannya. Dimana di dalam besaran biaya USG 4D di RS Hermina tersebut sudah meliputi pemeriksaan USG 4D dengan dokter radiologi, konsultasi kehamilan, cetak USG serta CD.

Menariknya lagi, beberapa cabang RS Hermina seperti Pandanaran kerap memberikan promo berupa potongan harga kepada pasien yang hendak menjalani USG 4D. Namun, syaratnya mereka harus memenuhi semua syarat beserta ketentuan dari pihak RS Hermina terkait supaya promo tersebut bisa didapatkan.

Tips USG 4D di RS Hermina

Tips USG 4D di RS Hermina

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap rincian biaya USG 4D di RS Hermina untuk semua cabang di Indonesia. Selanjutnya di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips persiapan sebelum menjalani USG 4D di Rumah Sakit Hermina.

  • Pilih waktu USG 4D.
  • Konsumsi banyak air putih.
  • Buat diri terasa nyaman sebelum pemeriksaan.
  • Jadwalkan USG saat bayi bangun.
  • Siapkan pertanyaan tentang kondisi janin.

Kesimpulan

Dari informasi di atas bisa diambil kesimpulan bahwa prosedur USG 4D di RS Hermina sebenarnya sama seperti USG 2D maupun USG 3D. Hanya saja, pemeriksaan USG 4D di Rumah Sakit Hermina lebih jelas dan detail sehingga hasilnya bisa lebih akurat.

Itulah sekiranya pembahasan seputar rincian biaya USG 4D di RS Hermina di semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaannya versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas bermanfaat sekaligus bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menjalani USG 4D di RS Hermina.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *