Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Darah di Pramita

Biaya Cek Darah di Pramita

Biaya Cek Darah di Pramita – Sebagaimana diketahui, menjalani cek darah secara rutin penting dilakukan oleh seseorang. Pasalnya, melalui pemeriksaan darah ini bermanfaat bagi seseorang untuk mengantisipasi tubuh risiko terserang penyakit ataupun virus tertentu.

Cek darah sendiri merupakan sebuah pemeriksaan medis dengan mengambil sampel darah yang didapat dari pembuluh darah di bagian tertentu, seperti di pergelangan lengan atau siku bagian dalam. Pemeriksaan tersebut umumnya disarankan setelah pemeriksaan fisik oleh dokter.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali pusat kesehatan yang menyediakan jasa pelayanan cek darah, salah satunya yaitu Laboratorium Klinik Pramita. Seperti halnya kegiatan MEDICAL CHECK UP, cek darah di Pramita juga memiliki ketentuan terkait tarif jasa pelayanannya.

Maka dari itu, jika kalian berencana melakukan cek darah di Laboratorium Klinik Pramita, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian baya cek darah di Pramita disertai prosedur pelaksanaannya.

Tujuan Cek Darah

Tujuan Cek Darah

Seperti dijelaskan di atas, tujuan utama dilakukannya cek darah oleh seseorang yaitu untuk mengantisipasi adanya risiko penyakit atau kondisi medis tertentu dalam tubuh. Selain itu, terdapat juga beberapa tujuan ataupun manfaat lainnya dalam prosedur pengecekan darah, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mengetahui peradangan akut.
  • Mengetahui kondisi infeksi radang dalam tubuh.
  • Mengetahui kandungan elektrolit serta mineral dalam tubuh.
  • Menilai risiko jantung.

Waktu Ideal Cek Darah

Waktu Ideal Cek Darah

Sebelum pembahasan mengenai biaya cek darah di Pramita Lab lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu kapan harus melakukan pemeriksaan tersebut. Sebenarnya pemeriksaan darah tidak harus menunggu tubuh terinfeksi penyakit ataupun virus tertentu.

Pasalnya, tes darah perlu dilakukan oleh seseorang atas kesadaran diri sendiri terhadap kondisi kesehatan tubuh, tidak pula harus menunggu arahan dari dokter. Umumnya, tes darah dapat dilakukan secara rutin oleh seseorang setiap satu atau dua bulan sekali.

Akan tetapi, cek darah peru dilakukan sesegera mungkin serta harus mendapatkan pemantauan secara rutin apabila memiliki riwayat penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung, kanker ataupun penyakit yang berhubungan darah lainnya.

Di samping itu, cek darah juga perlu segera dilakukan jika seseorang mengalami demam tinggi berkepanjangan selama tiga hari berturut-turut, diare dan muntah, demensia bagi para lansia serta sakit kepala tidak kunjung reda.

Prosedur Cek Darah di Pramita

Prosedur Tes Darah

Selain membayar biaya cek darah di Pramita, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaannya. Di Klinik Laboratorium Pramita sendiri pengambilan sampel darah menggunakan teknik venipunktur.

Dimana venipunktur sendiri merupakan proses pengambilan darah melalui pembuluh vena dengan mengunakan jarum kecil. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tahapan-tahapan cek darah di Klinik Laboratorium Pramita.

  1. Petugas medis membalut lengan dengan pengikat lengan atau tourniquet.
  2. Selanjutnya petugas medis mengidentifikasi titik ataupun letak pembuluh vena, kemudian membersihkan area tersebut menggunakan alkohol.
  3. Setelah itu, pengambilan sampel darah menggunakan jarum mulai dilakukan oleh petugas.
  4. Nantinya bekas luka tusukan jarum tersebut akan ditutup menggunakan plester maupun perban.

Umumnya pengambilan sampel darah di Pramita hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 5 menit sampai 10 menit saja. Proses cek darah bisa berlangsung lebih cepat apabila pembuluh vena mudah ditemukan.

Biaya Cek Darah di Pramita

Biaya Cek Darah di Pramita Semua Cabang

Setelah mengetahui tujuan hingga prosedur cek darah di Laboratorium Pramita, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar tarif atau harga jasa pelayanannya. Perlu diketahui, besaran biaya cek darah di Pramita Laboratorium biasanya sama saja di beberapa cabang.

Meskipun terdapat selisih perbedaan biaya pelayanannya, itupun tidak akan terlalu jauh. Umumnya Klinik Laboratorium Prodia mematok tarif jasa pelayanan pemeriksaan darah mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 600.000.

Biaya cek darah di Pramita tersebut sudah termasuk biaya pendaftaran atau registrasi pasien hingga biaya konsultasi dokter. Jika memang diperlukan adanya tindakan lanjutan, maka pasien juga diharuskan membayar biaya jasa pelayanan tambahan.

Risiko Cek Darah di Pramita

Risiko Tes Darah

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya cek darah di Pramita untuk semua cabang. Meskipun tes darah di Pramita merupakan prosedur aman, namun tetap saja terdapat beberapa risiko atau efek samping yang bisa dialami oleh pasien.

  • Rasa nyeri pada area tusukan jarum.
  • Rasa tidak nyaman saat jarum dimasukkan ataupun dicabut.
  • Pembuluh darah vena bocor karena tertusuk jarum.
  • Memar di sekitar bekas tusukan jarum.
  • Pasien mengalami pingsan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif cek darah di Laboratorium Klinik Pramita hampir sama di setiap cabang. Sebelum melakukan tes darah, sebaiknya konsumsi makanan dan minuman mengandung vitamin, protein serta nutrisi lainnya agar meningkatkan ataupun menurunkan kadar zat-zat tertentu di dalam tubuh.

Demikian penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya cek darah di Pramita Laboratorium untuk semua cabang di Indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani pemeriksaan darah lengkap di Klinik Pramita tedekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *